Tips Parkir dari Garasi.id
Parkir mobil

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

31 Jan 2020 | 13:01 WIB

Untuk orang yang masih tergolong baru bisa mengemudi mobil sendiri, ternyata parkir mobil bisa menjadi hal yang menakutkan. Apalagi kalau harus parkir di tempat yang sempit dan rapat seperti parkiran mall atau parkiran perkantoran. Meskipun sudah disedia tukang parkir yang akan membantu mengarahkan, namun rasa takut itu tetap ada. Bahkan tak jarang, rasa takut tersebut yang membuat mereka enggan untuk membawa mobil saat pergi ke pusat keramaian.

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti menabrak tiang pembatas, parkir mobil diluar garis yang sudah dibuat atau lebih parah lagi menyenggol mobil orang lain yang sedang parkir, maka Sahabat Garasi harus lebih waspada dan hati-hati saat akan memarkir mobil. Berikut adalah tips bagaimana cara parkir mobil yang benar untuk Sahabat yang masih pemula dan belum berani memarkir kendaraan sendiri.

Pilih Parkiran Di Sisi Berjalan

Jika tempat yang Sahabat tuju adalah pertokoan, maka Sahabat akan parkir mobil di pinggir jalan raya. Hal ini memudahkan Sahabat ketika melakukan proses parkir yang tidak mengganggu mobil dari kedua arah. Sehingga Sahabat tidak akan terburu-buru dan semakin gugup karena banyak mobil yang menunggu Sahabat selesai.

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Saat sedang mencari lahan parkir mobil yang kosong, jalan dengan perlahan dan nyalakan lampu sein. Dengan demikian, pengendara di belakang Sahabat dan tukang parkir yang berjaga akan tahu bahwa Sahabat sedang mencari lokasi parkir. Jika melihat lahan yang kosong, pastikan pula lahan tersebut sesuai dengan ukuran mobil yang Sahabat gunakan.

Buka Jendela, Matikan Audio

Dimanapun Sahabat parkir, jika masih belum berpengalaman, disarankan untuk membuka kaca jendela dan mematikan audio. Dengan demikian Sahabat dapat lebih fokus dengan lingkungan sekitar serta suara tukang parkir yang memberikan instruksi arah parkir mobil. Pastikan dengan jelas kondisi di sekitar ruang parkir. Apakah ada tiang, gundukan pembatas, garis parkir, kendaraan lain ataupun troli belanja. Jika merasa ragu, jangan malu untuk turun dan mengawasi sekitar terlebih dahulu.

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion

Kaca spion sangatlah penting untuk membantu Sahabat parkir mobil. Apalagi jika Sahabat akan parkir mobil mundur di tempat terbatas seperti parkiran mall. Jika masih ragu dengan jarak yang Sahabat lihat di kaca spion, jangan malu pula untuk mengeluarkan kepala mengintip sejauh apa jarak mobil Sahabat dengan tiang atau mobil lainnya. Untuk batas belakang, mobil terbaru biasanya sudah disertai dengan sensor atau kamera mundur.

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Berikan Jarak Kanan dan Kiri Mobil

Agar memudahkan Sahabat serta penumpang untuk turun, pastikan ada jarak di kanan dan kiri mobil saat membuka pintu dan naik turun penumpang. Biasanya di parkiran terdapat garis lahan parkir untuk mobil. Cobalah parkir mobil tepat di tengah lahan tersebut.

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Amankan Mobil Saat Parkir

Setelah Sahabat parkir mobil dengan sesuai, jangan lupa untuk mengamankan mobil Sahabat. Pasang rem tangan dengan benar jika Sahabat parkir di tempat datar. Jika menurun, pasang rem tangan dan posisikan transmisi di gigi mundur (R). Jika jalanan menanjak, pasang rem tangan dan posisikan pada gigi 1. Hal ini agar mobil tidak bergerak sendiri saat Sahabat tinggal. Namun PENTING untuk diperhatikan. Sebelum menyalakan mobil, pastikan Sahabat sudah memindahkan gigi ke posisi netral!

