Promo Ac Mobil
Perawatan AC mobil

AC Mobil Sering Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

11 Mei 2021 | 10:56 WIB

Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara. Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Sahabat? Agar air conditioner (AC) milik Sahabat selalu dingin harus tahu cara merawatnya. Bukan hanya sekedar membersihkan filter AC atau mengisi ulang freon saja. 

AC Mobil Sering Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Namun ada beberapa hal penting lainnya yang wajib kamu lakukan agar AC mobil selalu dingin. Simak beberapa hal penting menurut Garasi.id yang akan membuat AC mobil kamu selalu dingin.

  • Jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor.
  • Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Kondensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
  • Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
  • Ketika menempuh perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC agar tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil, dan menghindari pembekuan pada saluran AC.
  • Selalu memastikan extra fan kipas yang berada di depan kondensor selalu hidup ketika AC dalam kondisi hidup. Extra Fan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat beresiko merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.
  • Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  • Pastikan AC dalam kondisi mati ketika anda menghidupkan mesin mobil. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin mobil dimatikan.
  • Selalu melakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari Kompresor, Receiver Dyer, Condenser, Evaporator hingga Freon

Penyebab AC mobil cepat kotor, bau dan tidak dingin

Nah itulah beberapa hal cara merawat AC mobil agar selalu tetap dingin dan tidak mudah rusak. Lantas apa saja sih yang bisa menyebabkan AC mobil cepat kotor, rusak dan mengeluarkan bau tidak sedap ? Yuk simak di bawah ini.

Mematikan mobil ketika AC masih menyala

AC Mobil Sering Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Kerugian mematikan mesin mobil saat AC mobil masih menyala adalah nanti saat kita menyalakan mesin mobil otomatis AC akan langsung bekerja. Ingat aki/accu akan bekerja ekstra keras saat mesin mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja accu tidak bisa maksimum, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Hal inilah yang akan mempengaruhi kelistrikan AC.

Sering merokok dengan AC mobil menyala

AC Mobil Sering Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Asap dan debu dari  rokok bisa ikut masuk ke dalam filter. Hal ini akan membuat filter menjadi cepat kotor. Akhirnya pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal. Ingat pemerintah sudah mengeluarkan larangan untuk tidak merokok selama berkendara lho Sahabat.

Membuka jendela sambil menyalakan AC mobil

AC Mobil Sering Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah membuka jendela terlalu lama ketika AC menyala. Hal ini bisa menyebabkan kinerja kompresor dalam membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat dan akhirnya membuat AC lebih mudah rusak.

Menaruh pengharum di kisi-kisi AC mobil

AC Mobil Sering Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Idealnya pewangi dalam mobil memakai pewangi cair. Jika menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

Kabin mobil kotor

AC Mobil Sering Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Kebiasaan meninggalkan sampah dan kotoran di dalam kabin dengan dalih lupa harus segera dihilangkan. Kenapa? Karena sampah dan kotoran yang kita tinggalkan bisa membuat kabin lebih kotor dan berdebu. Debu-debu tersebut bisa terbawa masuk dan keluar filter AC dan hal ini akan membuat filter menjadi cepat rusak.

AC Mobil Sering Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau? Ini Tips Ampuh Merawat AC Mobil

Nah untuk perawatan ac mobil kamu agar terus fresh, Sahabat bisa melakukan perawatan melalui Garasi.id. Di Garasi.id lagi ada promo Gaspol Roadtrip yang berlaku dari tanggal 5 April sampai dengan 31 Mei 2021. Dengan promo ini, Sahabat bisa memilih Paket Ac Fresh dari Rotary Bintaro dengan harga hanya 199ribu dengan layanan :

  1. Atomizer

    Atomizer adalah proses sterilisasi dengan metode pengasapan pada kabin mobil berguna untuk menghilangkan jamur, bakteri dan virus pada interior mobil.

    NOTE: Atomizer ini sama dengan fogging yang membedakannya Atomizer ini lebih powerful. Atomizer ini sudah teruji dan terdaftar di Kementerian Kesehatan, Lab Biofarma dan Sucofindo. Lebih powerful dari metode fogging mobil pada umumnya.

  2. Ozone

    Ozone berfungsi membantu menetralisir kabin dari segala bentuk kontaminasi bakteri dan jamur di seluruh sudut kabin mobil.

  3. Disinfektan

    Spray Cairan semprot super multifungsi dengan kandungan essential oil aloe wellness yang mampu membunuh bakteri penyebab penyakit. Digunakan pada interior mobil.

  4. Cek AC mobil

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2021 | 10:56 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

promogaspolroadtripperawatanacmobilgarasiidrotarybintaro
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family