Waspada Mengemudi Kendaraan Saat Hujan
Waspada Mengemudi Kendaraan Saat Hujan

Begini Dampaknya Jika Mobil Kebanjiran!

27 Des 2021 | 11:03 WIB

Pada Desember 2021, berbagai wilayah di Indonesia masih mengalami musim hujan. Bahkan, curah hujan terpantau masih tinggi di Jakarta, disertai angin kencang. Kondisi ini menyebabkan permukaan jalan lebih licin dan visibilitas pengendara berkurang. Untuk itu, ada beberapa sektor pada mobil yang mesti diperhatikan dan dirawat agar dapat bekerja secara optimal ya Sahabat Garasi.

Namanya bencana alam, sulit dielakkan. Contoh nyatanya adalah banjir yang kerap kali menjadi penghalang saat beraktivitas. Paling parahnya lagi kalau bawa kendaraan pribadi, bisa-bisa malah terendam banjir. Banjir tentu memiliki dampak buruk bagi kendaraan.


Perhatikan Kondisi Kendaraan Saat Hujan

Perhatikan Kondisi Kendaraan Saat Hujan


Berikut dampak banjir yang bisa merusak mobil Sahabat Garasi:. 

1. Mobil Kotor 

Banjir berasal dari berbagai sumber air yang sudah tercampur dengan pasir dan sampah yang ada di sekitarnya. Ketika airnya masuk ke dalam, seluruh interior kendaraan otomatis menjadi kotor. Kalau sampai kotorannya mengendap, maka bagiannya jadi sulit dibersihkan.

Sahabat Garasi tentu butuh tenaga dan waktu ekstra untuk membersihkannya. Simpelnya bawa ke bengkel, tapi harus siapkan biayanya lebih karena pembersihan akan dilakukan secara menyeluruh. 


2. Komponen Mesin Rusak

Banjir kemungkinan merusak komponen mesin pada kendaraan, terutama bagian-bagian elektrikalnya. Sebaiknya segera periksa bagian penting, seperti piston, AC, lampu, dan wiper, apakah masih dalam keadaan bagus atau tidak.

Apabila salah satu dari komponen ini rusak, lebih baik perbaiki terlebih dahulu sebelum menggunakan kendaraan untuk beraktivitas. Kalau dipaksa bekerja, biasanya kerusakan tersebut malah merembes ke bagian lain yang membuat tingkat rusaknya semakin parah.


3. Bau Tidak Sedap

Dampak lainnya adalah bau yang kurang sedap di dalam mobil. Mulai dari bau sampah bahkan uap makanan yang ikut tergenang banjir. Akibatnya, mengemudi menjadi kurang nyaman.

Lakukanlah car fogging untuk menghilangkan bau-bau yang tidak sedap sekaligus membersihkan virus atau bakteri yang terlanjur menempel pada bagian interior mobil. Percayakan hal ini kepada bengkel yang berkompeten, sehingga hasilnya memuaskan.


4. Karatan

Dampak banjir lainnya adalah menyebabkan karat pada bodi mobil, khususnya bagian yang terbuat dari besi. Bisa dikatakan mayoritas komponennya terbuat dari besi, jadi bagian harus segera diganti sebelum terjadi korosi.

Harga komponen mobil tidak murah, pastikan kantongmu sudah diisi sampai tebal. Lalu, bawalah ke bengkel resmi agar komponen yang berkarat diganti dengan komponen sesuai pabrikan mobil.


Selama musim hujan, para pengendara atau pemilik mobil harus mempersiapkan kondisi kendaraan. Salah satu yang harus diperhatikan dan dirawat saat musim hujan adalah komponen mobil. Ada empat komponen wajib Sahabat Garasi rawat ya. Ini uraiannnya:

  • Wiper

Berkurangnya visibilitas saat musim hujan utamanya disebabkan guyuran air dalam jumlah banyak ke kaca mobil. Untuk itu, wiper sebagai komponen yang berfungsi menyapu air dari kaca, amat wajib diperiksa dan dipastikan kondisinya.

Jika karet wiper sudah keras, amat disarankan untuk melakukan penggantian agar kinerjanya moncer ketika ‘mengusir’ air dari kaca.

Lakukan pula perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Kondisi keduanya wajib selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor oleh endapan lumpur maupun lumut dan malah makin mengganggu visibilitas.


  • Ban

Sebagai komponen yang mengalami kontak langsung dengan jalan, kondisi ban mobil sangat penting di musim hujan. Jika tidak, ban bisa kehilangan traksi atau melintir ketika melintasi permukaan licin.

Periksa alur ban, sudah botak atau belum. Jika ya, segera ganti dengan yang baru. Ini bisa diketahui dengan berpatokan pada tread wear indicator (TWI) di bagian samping ban. Cek pula tekanan angin dan pastikan selalu sesuai dengan standar dari pabrikan. Rekomendasi tekanan angin dari pabrikan bisa dicek di sebelah pintu pengemudi.


  • Rem

Kondisi rem tak kalah vital untuk dicek. Apalagi, jarak pengereman ketika musim hujan lebih panjang daripada musim lainnya. Periksa kampas rem untuk menentukan perlu-tidaknya penggantian. Kondisi kampas rem juga bisa diketahui dengan mendengar apakah ada bunyi decitan atau tidak ketika menginjak pedal terkait.

Jika ya, hampir pasti kampas rem sudah tipis, sehingga menyebabkan gesekan antara dua logam.


  • Kelistrikan

Komponen kelistrikan terkait beberapa bagian penting dari kendaraan. Misalnya saja lampu mobil yang penting untuk membantu visibilitas di kala hujan. Pastikan semua fungsi kelistrikan berfungsi normal mulai dari meter cluster, head lamp, lampu sein, lampu hazard, lampu rem, dan lain-lain.

Kabel-kabel listrik umumnya sudah dibekali socket anti air. Tapi, lakukan pengecekan lagi demi memastikan tidak ada yang terbuka atau terkelupas karena gigitan hewan dan sebagainya.

Jika Kamu ingin melakukan perawatan mobil secara berkala bisa cek website www.Garasi.id atau klik link ini. Sebab, Garasi.id sedang ada promo Gaspol Servis diskon hingga 50%, promo ini berlaku hingga 30 Desember 2021.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Jan 2022 | 17:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilotomotifgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family