Lakukan Pengecekan Secara Berkala Agar Value Mobil Terjaga
Lakukan Pengecekan Secara Berkala Agar Value Mobil Terjaga

Bagaimana Prosedur Tune Up Mesin Mobil? Ini Penjelasannya!

29 Mei 2023 | 10:05 WIB

Buat Sahabat pemilik kendaraan, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah tune up mobil. Prosedur satu ini memang menjadi komponen paling dasar dalam perawatan berkala. Namun tak jarang jika masyarakat yang masih kurang mengerti atau memiliki pemahaman yang salah mengenai tune up mobil.


Tune up merupakan salah satu prosedur perawatan kendaraan yang bertujuan untuk mengembalikan kinerja mesin agar fit Kembali. Karena saat penggunaan harian, kinerja mesin pasti menurun akibat banyak faktor, seperti kualitas pelumas, suhu tinggi hingga kemacetan.


Semua jenis kendaraan pada dasarnya membutuhkan sejumlah perawatan untuk menjaga kinerjanya. Ada beberapa perawatan yang harus dilakukan guna memastikan mesin kendaraan dalam kondisi baik berdasarkan kilometer atau bulan pemakaian.


Bagaimana Prosedur Tune Up Mesin Mobil? Ini Penjelasannya!

Tune Up Dilakukan Agar Performa Mobil Mengalami Peningkatan


Lantas, apa sajakah yang dilakukan saat tune up? Umumnya, bengkel akan melakukan pembersihan dan penyetelan pada beberapa komponen mesin. Sahabat bisa simak komponen yang turut mendapatkan pemeriksaan kondisinya.


  • Filter Udara

Pertama adalah filter udara. Komponen satu ini rentan kotor akibat pemakaian. Jika kondisinya masih bagus, cukup dibersihkan. Namun jika filter sudah aus, maka diperlukan penggantian komponen.


  • Karburator atau Throttle Body

Selain itu, komponen seperti karburator atau throttle body (bagi mesin berteknologi injeksi) juga akan dibersihkan. Pada karburator juga akan dilakukan penyetelan ulang pada putaran mesin saat idle.


Tune Up Berguna Untuk Menghindari Risiko Kerusakan Fatal

Tune Up Berguna Untuk Menghindari Risiko Kerusakan Fatal


  • Tegangan Aki Mobil

Aki juga tak luput diperiksa. Normalnya, tegangan aki harus mencapai 12 volt ketika mesin mati dan 14 volt ketika mesin hidup. Jika di bawah itu, maka kondisi aki dianggap sudah tidak fit lagi dan membutuhkan penggantian komponen.


  • Katup Mesin

Seiring pemakaian, celah katup akan berubah. Bagi yang masih menggunakan penyetelan manual, maka celah katup harus disetel pada kerapatan di angka 0,1 hingga 0,3 mm. Terlalu rapat atau renggang celahnya, akan berdampak pada performa mesin.


  • Pengecekan Pada Berbagai Fluida

Sebagai pemilik mobil, Sahabat juga harus memperhatikan dan mengecek seluruh fluida yang digunakan di dalam mobil seperti oli mesin, minyak rem, oli transmisi, oli power steering, hingga oli gardan.


  • Pengecekan Pada Tegangan V Belt

V belt harus selalu dicek kondisi serta tingkat tegangannya. V belt yang terlalu kendor harus segera di setel ulang, namun perlu diingat proses penyetelan tersebut hanya berlaku pada mesin yang memiliki tensioner manual (tensioner ulir).


Busi Mobil Sangat Penting Dalam Proses Pembakaran

Busi Mobil Sangat Penting Dalam Proses Pembakaran


  • Pengecekan Serta Pembersihan Pada Celah Busi

Meskipun celah busi sudah diatur dari pabrikan, namun karena penggunaan serta interaksinya dengan tekanan kompresi, maka kemungkinan celah busi mengalami perubahan itu tetap ada. Itulah mengapa Anda harus selalu mengecek dan membersihkan celah busi agar api yang keluar dari busi tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.


Perlu Sahabat ketahui, merawat mobil keluaran terbaru kini menggunakan istilah routine maintenance (perawatan rutin atau pemeliharaan terjadwal) daripada tune up. Artinya cukup prosedur ringan yang sudah tidak lagi dilakukan oleh mekanik terdahulu.


Mengapa demikian, karena kebanyakan kendaraan keluaran terbaru menggunakan fuel-injection dan electronic ignition dan seluruh sistemnya lebih modern. Sehingga mekanik cukup melakukan cara sederhana yaitu perawatan tanpa menyetel bagian-bagian khusus pada mesin kendaraan.


Perawatan rutin yang dimaksud meliputi penggantian oli mesin dan transmisi, penggantian komponen vital pada mesin, air radiator, cek aki, cek filter udara dan bensin serta ganti filter kabin jika perlu diganti dengan yang baru. Untuk diketahui beberapa perawatan rutin secara teratur sesuai buku manual adalah penting untuk kinerja kendaraan.


Bagaimana Prosedur Tune Up Mesin Mobil? Ini Penjelasannya!


Sahabat bisa kunjungi e-commerce otomotif terpercaya di www.Garasi.id. Nikmati potongan harga Promo Payday dari Bengkel Bos berikan diskon hingga 15% untuk layanan servis tune up dengan tipe produk pilihan Advance, Deluxe, Eco, Luxury dan Diesel. Sikat juga jasa servis terbaik lainnya yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Promo ini berlaku mulai 25 Mei sampai dengan  5 Juni 2023. Syarat dan ketentuan berlaku.


Selamat servis mobil Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 29 Mei 2023 | 18:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotiftuneupmesinmobilservismobilservisberkalajasaservisotomotifsolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family