Teknologi mobil
Keyless Mobil

Begini Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Memperbaiki Keyless Mobil

20 Jun 2021 | 11:00 WIB

Industri otomotif semakin berkembang. Bagi siapapun yang mengikuti, pasti merasakan perubahan teknologi yang terjadi pada mobil maupun motor. Setidaknya satu dekade ke belakang, fitur yang dimiliki kendaraan kian canggih dan rumit. Tujuan utamanya, tak lain untuk memudahkan aktivitas dan menambah kenyamanan. Salah satunya Keyless mobil dan tombol start/stop engine. 

Begini Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Memperbaiki Keyless Mobil

Teknologi tanpa anak kunci untuk membuka dan mengunci pintu lalu menyalakan mesin. Tidak lagi khusus mobil-mobil premium saja. Mobil murah pun banyak yang pakai dan bahkan tersedia produk aftermarket bila ingin menambah kepraktisan mobil Sahabat.

Fitur ini memang terlihat keren, karena dengan hanya mengantongi remot tanpa perlu pasangan kunci lagi, Sahabat bisa mudah masuk ke mobil dan segera menyalakan mesin dengan memencet tombol. Sangat praktis dan sederhana, apalagi sedang membawa barang banyak atau terburu-buru. Tapi setiap fitur canggih pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu mari kita bahas lebih rinci tentang Keyless Mobil, bagaimana cara kerjanya, perawatannya, serta memperbaiki bila terjadi kerusakan. 

Cara Kerja Keyless Mobil

Pertama, harus paham dulu cara kerjanya agar tidak merugikan. Mekanisme utama dari keyless entry berdasarkan pada sensor. Perangkat keras di smart key, pintu dan tombol starter saling memancarkan sinyal. Jika smart key berada dalam jangkau sensor pintu, maka kunci dapat dibuka dengan hanya mendekatkan atau menekan tombol hitam di gagang.

Begini Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Memperbaiki Keyless Mobil

Ketika sudah berada di dalam kabin, berarti Sahabat bisa nyalakan mesin melalui tombol, asalkan smart key berada dalam jangkauan sensor. Kebanyakan smart key berisi anak kunci konvensional yang dibutuhkan bila sewaktu-waktu sistem tidak bekerja. Permasalahan umum, baterai di smart key habis.

Kelebihan Keyless Mobil

Praktis

Tentu saja sangat praktis, Sahabat tidak perlu lagi mengeluarkan kunci dari kantong celana atau tas, menekan tombol di remot, lalu memasukkan dan memutar anak kunci lagi. Smart key tidak perlu keluar dari kantong. Tinggal dekatkan ke pintu, otomatis kunci terbuka, duduk di kokpit, injak rem dan tekan tombol start engine. Namun tergantung jenis keyless entry yang diterapkan di setiap mobil. Masih ada yang perlu menekan tombol lock atau unlock secara manual di smart key terlebih dahulu.

Rata-rata sistem keyless entry sudah termasuk fitur kunci otomatis saat pengemudi menjauh dari kendaraan. Sehingga tidak perlu ragu-ragu lagi apakah sudah mengunci pintu atau belum. Tapi ada juga sistem yang belum ada fitur kunci otomatis itu. Biasanya di keyless entry mobil non-premium. Jadi masih butuh mengunci secara manual lewat smart key.

Begini Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Memperbaiki Keyless Mobil

Lebih aman

Keuntungan lain, keamanan meningkat. Mobil dengan kunci konvensional, memiliki kode pada bentuk kunci itu sendiri. Masih bisa diakali dengan menduplikasi kunci. Sedangkan sistem keyless entry, memiliki transponder yang berkomunikasi dengan smart key melalui kode unik. Bila kode cocok, kunci bisa terbuka. Ini yang menyulitkan pencurian dengan cara kuno.

Meski memudahkan, fitur ini sewaktu-waktu ternyata bisa merepotkan pengguna mobil lantaran dapat mati secara tiba-tiba. Yang perlu dipahami fitur ini juga punya kekurangan atau kelemahan.

Kekurangan Keyless Mobil

Begini Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Memperbaiki Keyless Mobil

Baterai Lemah

Masalah pertama sering terjadi pada sebagian pemilik mobil. Kebanyakan, mereka tidak menyadari baterai smart key lemah atau habis daya. Hal ini pasti akan menyulitkan pemilik mobil untuk membuka kunci dan menghidupkan mobil.

