Tujuan Utama Spooring dan Balancing Agar Laju Mobil Tetap Lurus
Tujuan Utama Spooring dan Balancing Agar Laju Mobil Tetap Lurus

Awas! Jangan Sepelekan Tidak Melakukan Spooring Balancing Mobil

10 Jul 2023 | 11:36 WIB

Spooring dan balancing merupakan bagian servis rutin yang harus dilakukan ya Sahabat! Sudah jelas tujuannya agar laju mobil kesayangan kamu tetap lurus dan stabil saat dikendarai. Apabila laju mobil dirasa mulai berubah, itu sudah menjadi pertanda bahwa mobil kamu perlu di spooring dan balancing.


Jika mobil Sahabat memiliki mobilitas yang tinggi serta sering melewati jalanan yang tidak rata, seringkali gejala yang akan dirasakan yaitu setir mulai berat ke kanan atau ke kiri. Ditambah lagi setir mulai terasa bergetar pada kecepatan tertentu, itu sudah pertanda bahwa mobil kesayangan Sahabat perlu di spooring dan balancing.


Teknologi Spooring 3D Lebih Modern
Teknologi Spooring 3D Lebih Modern

Istilah spooring dan balancing pasti sering terdengar dalam perawatan mobil. Namun sebenarnya apa sebenarnya fungsi spooring dan balancing? Fungsi spooring mobil sebenarnya untuk meluruskan roda antara bagian depan dengan bagian belakang. Sedangkan fungsi balancing adalah untuk memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum. Dalam keamanan dan kenyamanan berkendara, kedua hal ini sangat penting untuk diketahui. Untuk itu jika tiba saatnya untuk spooring dan balancing, sebaiknya segera lakukan itu.


Lalu, apakah spooring dan balancing perlu dilakukan? kapan waktu yang tepat mobil harus di spooring dan balancing? Untuk itu, Sahabat bisa pelajari tanda-tanda yang bisa dijadikan indikasi bahwa mobil kamu sudah waktunya spooring dan balancing di bawah ini.


Hati-Hati Dalam Melaju Kendaraan

Hati-Hati Dalam Melaju Kendaraan


1. Saat Berkendara Setir Bergetar

Perhatikan dan rasakan apakah setir bergetar saat sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan. Bahkan hal ini akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Saat Sahabat merasakan hal tersebut, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing.


2. Saat Melaju Lurus Mobil Belok Sendiri 

Saat Sahabat sedang melaju lurus, coba rasakan apakah ada pergerakan atau perasaan bahwa mobil berbelok dengan sendirinya. Jika mobil cenderung berbelok ke arah tertentu dengan sendirinya, maka hal ini merupakan indikasi bahwa ada masalah spooring.


Perhatikan Kondisi Ban Mobil
Perhatikan Kondisi Ban Mobil

3. Benjolan pada Ban Mobil

Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, Sahabat bisa mengecek keausan pada ban mobil. Perhatikan secara seksama dan menyeluruh. Jika ada benjolan pada ban, maka bisa jadi sistem suspensi mobil anda sedang bermasalah.


4. Setir Mobil Terasa Lebih Berat

Jika terjadi masalah dan mengharuskan Sahabat untuk spooring ataupun balancing, biasanya efek yang paling terasa terletak pada setir. Jika setir terasa tidak nyaman bahkan lebih berat dari biasanya, atau bahkan saat setir dibelokkan tidak mau kembali pada posisi semula, maka harus segera melakukan spooring dan balancing.


5. Keseimbangan Mobil

Efek paling parah yang bisa muncul karena tidak adanya penanganan spooring dan balancing adalah hilangnya keseimbangan mobil. Hal ini tentunya bisa sangat berbahaya terlebih saat anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.


Pahami Rotasi Ban Mobil Yang Baik
Pahami Rotasi Ban Mobil Yang Baik

Mungkin permasalahan ini awalnya terlihat sepele. Akan tetapi jika Sahabat remehkan, efek yang lebih berbahaya bisa saja terjadi. Selain tidak nyaman saat dikendarai, masalah ini juga bisa membahayakan keselamatan pengendara lain maupun Sahabat sendiri saat melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. Saat-saat seperti ini sangat berpotensi kecelakaan. Terlebih saat kamu melaju kencang dan kehilangan kontrol kendaraan.


Jika Sahabat mulai merasakan salah satu atau beberapa tanda-tanda dari gejala-gejala di atas, maka harus segera mengecek dan memperbaiki mobil kamu di bengkel yang terpercaya. Garasi.id selalu memberikan layanan jasa servis dan partner bengkel yang terpercaya.


Awas! Jangan Sepelekan Tidak Melakukan Spooring Balancing Mobil

Nikmati layanan jasa servis di e-commerce terpercaya  www.Garasi.id, sikat promo potongan harga untuk layanan jasa servis spooring dan balancing untuk mobil kesayangan serta pilih partner bengkel terbaik yang cocok di kota atau area terdekat Sahabat di bawah ini.


Jabodetabek

Jawa Barat

  • Cahaya Agung berikan jasa paket spooring, balancing dan servis rem.

  • Automaster berikan jasa servis paket spooring balancing, rem 4 roda, brake parts cleaner, kuras dan isi nitrogen.

Jawa Tengah

  • Monte Carlo berikan jasa spooring, balancing dan cek kaki-kaki mobil.

Jawa Timur

  • Harris Mobil berikan jasa paket spooring dan paket rem mobil.

  • Mardiono berikan jasa servis spooring, balancing dan isi nitrogen.

  • Bengkel B&S berikan jasa spooring balancing+pengecekan kaki-kaki, servis rem, ban mobil, kuras dan isi nitrogen.


Terus lakukan pembelian di website Garasi.id Sahabat. Ikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan ragu hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id jika ada kendala. Selalu rawat mobil kesayangan dengan baik Sahabat dan dia tidak akan pernah memberikan satu masalah pun setelahnya. Selamat spooring dan balancing Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Jul 2023 | 10:14 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifspooringbalancingsetirbergetarperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family