Barang Wajib Yang Harus Kamu Bawa Saat Naik  Mobil
Barang Wajib Yang Harus Kamu Bawa Saat Naik Mobil

Barang Wajib Yang Harus Kamu Bawa Saat Naik Mobil

11 Apr 2022 | 10:20 WIB

Memiliki kendaraan pribadi, Sahabat harus memperhatikan barang wajib di mobil. Karena saat berkendara segala hal bisa saja terjadi secara mendadak. Untuk itu perlu perhatian ekstra pada barang wajib di mobil.  

 

Jika ada insiden pada kita, misalnya mobil mogok di tengah perjalanan dengan posisi yang mengganggu, kita bisa didaulat penyebab kemacetan. Untuk mencegah semua itu, perlu disiapkan beberapa piranti darurat di mobil. Ingatkah Sahabat pada barang-barang ini?

Berikut barang wajib di mobil yang harus ada:


Barang Wajib Yang Harus Kamu Bawa Saat Naik  Mobil

Peralatan P3K


 

1. Kotak P3K

Barang wajib di mobil pertama yang perlu disiapkan adalah perlengkapan medis untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan. Masukkan perban, kain kasa, plester luka, cairan antiseptik serta obat-obatan lainnya ke dalam kotak P3K.

Agar kelengkapan mudah dicari, pilihlah menggunakan kotak yang memiliki permukaan transparan.

 

2. Lap Chamois

Saat hujan, biasanya pandangan di kaca spion mobil jadi terhalang karena cipratan air. Untuk mengatasinya, barang wajib di mobil yang harus ada adalah Lap Chamois atau biasa disebut kanebo. Simpanlah di dalam dasbor mobil.


Terbuat dari material PVA, lap ini aman dan lembut bagi permukaan mobil. Tidak perlu khawatir akan menimbulkan noda atau goresan pada permukaan mobil.

Lap chamois ini juga dapat membersihkan interior mobil dari tumpahan cairan atau sidik jari. 


3. Ban serep

Ban bocor merupakan salah satu masalah di jalan yang paling tidak kita harapkan terjadi. Sebagai pengendara mobil, wajib hukumnya untuk selalu sedia ban serep. Namun, Sahabat juga perlu memastikan ban serep dalam keadaan baik. Jadi ketika dibutuhkan, kamu dapat langsung menggunakannya.


Barang Wajib Yang Harus Kamu Bawa Saat Naik  Mobil


4. Dongkrak

Jika harus ganti ban di jalan, bawaan wajib di mobil selanjutnya berarti dongkrak. Siapkan dongkrak hidrolik supaya kamu bisa mengangkat kendaraan tanpa perlu tenaga besar. Seperti Dongkrak Buaya misalnya yang kecil namun bisa mengangkat beban hingga 2 ton.

Dongkrak ini memiliki titik tumpu berbentuk pipih dan dilengkapi roda kecil sehingga cocok untuk mobil dengan ground clearance rendah.


5. Segitiga Pengaman

Saat harus meminggirkan mobil karena mogok, Sahabat bisa memasang Segitiga Pengaman demi keamanan. Dilengkapi dengan reflektor yang akan bersinar saat terpapar cahaya, mobil jadi bisa terlihat dari kejauhan oleh kendaraan lain. Segitiga pengaman ini bisa dilipat sehingga mudah disimpan di dalam mobil.


6. Perkakas Mekanik

Mempersiapkan perkakas mekanik di dalam mobil juga jadi hal yang wajib bagi pengendara. Cukup perkakas yang sederhana saja seperti Set Kunci Sok T dengan Fungsi Obeng. Perkakas ini bisa digunakan untuk membuka dan mengencangkan aneka ukuran mur dan baut. Set kunci ini juga sudah dilengkapi dengan boks penyimpanannya, sehingga lebih mudah disimpan di mobil dan meminimalisir bagian komponen agar tidak tercecer.


7. Apar (Alat Pemadam Api Ringan)

Keberadaan Apar menjadi wajib karena Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor 972/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. Pada Pasal 2 Ayat 2 diterangkan, kendaraan bermotor berupa mobil penumpang maupun barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa APAR.

Untuk itu, mulai sekarang sudah wajib ada APAR di dalam mobil kamu ya Sahabat, karena APAR adalah salah satu barang wajib di mobil. Biar kalau ada hal yang tidak diinginkan misal ada bagian mobil yang terbakar Sahabat bisa sesegera mungkin untuk memadamkannya. 


Itulah 7 barang wajib di mobil namun sering dilupakan keberadaan ataupun kondisinya. Pastikan kamu tetap siaga di dalam perjalanan dengan menyiapkan barang barang tersebut ya Sahabat.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Apr 2022 | 10:30 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifbarangwajibdimobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family