Wiper Mobil
Perhatikan Cairan Wiper

Asal Pakai Cairan Untuk Wiper, Dampaknya Bisa Buruk

14 Nov 2018 | 17:00 WIB

Wiper alias karet penghapus air di kaca depan sangat dibutuhkan, apalagi saat berkendara di kondisi hujan. Kinerja wiper pada mobil saat musim hujan sangat penting, namun tidak kalah penting lagi cairan yang digunakan. Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil kurang mengerti mengisi cairan wiper, bahkan ada yang asal mengisinya dengan air sabun biasa. 

Asal Pakai Cairan Untuk Wiper, Dampaknya Bisa Buruk

Menurut Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, mengisi cairan wiper seharusnya mengikuti spesifikasi yang disediakan. Hal ini penting untuk membantu kinerja wiper saat menyapu permukaan kaca. 

"Baiknya menggunakan wiper fluid karena memang sudah dibuat khusus itu pembersih kaca, jangan sembarang mengisi dengan air sabun biasa apalagi bila ada kandungan detergennya," ucap Anjar yang dilansir dari laman Kompas.com, Minggu (28/10/2018). 

Baca Juga: Ketahui Masalah Wiper, Cegah Sebelum Parah

Cairan khusus wiper memiliki kandungan ph yang lebih terkomposisi. Hal ini cukup baik untuk menjaga kejernihan kaca mobil, lebih dari itu juga menjaga komponen lain, seperti lapisan kaca dan karet wiper sendiri. 

Anjar mengatakan, cairan wiper yang baik memiliki efek daun talas, artinya dengan kandungan yang khusus bisa membuat air cepat mengalir dari kaca. Dengan begitu kerja wiper membersihkan dan menjaga visibilitas saat berkendara juga lebih optimal. 

"Kita tidak pernah tau kandungan sampo atau air biasa itu seperti apa dampaknya, ditakutkan bila malah nanti kaca bermasalah seperti menimbulkan pelangi yang menggangu pandangan berkendara. Bila terpaksa lebih baik pakai air biasa saja, tidak usah dicampur-campur dengan sabun atau sampo," kata Anjar. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 20:05 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilperawatanwipercairanamankhususpakarotomotifgarasiid