Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Tidur Dalam Mobil
Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Tidur Dalam Mobil

Bahaya Gas Beracun! Jika Kamu Tidur di Dalam Mobil

05 Agt 2023 | 23:58 WIB

Ketika Sahabat melakukan perjalanan dengan mobil kesayangan pasti tidak luput dari rasa lelah. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh hingga ratusan kilometer. Tentunya, kamu membutuhkan waktu untuk beristirahat dan mengembalikan stamina sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Cara mengatasi rasa lelah dengan mencari tempat yang dirasa nyaman dan bisa tidur di dalam mobil hingga beberapa waktu.


Tetapi, saat kamu hendak tidur di dalam mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Saat hendak tidur di dalam mobil sebaiknya Sahabat memilih tempat yang aman dan nyaman terlebih dahulu. Karena ketika tidur di dalam mobil, lebih baik mesin dalam kondisi mati dan tidak menyalakan AC. Hal ini untuk mengantisipasi adanya gas beracun yang bisa terhirup dan berbahaya karena bisa menyebabkan keracunan.


Bahaya Gas Beracun! Jika Kamu Tidur di Dalam Mobil

Lakukan Istirahat Yang Cukup Sebelum Mengemudi


Oleh karena itu Sahabat, istirahat setelah lelah berkendara menjadi hal yang harus diperhatikan. Sudah banyak kasus pengendara maupun penumpang saat tertidur tidak sadarkan diri akibat keracunan gas, bahkan bisa menelan korban jiwa. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat Sahabat ingin istirahat atau tidur dalam mobil? Kamu bisa simak dibawah ini.


  • Waspada Gas Beracun

Perhatikan hal ini Sahabat, jika kamu memaksakan tetap tidur dalam mobil. Dampak buruknya, kondisi badan kamu bisa lemas dikarenakan kadar oksigen di dalam kabin menurun dan kadar gas karbon monoksida (CO) naik. Apalagi bila gas buang mesin mobil masuk dalam kabin.  Sifat gas ini yang tidak berbau bisa membuat kamu tidak menyadari akan ada potensi bahaya. Sirkulasi AC yang tertutup mempercepat proses penyebaran gas beracun.


Jangan Paksa Mengemudi Jika Sudah Mengantuk

Jangan Paksa Mengemudi Jika Sudah Mengantuk


Dalam kadar tertentu, gas CO yang menyebar masih tahap aman untuk kamu. Tetapi, ketika kadar CO meningkat dan kadar oksigen di dalam darah turun, tubuh akan keracunan dan lemas hingga akhirnya tidak sadarkan diri. Dalam banyak kasus yang terjadi, pengemudi tidak tahu dirinya keracunan gas berbahaya.


Saat kamu sedang mengemudi, kemungkinan risiko keracunan gas CO jauh lebih kecil. Karena kamu dalam kondisi sadar dan bisa bertindak bila ada sesuatu yang tidak beres. Embusan udara akan mendorong gas beracun dari kolong mobil ke belakang dan tidak naik ke dalam kabin.


Pilih Tempat Parkir Yang Aman Untuk Beristirahat

Pilih Tempat Parkir Yang Aman Untuk Beristirahat


  • Lokasi Parkir Aman

Hindari tidur di mobil saat parkir di area tertutup, seperti parkiran basement. Ini dikarenakan sirkulasi udara kurang baik yang membuat gas beracun tidak bisa keluar. Cari tempat yang benar-benar aman, seperti tempat parkir di rest area, pom bensin atau lokasi yang berdekatan dengan pos penjagaan maupun keramaian seperti tempat perbelanjaan. Namun, jika terpaksa tidur di malam hari dan udara tidak panas, matikan mesin dan buka jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara segar dari luar mobil.


  • Hindari AC Menyala Ketika Tidur

Mungkin ini hal yang sepele Sahabat, tapi jika kamu tetap memaksakan diri untuk tidur dan menyalakan AC, buka jendela mobil sekitar 2 cm di depan sisi kiri dan kanan untuk sirkulasi udara. Pilih posisi open pada fitur sirkulasi AC mobil supaya udara segar bisa masuk. Catat ini Sahabat, ketika kamu ingin tidur dalam mobil, jangan lupa pasang target waktu tidur dengan alarm ponsel, kamu bisa perkirakan tidur cukup 20 atau 30 menit.


Alarm bisa membuat kamu tidak tidur terlalu pulas sehingga bisa tersadar jika ada masalah seperti kesulitan bernapas. Segera bangun dan buka pintu mobil bila merasa mual, pusing, atau perasaan tidak nyaman. Bunyikan klakson bila merasa kesulitan bernapas dan butuh bantuan orang lain disekitar kamu parkir mobil.


Persiapkan Perlengkapan Tidur Dalam Mobil

Persiapkan Perlengkapan Tidur Dalam Mobil


  • Sediakan Kasur di Mobil

Tidak ada salahnya di dalam mobil kamu menyediakan perlengkapan tidur yang memadai, seperti kasur, bantal dan mungkin selimut. Gunakan perlengkapan tidur ini hanya disaat mobil dalam kondisi berhenti. Jika kamu membawa keluarga saat berkendara, istri dan anak Sahabat dapat tidur dengan tenang setelah bermain atau melakukan aktivitas. Sahabat juga bisa memberikan peringatan ketika mengemudi, bahwa keluarga kamu wajib duduk sesuai posisi bangku dan menggunakan sabuk pengaman.


Ingat Sahabat, selalu perhatikan kondisi badan kamu sebelum melakukan perjalanan. Jangan memaksakan diri ketika sudah lelah mengemudi agar kamu dan keluarga terhindar dari bahaya. Selain itu, kamu wajib melakukan pengecekan mobil kesayanganmu agar tetap dalam performa yang optimal.


Bahaya Gas Beracun! Jika Kamu Tidur di Dalam Mobil


Sahabat bisa langsung kunjungi e-commerce terpercaya www.Garasi.id dan sikat promo potongan harga untuk layanan jasa servis terbaik untuk mobil kesayangan di kota tercinta kamu masing-masing. Informasi lengkap kamu bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 06 Agt 2023 | 01:42 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifistirahatbahayaracuntidurdalammobilperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family