Rem ABS
ABS System

Begini Cara Gunakan dan Merawat Rem ABS Yang Benar

15 Feb 2019 | 13:51 WIB
BAGIKAN

Meski mobil bekas, ada beberapa diantaranya telah mengadopsi sistem keamanan anti-lock braking system (ABS). Namun sayangnya banyak pula diantara kita yang kurang mengerti bagaimana cara mengoperasikannya dengan baik dan benar. Informasi ini jadi satu informasi penting tentunya, karena hal ini menyangkut keselamatan Sahabat Garasi. Karena bisa saja saat Sahabat Garasi melakukan pengereman mendadak yang menggunakan sistem ABS, namun roda terkunci yang menyebabkan kecelakaan.

Nah kali ini, ada satu cara yang perlu kita lakukan saat mengendarai mobil yang telah mengadopsi sistem Anti-Lock Braking System (ABS). Tentunya agar roda tidak terkunci, salah satunya dengan membaca jarak kendaraan yang ada di depan kita. Karena sistem yang ditawarkan Anti-Lock Braking System itu berbeda dengan sistem pengereman biasanya.

Begini Cara Gunakan dan Merawat Rem ABS Yang Benar

Dilansir Autoexpress, sensor ABS bekerja saat mendeteksi salah satu roda akan mengunci akibat pengereman. Sebelum hal tersebut terjadi, katup hidraulis terbuka untuk mengurangi tekanan pengereman. Dengan begitu, pengemudi dapat mengendalikan arah laju kendaraan, karena roda tidak terkunci.

Untuk mengaktifkan sistem ABS caranya cukup mudah, Sahabat tinggal melakukan pengereman sekuat mungkin. Sahabat akan merasakan pedal rem berdenyut. Sahabat tidak perlu khawatir, karena denyut tersebut menandakan ABS sedang bekerja. Beberapa mobil sudah mengintegrasikan sistem ABS dengan sistem lainnya, seperti lampu hazard, bahkan mengencangkan sabuk pengaman.

Yang perlu diingat, ABS tidak bisa diandalkan sepenuhnya untuk mencegah kecelakaan. Sahabat juga harus menerapkan safety driving, seperti menjaga jarak dengan kendaraan depan, berkendara ekstra hati-hati di jalanan licin mengingat jarak pengereman tidak bisa diprediksi.

Baca juga: Rem Berdecit, Kenali Sebab dan Akibatnya

Merawat Rem ABS

Selain cara menggunakan rem ABS, Sahabat juga perlu tahu cara merawat rem ABS untuk menghindari rem bermasalah sendiri.

ABS merupakan salah satu fasilitas peranti anti-lock system yang kini sedang tren di kalangan produsen. Hal ini karena pengereman model ABS adalah sistem pengereman yang aman.

Akan tetapi rem ABS kadang rentan akan masalah yang bisa menghampiri. Bahkan untuk perbaikan rem ABS ini cukup memakan waktu dan cukup rumit. Oleh sebab itu, memiliki kendaraan dengan sistem rem ABS perlu dilakukan perawatan dengan rutin agar tetap maksimal kerjanya.

Pengereman ABS memiliki tiga sistem yaitu modul, sensor, dan komputer di Electronic Control Unit (ECU) mobil. Sensor pada sistem ABS tersebut memiliki peran yang penting dalam menangkap sinyal perintah pengereman.

Kemudian data dari sensor akan diterjemahkan oleh computer di ECU, lalu dilanjutkan ke master rem. Saat inilah master rem melaksanakan tugasnya memberi tekanan pada caliper rem.

Perannya yang sangat penting dan cukup rumit tersebut sangat bahaya sekali apabila sampai rusak. Maka dari itu perlu dirawat dan rajin diperisakan agar terhindar dari kerusakan. Untuk itu, supaya rem ABS terhindar dari kerusakan, berikut adalah cara mudah mencegah rem ABS bermasalah dan tips perawatannya yang bisa Sahabat ketahui :

1. Jangan Mengocok Rem Terlalu Sering

Ternyata menginjak pedal rem terlalu sering bisa menyebabkan rem blong. Kebiasaan ini padahal sering sekali dilakukan pengendara mobil, yaitu mengerem mendadak dan tiba-tiba. Biasanya pengendara yang mengalami keadaan darurat kerap kali melakukan rem mendadak. Jadi jika Sahabat tidak mengalami keadaan darurat, sebaiknya hindarilah mengerem mendadak.

Menginjak pedal terlalu sering ketika berkendara berarti telah mengirim sinyal yang tidak dibutuhkan sensor ABS. Pijakan demi pijakan pada pedal akan membuat sensor mengalami keausan dengan cepat. Apabila sensor mengirim sinyal yang salah ke komputer mobil, maka ABS akan beralih ke posisi mengunci walaupun si pengemudi tidak melakukan pengereman.

2. Membersihkan Sensor

Cara mudah mencegah rem ABS bermasalah yang berikutnya adalah membersihkan sensor. Sensor ABS terletak di kaliper rem yang apabila ingin membersihkannya harus hati-hati. Jika kaliper rem sudah rusak dan aus, lalu Sahabat mau memperbaikinya di bengkel, maka bengkel yang bersangkutan sebaiknya telah memahami tentang rem ABS. Sebab prinsip kehati-hatian guna mengganti kaliper yang rusak perlu diperhatikan. Jika tidak hati-hati maka sensor bisa rusak yang berakibat pada fungsi ABS yang tidak normal.

Untuk membersihkan sensor, Sahabat bisa menggunakan cairan spray pembersih yang dijual di toko onderdil. Bersihkan sensor dua bulan sekali, dan bagian yang bermagnet sangat penting untuk dibersihkan. Perlu Sahabat ketahui bahwa sensor yang kotor juga akan mempengaruhi kerja dari sistem pengereman ABS.

3. Mengganti Minyak Rem

Mengganti minyak pada rem juga merupakan cara mudah mencegah rem ABS bermasalah yang mudah untuk dilakukan. Jika minyak rem sudah berkurang, maka segeralah ganti dengan yang baru. Karena mekanisme kinerja rem ABS juga bergantung pada adanya minyak rem.

Ingat lihat tanggal kadaluarsa dari minyak rem itu sendiri, perhatikan pula tabung minyak rem yang terdapat ruang udara dapat muncul bakteri ataupun unsur kimia lainnya yang terbawa udara.

Saat inilah bisa terjadi reaksi kimia yang besar, sehingga kualitas oli juga akan berubah. Perhatikan pula indikator ABS yang berada di dashboard mobil untuk mengecek kondisi rem ABS.

Demikian artikel mengenai tips menggunakan rem ABS dan cara mudah mencegah rem ABS bermasalah yang bisa Sahabat ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya Sahabat.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 15 Feb 2019 | 13:51 WIB
BAGIKAN