Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini
Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini

Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini

14 Okt 2022 | 11:00 WIB

Power steering mobil membantu pengemudi untuk dapat mengendalikan mobil dengan lebih mudah. Tentu saja kehadiran power steering ini memudahkan pengemudi untuk berbelok maupun bermanuver.


Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini


 

Namun seiring berjalannya waktu penggunaan yang buruk, membuat power steering mobil bisa rusak meski usianya masih belum terlalu tua. Setidaknya ada lima penyebab utama power steering mobil rusak.

 

Oleh karena itu, Sahabat sebagai pemilik kendaraan harus senantiasa melakukan perawatan dan juga harus menghindari kebiasaan buruk yang menjadi penyebab utama power steering mobil rusak.

 

Karena jika sudah rusak, biaya yang dikeluarkan akan cukup menguras dompet.

 

Penyebab Power Steering Mobil Cepat Rusak

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penyebab utama power steering rusak yang acap kali dilakukan oleh para pemilik kendaraan.


Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini


 

1. Telat ganti oli

Cukup banyak pemilik kendaraan yang tidak sadar jika power steering mobil ini juga membutuhkan pelumas untuk bisa bekerja dengan maksimal.

 

Padahal, fungsi dari oli power steering ini membuat kemudi jadi ringan dan enteng, terlebih pada jalanan yang berbelok atau menikung. 

 

Karena letaknya yang tersembunyi dan dianggap tak terlalu penting, membuat banyak pemilik kendaraan kerap lalai mengganti oli power steering.

 

Pada saat oli di power steering mobil ini kondisinya sudah tidak layak, maka power steering tersebut tidak bisa bekerja dalam kondisi maksimal. Untuk itu, pastikan untuk selalu melakukan pergantian oli power steering dengan teratur.

 

2. Memutar kemudi sampai mentok

Tentu saja terdapat batasan roda mobil bisa dibelokkan ke kanan atau ke kiri. Namun terkadang karena lokasi manuver yang sempit, pengemudi kendaraan ini cenderung untuk memutar lingkar kemudi hingga mentok dan terdengar bunyi benturan.

 

Benturan sekecil apapun jika terus-menerus dilakukan pasti akan membuat komponen dari power steering mobil lama-kelamaan menjadi rusak dan tak bisa berfungsi dengan normal.


Awas Power Steering Mobil Bisa Rusak Karena Hal Ini


 

3. Kurangnya tekanan angin pada ban

Kurangnya tekanan angin pada ban juga bisa menjadi penyebab power steering mobil rusak. Saat ban kekurangan angin, gesekan antara ban dan aspal makin besar.

 

Jika gesekan makin besar maka tenaga yang dikeluarkan oleh power steering mobil akan menjadi lebih besar juga, apalagi jika mobil melaju sangat lambat.

 

Kalau kebiasaan buruk ini dibiarkan terjadi berulang kali, power steering mobil Sahabat akan menjadi cepat rusak.

 

4. Membiarkan rack power steering mobil rusak

Rack power steering menjadi komponen utama dari power steering itu sendiri. Meski tergolong pada slow moving parts atau komponen yang penggantiannya lama, namun tetap saja rack power steering ini memiliki masa pakai yang terbatas.

 

Namun karena perlakuan yang buruk ditambah dengan tidak melakukan servis secara berkala akan membuat rack power steering ini aus dan tidak bisa bekerja dengan baik.

 

Jika Sahabat sebagai pemilik kendaraan abai, dampaknya tak hanya membuat power steering mobil rusak tetapi juga membahayakan keselamatan saat di perjalanan akibat kemudi yang tidak bisa dikendalikan.

 

5. Power steering belt kendor

Salah satu komponen pada power steering mobil yang cukup mudah rusak adalah pada bagian belt-nya. Karena berada pada ruangan yang panas dan berputar terus-menerus, belt kian lama akan aus dan berkurang kinerjanya.

 

Belt power steering yang kendor akan membuat kinerja power steering mobil tak maksimal. Jika kondisi ini tidak segera diperbaiki, tentu saja akan menjadi penyebab power steering mobil rusak.

Cara Merawat Power Steering Mobil

Nah bila Sahabat sudah tahu penyebab power steering mobil rusak, sekarang Sahabat juga perlu tahu cara merawat power steering agar awet. Berikut ini cara merawat power steering dengan mudah.

 

1. Hindari Mengemudi Di Jalanan Rusak

Cara merawat power steering dengan mudah adalah dengan menghindari jalanan-jalanan rusak ataupun berlubang. Bila mobil Sahabat sudah dilengkapi dengan sistem power steering, sangat baik untuk menghindari jalanan-jalanan seperti ini. Namun jika memang tak ada jalanan lain yang bisa ditempuh, maka sebisa mungkin Sahabat melewatinya dengan hati-hati dan pelan.

2. Hindari Jalanan Banjir

Selain jalanan yang rusak, hindari pula melewati jalanan-jalanan yang tergenang dengan banjir. Jalanan seperti ini mudah membuat power steering mobil menjadi rusak. Tidak hanya itu saja, kebiasaan ini juga dapat merusak komponen-komponen lainnya, apalagi jika genangan banjir yang Sahabat lewati terlalu tinggi.

Hal ini karena power steering mobil merupakan komponen kelistrikan yang ditempatkan tepat di as setir sejajar dengan as roda. Sehingga pada saat melewati genangan banjir, tentunya komponen ini akan mudah sekali terkena genangan air. JIka komponen listrik ini basah, tentunya akan menyebabkan kerusakan dan mau tak mau Sahabat harus menggantinya dengan yang baru. 

3. Jangan Melebihi 10.000 km

Yang dimaksud dengan jarak 10.000 km disini adalah jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan Sahabat. Pemakaian kendaraan yang melebihi dari jarak tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada kondisi power steering mobil, ditambah lagi dengan cara mengemudi yang salah tentunya membuat kondisi power steering dapat mengalami kerusakan.

Penggunaan kendaraan yang wajar adalah pada jarak 10.000 km. Ketika mencapai jarak 10.000 km, sebaiknya Sahabat mengganti power steering dengan yang baru. Jika cara mengemudi Sahabat tak beraturan, maka bisa jadi kurang dari 10.000 km sudah harus menggantinya dengan yang baru. 

4. Ingat Usia Pemakaian Power Steering Mobil

Karena power steering merupakan perangkat elektronik, tentu saja komponen ini memiliki jangka waktu penggunaan. Batas usia pemakaian dari komponen ini adalah sekitar 5 tahun. Sehingga bila sudah mencapai 5 tahun, maka power steering mobil harus segera diganti tanpa harus menunggu rusak terlebih dahulu.  

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 14 Okt 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilpowersteeringrusak
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family