Mobil matik
Mobil matik

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut Agar Berkendara Semakin Nyaman

18 Mei 2021 | 13:13 WIB

Penyebab mobil mogok bukan hanya perkara kehabisan bahan bakar. Mobil bisa mati mendadak karena berbagai hal. Setiap penyebab atau masalah pun bisa muncul karena berbagai faktor. Apapun itu, semuanya jelas mimpi buruk bagi seorang pengemudi.

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Untuk mengantisipasi peristiwa yang kerap bikin panik ini, sebaiknya rawatlah kendaraan Sahabat  dengan rutin dan hindari kebiasaan buruk yang berpotensi mengganggu kinerja atau performa kendaraan. Pelajari juga artikel berikut untuk menambah pengetahuan kamu tentang penyebab mobil mogok. Dengan demikian, jika mobil tiba-tiba berhenti di tengah perjalanan dan tidak mau dinyalakan, Sahabat sudah tahu apa yang harus dilakukan. 

Mobil Matik, Berbeda dengan Mobil Biasa

Menyetir mobil matik jelas berbeda dengan menyetir mobil manual. Dulu, mobil matik menjadi pilihan bagi lansia yang masih aktif menyetir karena lebih mudah pengoperasiannya. Tanpa perlu mengatur kopling untuk memindahkan transmisi, Anda hanya perlu mengatur pedal gas dan rem saat berkendara.

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Namun kini, tren mobil matik sudah merambah ke segala usia dan latar belakang. Selain tidak lelah ketika harus menyetir di tengah kemacetan, perawatan mobil matik juga cenderung lebih mudah. Namun, tetap saja ada kemungkinan mobil matik mogok kapanpun dan dimanapun.

Tune Up

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Tune up kendaraan sebaiknya dilakukan agar menyegarkan kondisi mesin mobil, agar nyaman dan aman ketika berkendaraan jauh. Jangan sampai kenyamanan dan keamanan berkendara terganggu karena performa mesin yang pincang, terutama pada saat melintasi jalanan yang tidak rata dan tanjakan.

Ganti Oli

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Ganti oli merupakan satu hal yang harus dilakukan bila tidak ingin mobil matik mogok. Salah satu alasannya adalah untuk mengurangi resiko overheating pada mesin. Kenaikan temperatur mesin kendaraan menjadi lebih lama apabila menggunakan oli yang baru. Semakin tinggi beban mesin kendaraan, semakin tinggi resiko mengalami overheating dan bisa membuat mobil matik mogok.

Suspensi Kendaraan

Dalam rangkaian mencegah mobil matik mogok selain mesin, suspensi kendaraan juga penting untuk diperhatikan ketika berkendara jauh. Karena saat melakukan perjalanan jarak jauh atau mudik, kendaraan sangat memerlukan suspensi yang bekerja dengan baik.

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Terutama bila kapasitas penumpang penuh, yang akan sangat membebankan suspensi, terutama suspensi belakang. Hal yang perlu diingat adalah suspensi belakang berfungsi untuk menahan berat kendaraan dan suspensi depan untuk pengendalian kendaraan, dan untuk mendapatkan stabilitas berkendara yang baik, kondisi suspensi harus benar-benar prima.

Ban

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Untuk memastikan kendaraan memiliki handling yang baik untuk berkendara jarak jauh, pastikan kendaraan telah melewati proses spooring dan balancing. Tekanan pada ban juga perlu diperhatikan, karena ban tidak hanya berfungsi untuk handling namun juga sebagai suspensi.

Rem

Cegah Mobil Matik Mogok, Periksa Komponen Berikut

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah rem. Rem merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Sahabat harus pastikan rem berfungsi dengan baik. Ganti minyak rem dengan yang baru, pastikan kondisi kampas rem, sistem caliper, sil dan master rem dalam kondisi baik. Sebaiknya gunakan minyak rem dengan DOT grade 4 karena memiliki daya cengkram yang lebih stabil untuk semua temperature. Tetapi selain minyak rem, kampas rem pun harus dalam kondisi baik, karena percuma punya rem dengan daya cengkram bagus tapi kampas remnya habis.

Perawatan Mobil Terlengkap Hanya di Garasi.id

Agar mobil matik kamu tetap optimal selama digunakan kamu bisa mendapatkan perawatan di Garasi.id. Apalagi di akhir tahun biasanya banyak yang merencakan untuk pergi berlibur jadi Sahabat harus mempersiapkan mobil yang kamu miliki dengan baik. Mulai dari persiapan kondisi mesin mobil, ban, kebersihan interior agar semakin nyaman dan tentunya eksterior agar tampilan mobilmu tetap optimal.Untuk memberikan perawatan mobil supaya selalu terjaga kondisinya, Garasi.id memberikan servis unggulan yang bisa didapatkan melalui Garasi.id seperti :

Jokowi: Sekarang Beli Mobil Harus Inden, Kalau Mau Cepet Bisa Trade In di Garasi.id

Pastinya merawat mobil bukan hanya tentang eksteriornya saja, yang paling vital adalah perawatan untuk kesehatan mesin mobil kamu. Antara lain :

Semua layanan perawatan yang bisa kamu temui di Garasi.id adalah hasil kerjasama Garas.id bersama 7 partner ternama seperti HD Care Care, Cika Cika Motor, Honda Internusa, Honda Tangerang, Ziebart, Bengkel Bos, Mobil Lubricants .Tidak hanya lengkap dan dilakukan oleh partner terpercaya saja, konsumen juga berhak mendapatkan diskon hingga 50% setiap melakukan perawatan mobil di periode promo GASPOL Roadtrip ini. Jadi tunggu apalagi, yuk segera rawat mobil matikmu agar selalu tetap terjaga kondisinya.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Mei 2021 | 13:13 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbelibaukabinkopicukabakingsodatipstrikotomotifperawatan
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family