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Begitulah tips cara parkir mobil yang baik dan benar untuk semua Sahabat Garasi. Selain tips parkir mobil yang benar, Sahabat juga perlu tau nih posisi ban yang benar saat parkir mobil.

Begini posisi ban yang benar saat parkir mobil

Pernahkan Sahabat Garasi parkir mobil di jalan menanjak, dan merasa khawatir bagaimana kalau mobil ini meluncur jauh ke bawah? menabrak pengguna jalan lain! Nah sebenarnya ada teknik parkirnya saat di tanjakan dan turunan yang benar Sahabat Garasi. yakni dengan membelokkan ban agar tidak terus meluncur ke bawah.

Posisi Ban saat Parkir

Masih banyak yang beranggapan bahwa saat parkir mobil ban harus lurus, padahal ini salah besar. Saat parkir mobil posisi ban haruslah diposisi tertentu.

Begini Sahabat Garasi, Cara Parkir Mobil Yang Baik dan Posisi Ban Yang Benar

Untuk keselamatan mobil, ternyata ban harus dibelokkan tergantung kondisi jalan tempat kita parkir : misalnya parkir mobil di tanjakan/ parkir di jalan menurun. Parkir yang benar Memarkir atau memberhentikan mobil ditepi jalan membutuhkan teknik tertentu agar kita terhindar dari kecelakaan, berikut antara lain:

1. Posisikan ban dengan tepat (berbelok ke kanan/ ke kiri/ lurus)

2. Masukkan gigi yang tepat (jika jalan menurun masukkan gigi ke gigi mundur), jika jalan menanjak masukkan ke gigi 1, untuk mobil matic posisikan tuas transmisi ke P

3. Aktifkan hand rem (rem tangan sebutan yang tepat adalah rem parkir)

4. Ganjal jika perlu saat parkir mobil di jalan datar, posisikan ban lurus

Jika parkir mobil di jalan yang datar memang sebaiknya Sahabat meluruskan ban depan, hal ini bertujuan untuk memberikan ruangan yang luas pada jalan seperti menutup kaca spion. Posisi ban yang lurus juga lebih memperlama usia power steering dibandingkan membelokkan ban saat parkir mobil.

Saat kita melewati tanjakan dan kita parkir mobil di pinggir jalan tersebut maka posisi yang tepat adalah membelokkannya ke sisi kanan, hal ini berlaku jika pada pinggir jalan terdapat trotoar atau halangan semacam gundukan tanah. Tujuan membelokkan ke sisi kanan adalah agar ban depan mengganjal trotoar sehingga jika secara tidak terduga mobil turun maka akan terganjal trotoar tersebut.

Berbeda saat di pinggir jalan tidak ada apa-apa alias hanya rerumputan maka belokkan ban ke arah kiri, hal ini agar saat secara tidak terduga mobil meluncur turun maka mobil tidak akan lurus ke bawah menabrak mobil lain. Akan tetapi mobil akan berbelok ke kiri saja. Hal ini sangat aman karena mobil hanya akan berbelok ke kiri dan dia mencari keseimbangannya sendiri (tidak ke kiri terus), melainkan setelah berbelok dia akan berhenti tepat 90 derajat

Parkir mobil di jalan menurun

Nah untuk jalan menurun ini Sahabat juga harus membelokkan ban ke sisi kiri, ini berlaku baik jalan memiliki trotoar (halangan) ataupun tidak memiliki trotoar. Membelokkan ban ke posisi kiri mencegah mobil meluncur turun ke bawah mengikuti jalan dan menabrak apa-apa yang ada dibawah, dengan membelokkan ke kiri maka mobil tidak akan meluncur kedepan tetapi berbelok 90 derajat ke arah kiri sehingga mencegah kemungkinan kecelakaan yang ditimbulkannya saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah jadi mulai sekarang, lebih perhatikan lagi lokasi tempat kamu parkir mobil dan jangan lupa posisi ban disesuaikan ya Sahabat Garasi.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 13:25 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsparkirwanitapemulaamanbaikbenargarasiidotomotif