Berkendara Harus Ektra Hari-Hati Saat Turun Hujan
Berkendara Harus Ektra Hari-Hati Saat Turun Hujan

Bagian Kendaraan Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

18 Feb 2022 | 10:07 WIB

Curah hujan di awal tahun terasa lebih tinggi dari biasanya. Jalanan basah dan becek jadi kondisi yang harus kita lalui saban hari saat melakukan aktivitas. Bagi pemilik mobil, musim penghujan memang tidaklah mengenakkan, bahkan cenderung bikin susah.

Bicara soal musim hujan seperti sekarang, sebaiknya Sahabat Garasi melakukan berbagai persiapan jika ingin bepergian dengan kendaraan. Termasuk melakukan pengecekan komponen lebih ekstra.

 Berkendara Harus Ektra Hari-Hati Saat Turun Hujan

Butuh Konsentrasi Penuh Berkendara Saat Turun Hujan

Ada beberapa komponen mobil yang harus diperhatikan saat musim hujan. Ini ulasannya:

  • Wiper

Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman.

Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur.

Kaca dapat dibersihkan menggunakan pembersih kaca sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi.

Baca Juga: Perhatian! Penyebab Water  Pump Mobil Kamu Bermasalah

  • Lampu

Lampu-lampu mobil memang banyak jenisnya. Mulai dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard. Sebelum digunakan, periksa lampu kendaraan berfungsi dengan baik.Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas.

Begitu juga sebaliknya, pengendara lain akan mudah melihat posisi kendaraan Sahabat Garasi ketika berada di jalan saat hujan lebat.

  • Rem

Bagian rem adalah salah satu komponen utama dari kendaraan yang harus mendapat perhatian lebih saat musim hujan. Sebab, saat hujan, permukaan jalan cenderung menjadi licin dan basah,  jarak pengereman akan bertambah dibanding ketika permukaan jalan kering. 

  • Ban

Selama musim hujan, resiko berkendara  akan meningkat karena permukaan jalan menjadi lebih licin. Untuk itu, kualitas ban menjadi hal yang sangat krusial demi mampu memberikan grip yang optimal.

 Periksa Kondisi Ban Sebelum Berkendara

Periksa Kondisi Ban Sebelum Berkendara

Sebagai komponen penunjang kendaraan, ban perlu mendapatkan perhatian khusus pada musim hujan. Artinya, pemilihan ban dan pemeriksaan kondisi ban menjadi faktor terpenting dalam menjamin keamanan berkendara. Selain itu, tekanan udara pada ban perlu dipastikan aman saat jalanan licin. Ini penting untuk menjaga kestabilan mobil dan menghindari tergelincir.

 

  • Piringan Cakram dan Kampas Rem

Idealnya, sistem pengereman pada kendaraan harus di cek berkala setiap per 20.000 km. Pemeriksaannya meliputi kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

Saat musim hujan dengan tantangan menghadapi kondisi permukaan jalan yang basah dan licin, kampas rem harus jadi perhatian utama. Kalau kondisi kampas rem sudah tipis atau habis, sebaiknya harus segera diganti. Sebaliknya, kalau masih cukup tebal, cukup dibersihkan saja. 

Sama halnya dengan piringan cakram, pastikan permukaannya masih cukup rata. Efek kampas rem yang sudah tipis namun tetap dipaksa untuk bekerja menjepit piringan cakram, mengakibatkan gesekan metal yang akan membuat permukaan piringan cakram jadi tidak rata atau bergelombang.

Jika kondisinya seperti ini, saat melakukan pengereman berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa saat menginjak pedal rem. Solusinya, piringan cakram harus dibubut atau menggantinya.

  • Ganti Minyak Rem

Saat musim hujan, minyak rem juga perlu diperhatikan adalah kondisi minyak rem. Pastikan untuk rutin mengecek kondisi minyak rem di tangki cadangan setiap seminggu sekali, bersamaan dengan pemeriksaan komponen lainnya. 

Sahabat Garasi juga lebih baik untuk ikut petunjuk anjuran penggantian minyak rem setiap 40.000 km dengan merek minyak rem yang sudah direkomendasikan. Nah, kalau ternyata ditemukan kondisi minyak rem habis sebelum batas jarak minimal yang ditentukan, besar kemungkinan terjadi kebocoran yang harus segera diperiksakan.

Untuk pemeriksaan ini jangan lakukan sendiri, tapi sebaiknya langsung bawa ke bengkel resmi terdekat. Untuk perawatan berkala, Sahabat Garasi bisa membeli voucher servis berkala dengan diskon hingga 50% karena ada promo Gaspol In Love hingga 28 Februari 2022.


Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Harus Uji Emisi Kendaraan

Cara Aman Berkendara Di Saat Hujan

Sahabat Garasi, cara berkendara di musim hujan juga lebih ekstra hati-hati. Maka dari itu, ada beberapa trik aman yang perlu Kamu ketahui, yaitu:

1. Hindari Genangan Air

Hal ini dapat membuat kendaraan mengalami gangguan seperti kerusakan pada mesin karena air pada genangan dapat berpotensi terhisap ke dalam komponen mesin sehingga bisa membuat mesin mati mendadak.

2. Kurangi Kecepatan

Mengurangi kecepatan ketika hujan karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Maka dari itu, untuk menghindari risiko tergelincir akibat jalanan licin, pengendara harus mengurangi kecepatan kendaraan.

3. Jaga Jarak

Cara terakhir adalah jaga jarak dengan kendaraan lain. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 18 Feb 2022 | 10:12 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalaperawatanbanperawatanmobil