Kebiasaan merokok dalam kabin mobil dapat menyebabkan bau yang tidak sedap
Kabin yang bersih akan membuat AC tetap optimal

Begini Caranya Agar AC Mobil Selalu Dingin

30 Jun 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara. Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Sahabat? Agar air condition (AC) milik Sahabat selalu dingin harus tahu cara merawatnya. Bukan hanya sekedar membersihkan filter AC atau mengisi ulang freon saja.  Namun ada beberapa hal penting lainnya yang wajib kamu lakukan agar AC mobil selalu dingin. Simak beberapa hal penting menurut Garasi.id yang akan membuat AC mobil kamu selalu dingin.

Baca juga: Dashboard mobil kusam, cek 7 cara merawatnya


Selalu jaga kebersihan karpet atau lantai mobil. Kebersihan lantai mobil menjadikan udara di dalam kabin mobil juga ikut bersih. Dengan demikian, filter AC tidak bekerja terlalu keras untuk menyaring debu dan kotoran, dan juga tidak cepat kotor. 

Saat mencuci mobil, alangkah baiknya buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

Seperti yang pernah Garasi.id ulas sebelumnya dalam memlih tempat parkir. Selain tidak membuat warna cat mobil kusam, memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama akan meringankan kerja AC selama proses pendinginan kabin ketika mobil baru dinyalakan. Selain itu, AC juga membutuhkan waktu beberapa saat untuk berisitirahat ketika kamu menempuh perjalanan jauh. Tujuannya agar AC tidak terus-menerus mendinginkan kabin mobil dan menghindari pembekuan pipa saluran AC.

Lakukan pengecekan kipas yang berada di depan condensor, apakah kipasnya selalu menyala ketika AC dihidupkan. Jika tidak, lebih baik kamu bawa ke bengkel AC terdekat karena bisa merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.

Nah ini adalah kebiasaan buruk Sahabat, jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator. Nikotin akan lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang. Selain itu zat-zat di dalam rokok dapat membahayangkan diri sendiri, penumpang dan membuat bau tidak sedap di dalam kabin.

Pastikan AC dalam kondisi mati ketika Sahabat menghidupkan mesin. Hal ini berlaku sebaliknya, matikan AC sebelum mesin dimatikan. Terakhir, selalu melakukan perawatan AC secara rutin untuk memeriksa semua kondisi komponen AC. Mulai dari compresor, receiver dyer, condensor, evaporator hingga freon.

Baca juga: Jangan buru-buru nyalakan AC saat baru hidupkan mesin



Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Jul 2019 | 13:08 WIB
BAGIKAN