Industri Otomotif Indonesia
Industri Otomotif Indonesia

Bagaimana Industri Otomotif Indonesia Tahun 2023?

08 Mei 2023 | 10:00 WIB

Perlahan namun pasti, industri otomotif nasional bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Meski kondisi ekonomi global juga belum menentu, setidaknya untuk 2023 ini Inovasi berbasis teknologi menjadi kunci untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta kebijakan menuju industri 4.0 yang mengutamakan energi hijau. Dengan demikian, fokus utama sektor otomotif adalah beralih ke proses dan tujuan yang lebih modern. Berikut enam tren industri otomotif yang diprediksi akan populer di tahun 2023.


Meningkatnya Penjualan Mobil Secara Digital

Sejak adanya pembatasan aktivitas di luar ruangan pada awal tahun 2020-an, konsumen lebih memilih untuk memenuhi sebanyak mungkin kebutuhan mereka tanpa meninggalkan rumah. Oleh sebab itu, dealer mobil dapat berinovasi pada situs resmi mereka untuk menawarkan pengalaman berbelanja secara virtual.

Sebagai contoh, showroom digital mengizinkan pembeli melihat spesifikasi, interior, dan eksterior mobil cukup dengan komputer atau smartphone mereka. Dengan demikian, mereka bisa menikmati pengalaman yang serupa dengan mengunjungi showroom fisik dari kenyamanan rumah.


Bagaimana Industri Otomotif Indonesia Tahun 2023?



Strategi Online Marketing Lebih Inovatif

Pesatnya perkembangan situs e-commerce serta media sosial daring tidak dapat dianggap remeh. Industri otomotif dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mengintegrasikan jasa yang ditawarkan pada platform berbasis teknologi. Hal ini tentunya juga akan menunjang kenyamanan konsumen karena mereka dapat menemukan apapun yang mereka butuhkan melalui gadget mereka.

Salah satu contoh penerapan tersebut adalah fitur menjadwalkan test drive dan perawatan berkala di bengkel melalui aplikasi instant messaging yang terintegrasi dengan website resmi. Situs jual beli online juga dapat digunakan untuk menawarkan voucher diskon, garansi, atau bahkan penjualan unit kendaraan eksklusif melalui kolaborasi bersama penyedia layanan e-commerce.


Tren Otomotif Mobil Listrik

Para pemimpin di seluruh dunia telah menandatangani perjanjian internasional untuk mengurangi emisi karbon secara global, dan salah satu upaya yang dapat dilakukan industri otomotif adalah memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Oleh sebab itu, dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, kini sudah ada semakin banyak mobil listrik murni dan hybrid.

Meskipun pada awalnya mobil listrik dijual dengan nominal yang cukup tinggi, kini ada banyak mobil listrik dengan harga terjangkau. Karena itu, tidak mengherankan jika semakin banyak konsumen yang tertarik memiliki mobil listrik, diikuti dengan meningkatnya jumlah merek yang memproduksi.


Bagaimana Industri Otomotif Indonesia Tahun 2023?


Maraknya Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Produksi Kendaraan Listrik

Integrasi digital pada industri otomotif tidak hanya dapat diterapkan pada cara pelanggan berbelanja. Proses produksi kendaraan harus berjalan sesering mungkin dan meminimalisir frekuensi gangguan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Oleh sebab itu, teknologi untuk memantau kinerja pabrik sangatlah penting.

Aplikasi atau software tertentu dilengkapi dengan fitur untuk mengumpulkan dan mengolah data frekuensi produksi dalam bentuk grafik. Hal tersebut dapat membantu pemangku kepentingan untuk mengantisipasi downtime dan merancang strategi untuk menunjang keberlanjutan produksi.


Peningkatan Produksi Connected Cars

Seiring dengan meningkatnya angka penggunaan gadget di kalangan berbagai usia, penyimpanan dan pengawasan melalui teknologi cloud juga bertambah populer. Industri otomotif Indonesia dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan produksi connected cars, yaitu kendaraan yang terhubung dengan aplikasi smartphone khusus.

Melalui aplikasi tersebut, pemilik kendaraan mampu mengawasi kondisi mesin dan komponen lainnya pada mobil mereka tanpa meninggalkan lokasi mereka saat ini. Jika diperlukan, fitur pada aplikasi connected car juga mengizinkan pelanggan menghubungi layanan darurat atau menjadwalkan servis berkala agar kendaraan mereka tetap dalam kondisi prima.


Bagaimana Industri Otomotif Indonesia Tahun 2023?


Kendaraan Self-Driving

Belakangan ini, semakin banyak produsen yang memasang fitur self-driving untuk mengurangi polusi dan kemacetan. Dengan pengaturan dan navigasi berdasarkan kalkulasi cerdas saat mobil bergerak sendiri, emisi yang dihasilkan serta risiko kecelakaan akan berkurang.

Aksesibilitas juga bukanlah masalah dengan mobil self-driving. Siapa pun dapat mengendarai atau menumpang kendaraan serupa dengan lebih aman dan nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan potensi tabrakan.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 08 Mei 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifindustriteknologiotomotifindonesia
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family