Kopling mobil selip dan blong
Kopling mobil selip dan blong

Awas Kopling Mobil Bisa Blong dan Selip Saat Kondisi Ini!

29 Mar 2023 | 10:55 WIB

Penyebab kopling mobil blong dan selip cukup beragam. Berbagai penyebab dari kopling pada mobil yang blong dan selip tersebut tentunya harus Sahabat waspadai. Berikut akan kita bahas apa yang menjadi penyebab masalah pada kopling mobil ini.Awas Kopling Mobil Bisa Blong dan Selip Saat Kondisi Ini!


Kopling sendiri adalah salah satu komponen mobil yang cukup penting. Fungsi utamanya yaitu untuk menjaga putaran mesin dan membantu kinerja transmisi. Selain itu, kopling mobil juga berfungsi untuk menghubungkan dan memutus putaran mesin ke transmisi.

Kemudian kopling juga berperan menghentikan mobil tanpa harus memindahkan persneling ke posisi netral. Bukan hanya itu saja, kopling juga mampu membuat mobil tetap berhenti meskipun mesin masih menyala. Sekarang kita tahu bahwa kopling mobil memang berperan sangat penting.

Penyebab kopling mobil blong dan selip yang sering terjadi.

Sahabat pemilik mobil transmisi manual pasti paham kalau Kopling mobil akan bekerja ketika pedal ditekan atau diinjak selama menggunakan mobil saat berkendara. Ketika menekan pedal kopling maka putaran dari mesin ke transmisi akan terputus.

Saat tidak ada putaran maka posisi release fork akan menekan release bearing sehingga mobil akan melaju.

Sebaliknya jika pedal kopling tidak ditekan maka putaran dari mesin ke transmisi akan terhubung. Akibatnya release fork kembali ke posisi semula. Selain itu tidak muncul tekanan pada bagian diafragma spring.

Dalam kondisi itu, pegas pada clutch cover akan terbebas dari tekanan release bearing.

Setelah itu, plat penekan pada clutch cover akan menekan dan menjepit clutch disc. Pada kondisi tersebut tenaga dari mesin menuju transmisi akan terhubung dan mobil tidak bisa melaju. Itulah cara kerja dari kopling saat pedalnya Sahabat tekan dan tidak.

Kopling mobil juga bisa mengalami masalah seperti blong dan selip karena beberapa penyebab. Kopling mobil selip bisa menimbulkan gejala seperti perpindahan gigi transmisi akan terasa lebih berat. Kemudian terdengar bunyi kasar ketika Sahabat memindah gigi.

Sedangkan untuk kopling blong tandanya tidak ada rasa kosong ketika menekan atau menginjak pedal kopling. Lalu pedal kopling mobil akan terangkat lebih tinggi dari yang Sahabat atur. Setelah memahami tandanya, lalu apa saja penyebab dari masalah ini? Berikut pembahasannya:

Master Kopling Mobil Rusak

Penyebab pertama saat kopling blong yang paling sering terjadi yaitu karena master kopling mobil yang mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa saja terjadi karena habisnya minyak kopling yang ada di tabung.

Penyebab Kopling Mobil Selip Karena Kampas Kopling Sudah Tipis

Kampas kopling yang tipis juga bisa menyebabkan kopling menjadi blong. Kampas yang menipis juga akan berimbas pada berbagai bagian mobil. Karena itu Sahabat harus segera mengganti kampas kopling dengan yang baru.

Sering Menggunakan Setengah Kopling

Kebiasaan sering menggunakan setengah kopling juga bisa menjadi penyebab kopling mobil selip. Sebab, kebiasaan tersebut akan membuat kampas kopling mobil menjadi lebih cepat habis. Karena itu, sebaiknya Sahabat menghindari dan menghentikan kebiasaan menggunakan setengah kopling.

Mobil Terlalu Tua

Faktor usia juga bisa menyebabkan kopling mobil menjadi blong di tengah jalan. Mobil yang sudah terlalu tua biasanya juga lebih sering mengalami masalah satu ini. Apalagi jika mobil tua tersebut juga terlalu sering Sahabat gunakan untuk berkendara.


Awas Kopling Mobil Bisa Blong dan Selip Saat Kondisi Ini!

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kopling mobil blong ketika Sahabat gunakan berkendara. Sahabat bisa mencegah masalah ini dengan rutin melakukan perawatan pada kendaraan karena di Garasi.id sedang ada promo Mudik Penuh Berkah. Sahabat bisa cek kendaraan mulai dari 299rb atau servis mobil dengan diskon hingga 88% biar kendaraan siap buat mudik.

Awas Kopling Mobil Bisa Blong dan Selip Saat Kondisi Ini!


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 29 Mar 2023 | 10:55 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilkoplingblongselip
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family