Oleh sebab itu biasakan perhatikan masa pakai baterainya. Gejala baterai melemah bisa dilihat dari redupnya lampu indikator yang terdapat pada smart key. Selain itu, respon yang dihasilkan juga lebih lambat dari biasanya.

Umumnya usia baterai sekitar tiga tahun. Untuk itu, setelah sampai di tujuan, ada baiknya segera ganti baterai di bengkel resmi terdekat agar dapat kembali bekerja optimal.

Sebagai informasi, walau baterai lemah atau habis, rata-rata smart key masih menyimpan sinyal berfrekuensi rendah dan dapat digunakan untuk menyalakan mesin.

Gangguan Gelombang

Salah satu hal penting yang menunjang kinerja smart key gelombang radio. Biasanya, gelombang tersebut akan terganggu karena beberapa hal, seperti ketika parkir di dekat pemancar radio, parkir di daerah yang terdapat Base Transceiver Station (BTS) provider telepon seluler, dan sebagainya.

Ketika mengalami gangguan gelombang, otomatis smart key mobil seakan mati mendadak dan tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, pengemudi tidak perlu bingung karena pintu mobil akan tetap bisa dibuka dengan kunci manual.

Lalu, untuk menghidupkan mesin, hanya perlu mendekatkan smart key ke tombol start/stop engine sambil menginjak pedal rem sampai lampu indikator berubah menjadi warna hijau. Cara ini agar receiver dapat menerima gelombang radio yang dikirim smart key lebih baik.

Masalah pada Rolling Code

Rolling code atau juga biasa disebut dengan hopping code merupakan bagian dari smart key yang berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio ke tuner mobil. Rata-rata rolling code memiliki masa aktif sekitar lima tahun.

Jika sudah lewat lima tahun, maka rolling code dapat menjadi salah satu penyebab tidak berfungsinya fitur cerdas itu. Apabila hal ini terjadi, jalan keluarnya harus melakukan penggantian rolling code di bengkel resmi.

Terendam Air

Jika pengemudi mobil mengalami masalah, jalan satu-satunya menggunakan kunci darurat yang diberikan oleh pabrikan ketika membeli mobil.

Namun, sebelum itu lepas kabel atau sekring klakson untuk sementara agar alarm tidak berbunyi dan segera bawa smart key mobil ke bengkel resmi untuk penanganan lebih lanjut.

Perawatan Keyless Mobil

Agar remote keyless mobil tetap berfungsi normal dan memudahkan Sahabat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaannya.

  1. Jangan taruh remote control di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung, misalnya dashboard mobil.
  2. Hindari remote keyless dari air, misalnya hujan atau cipratan air karena bisa menyebabkan korsleting.
  3. Usahakan jangan sampai remote keyless jatuh atau terbentur keras.
  4. Hindari material yang memancarkan magnet kuat atau elektromagnet. Pasalnya, gelombang ini bisa mempengaruhi komponen internal remote control.
  1. Hindari pengoperasian remote keyless entry di dekat menara pemancar.

Begini Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Memperbaiki Keyless Mobil

Memperbaiki Keyless Mobil yang Bermasalah

Bagi pengendara yang smart key-nya tidak bekerja normal dapat melakukan langkah-langkah berikut ini

  1. Keluarkan kunci mekanikal yang terdapat dalam smart key. Kunci ini biasanya tersimpan di salah satu sisi body smart key. Tarik dan ambillah.
  1. Masukkan kunci mekanikal tersebut ke lubang kunci pintu mobil, dan gunakan untuk membuka pintu mobil.
  1. Setelah pintu terbuka, hadapkan (dekatkan, sekitar 10mm) smart key ke tombol "start-stop" dekat kemudi. Saat mendekatkan, injak pedal rem dan tekan tombol "start-stop" dalam 5 detik setelah bunyi buzzer, dengan tetap menginjak pedal rem.
  1. Untuk mematikan kembali mesin mobil, tekan tombol "start-stop" kembali.

Nah Sahabat itulah informasi lengkap tentang Keyless mobil yang bisa Garasi.id berikan, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Sahabat semuanya.

Mobilmu Sudah Pakai Teknologi Smart Key? Coba Baca Ini Dulu

Satu fitur mobil yang sedang tren dan mulai banyak dipakai oleh pabrikan adalah smart key mobil, atau keyless ignition atau tombol start/stop engine. Teknologi tanpa anak kunci untuk mengunci pintu dan menyalakan mesin, sudah tidak lagi khusus mobil-mobil premium saja.

 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 20 Jun 2021 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

teknologimobilsmartkeykeylesstipsotomotifgarasiid