Power Window Mobil
Merawat Power Window

Begini Cara Mudah Rawat Power Window Biar Nggak ‘Seret’

28 Apr 2019 | 20:02 WIB
BAGIKAN

Power window mobil adalah salah satu komponen dan fitur yang cukup berguna dan sangat membantu. Dengan fitur ini, pengemudi dapat mengatur seluruh kaca jendela dari satu titik saja. Selain itu, power window juga mempermudah penumpang untuk mengatur kaca jendela naik atau turun hanya dengan menekan tombol saja, tanpa harus memutar tuas seperti pengatur kaca konvensional.

Begini Cara Mudah Rawat Power Window Biar Nggak ‘Seret’

Sebagai fitur yang memiliki sistem mekanis, power window juga dapat mengalami kendala bahkan kerusakan. Kaca yang tersendat saat naik turun, tidak mau bergerak hingga kaca menjadi lecet adalah tanda bahwa sistem power window yang Sahabat gunakan sudah bermasalah. Jika sudah demikian, maka perlu adanya perawatan rutin agar hal yang tidak diinginkan pada power window mobil kesayangan Sahabat bisa terhindari. Namun sebelum itu, ada baiknya mengenal bagian-bagian dari power window dan cara merawatnya.

Mengenal Bagian Power Window

Secara konstruksi, power window tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada jendela konvensional atau mekanis dengan tuas / engkol. Hanya saja power window sudah menggunakan motor yang bergerak saat dialiri listrik, dan akan menggerakkan gerigi penggerak regulator dan membuat kaca jendela bergerak naik turun. Jika saat Sahabat menekan tombol power window dan tidak mendengar ada suara motor yang bergerak, berarti kemungkinan komponen motor power window Sahabat sudah rusak.

Selain motor, pada power window juga terdapat regulator yang terhubung dengan motor dan berfungsi sebagai frame untuk memegang kaca jendela. Dalam pemakaian yang lama, regulator biasanya akan mengalami penipisan pada bagian gerigi sehingga tidak dapat bergerak dengan baik saat dinamo melakukan putaran. Jika regulator menggunakan kabel, maka kerusakan biasa terjadi karena kabel regulator putus sehingga kaca jendela tidak dapat bergerak naik dan juga turun.

Bagian terpenting yang menjaga fungsi dari power window adalah jalur kaca atau disebut rel kaca. Biasanya, jalur kaca ini memiliki material berupa beludru atau juga karet. Meski terlihat sederhana, namun jalur rel kaca ini harus selalu dirawat dan dalam kondisi bersih. Kerusakan atau kotoran jalur ini dapat mengakibatkan power window rusak secara sistemik seperti rusaknya motor atau juga regulator.

Cara Merawat Power Window

Untuk merawat power window secara sederhana namun ampuh bisa Sahabat lakukan sendiri dirumah tanpa harus pergi ke bengkel. Nah dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa Sahabat lakukan untuk perawatan sederhana power window mobil kesayangan Sahabat agar nantinya awet dan tidak mudah rusak.

Cek secara berkala kinerja power window

Setidaknya tiap setengah tahun sekali lakukan pengecekan pada kinerja power window mobil apakah jalannya lancar ataukah tidak, misalnya seperti tersendat - sendat. Jika naik turun kaca tidak lancar, cobalah untuk memeriksa bagian karet kaca mobil. Namun jika ternyata power window tidak bekerja alias mati, ini agak rumit dan sebaiknya lakukan perbaikan di bengkel resmi.

Cek secara berkala karet kaca / run glass

Fungsi karet kaca mobil adalah untuk menjaga agar tidak terdapat celah diantara kaca jendela saat dinaikkan / ditutup sehingga debu dari luar tidak akan masuk ke dalam dan mengotori motor power window. Kadang karena kurangnya perhatian para pemilik mobil, karet kaca tadi menjadi keras sehingga menyebabkan kaca menjadi seret saat naik dan turun.

Bila dipaksakan bisa-bisa motor power window nya yang kalah. Penyebab seretnya karet kaca biasanya dikarenakan mobil sering diparkirkan dibawah terik matahari langsung, mencuci menggunakan detergen yang bisa menyebabkan karet menjadi mengeras, dan bahkan mengaplikasikan cairan pelicin yang tidak direkomendasikan dan malah membuat karet kaca getas dan keras. Untuk itu sebisa mungkin hindari beberapa hal tadi diatas.

Cek rel kaca power window

Pastikan pula Sahabat melakukan pengecekan pada rel kaca mobil apakah sudah longgar ataukah tidak. Untuk mengeceknya Sahabat tidak perlu membongkar trimdoor, cukup naikkan kaca separuh saja, kemudian pegang pada bagian atas kaca menggunakan kedua tangan dan digoyang goyangkan. Rel kaca yang sudah longgar akan membuat kaca mobil menjadi goyang dan miring saat dinaikkan, nah kaca yang miring ini bisa menyebabkan kerusakan pada motor power window.

Pergunakan power window secara bijak

Dalam mengoperasikan power window lakukanlah secara bijak, operasikan saja saat memang benar benar diperlukan. Sebisa mungkin jangan menurunkan kaca mobil saat kondisinya basah maupun kotor, sebab keduanya sampai mengenai power window bisa menyebabkan kerusakan. Untuk menaik - turun kan kaca mobil pun juga sangat disarankan untuk menekan tombol secara halus.

Nah itulah sedikit tips sederhana namun sangat ampuh yang bisa Sahabat lakukan untuk merawat power window mobil kesayangan agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 28 Apr 2019 | 20:02 WIB
BAGIKAN