Rawat Mobil Idamanmu Sepanjang Masa
Rawat Mobil Idamanmu Sepanjang Masa

Begini Tips Menjaga Agar Bodi Mobil Tetap Kinclong

04 Mar 2022 | 19:10 WIB

Sahabat Garasi harus peka dalam merawat bagian eksterior yaitu bodi mobil agar tetap kinclong. Seiring waktu dan penggunaan, cat mobil bisa kusam dan memudar. Tampilan cat mobil yang kusam tentunya tidak menarik dan dapat mengurangi harga jual dari mobil.


Cat mobil kusam pastinya tak diinginkan pemilik kendaraan. Karena setiap pemilik mobil pasti menginginkan tampilan yang selalu terlihat mengkilap dan kinclong setiap saat. Masalahnya, tak sedikit orang yang mengerti cara merawatnya. Salah satu cara yang biasa dilakukan hanya sebatas mencuci saja. Padahal, hal tersebut tidak cukup.


Lakukan Cuci Mobil Dengan Teknik Yang Benar

Lakukan Cuci Mobil Dengan Teknik Yang Benar


Berikut beberapa tips menjaga cat mobil agar tidak kusam:

1.    Parkir Mobil di Tempat Aman

Hal yang dilakukan saat pertama kali memiliki baru adalah menghindari parkir mobil dibawah paparan sinar matahari secara langsung. Pemilik mobil disarankan untuk memarkir mobil di gedung parkir atau di tempat yang beratap. Apabila tidak menemukan tempat parkir yang beratap, tutuplah mobil dengan cover mobil.

Apabila dalam kondisi hujan, segera bilas mobil dengan air bersih ketika sudah digunakan. Usahakan mobil tetap kering dan tidak ada bercak air pada bodi. Tetesan air atau bercak pada bodi mobil yang dibiarkan terlalu lama dapat membuat bodi mobil berjamur.

2.    Gunakan Shampoo Khusus

Seringkali pemilik mobil menggunakan sabun cuci sembarangan untuk mencuci mobilnya. Tentunya, setiap jenis sabun memiliki fungsi yang berbeda, tak terkecuali sabun cuci mobil. Hindari penggunaan sabun yang mengandung deterjen, karena akan berpengaruh terhadap cat mobil.

Sebaiknya, pemilik mobil memilih shampoo khusus mobil yang tersedia di pasaran. Namun, apabila kesulitan mencari sabun khusus mobil, pakailah sabun yang tidak mengandung deterjen. Gunakan shampo dengan PH yang lebih rendah agar kondisi cat tetap terjaga.


Baca Juga : Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi


3.    Pakai Lap Microfiber

Apabila seluruh bagian mobil sudah dicuci dengan bersih, segera keringkan mobil. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengeringkan mobil adalah penggunaan lap dan teknik mengelap bodi. Gunakan lap mobil yang terbuat dari kulit agar air mudah terserap oleh lap.

Hindari penggunaan bahan katun, karena bahan katun dapat menyimpan partikel kecil yang nantinya akan menimbulkan baret. Untuk cara mengelapnya, usahakan mengelap searah dari atas ke bawah.

4.    Pilih Cover Mobil yang Berkualitas

Hindari penggunaan cover mobil sembarangan. Pemilik mobil disarankan menggunakan yang berkualitas, tahan panas, dan anti hujan. Cover dengan bahan yang buruk membuat membuat lembab akibat panas. Sehingga, cover mobil akan menempel pada body mobil. Oleh karena itu, pilihlah cover dengan kualitas yang bagus.

5.    Cuci Mobil di Waktu yang Tepat

Pemilik mobil disarankan untuk mencuci mobil pada pagi hari dan disarankan mesin dalam kondisi dingin. Terik matahari dapat berpengaruh buruk terhadap bodi mobil. Mencuci mobil dibawah paparan sinar matahari akan membuat cat mobil lebih cepat pudar. Pada saat mencuci mobil, pemilik mobil bisa menyemprotkan bagian yang kotor dengan air tawar.

6.    Pakai Wax

Salah satu cara membuat eksterior mobil tetap mengkilat adalah menggunakan teknik waxing. Teknik waxing adalah teknik melapisi cat mobil dengan bahan lilin. Untuk melakukan teknik ini, dibutuhkan wax, obat poles, busa, dan kain microfiber. Cukup ratakan wax pada bodi mobil dan pastikan bahwa bodi mobil sudah terlapisi. Bersihkan sisa wax menggunakan kain microfiber.


Lindungi Mobil Dari Terik Matahari

Lindungi Mobil Dari Terik Matahari


Baca Juga : Hati-Hati! Ini Efek Berbahaya Ban Mobil Kamu Kurang Angin


Untuk membuat cat mobil tetap kinclong dan tampil menawan, kamu harus melindunginya dari beberapa masalah yang berpotensi merusaknya. Berikut lima penyebab cat mobil kusam:

·         Air Hujan 

Di musim hujan seperti sekarang, tentu kita harus rajin-rajin membersihkan atau mencuci mobil kesayangan setelah diguyur hujan. Namun, suka atau tidak, nyatanya air tersebut juga bisa menjadi musuh utama bagi cat mobil Kamu sehingga membuatnya jadi kusam dan menimbulkan jamur.

Untuk mengatasinya, Kamu bisa mencuci mobil kesayangan di tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan bodi mobil yang basah.

·         Pakai Sembarangan Shampoo Mobil

Buat kamu yang kerap mencuci mobil tapi menggunakan shampoo yang bukan dibuat khusus untuk mobil, sebaiknya kurangi kebiasaan itu dari sekarang. Sebab, hal tersebut bisa membuat lapisan cat cepat menipis dan akhirnya akan terlihat kusam.

Tak berhenti sampai di situ. Saat memilih shampoo mobil, sebaiknya kamu juga memperhatikan kandungan potensial hidrogen (PH) pada shampoo tersebut. Usahakan angkanya jangan terlalu tinggi, sebab, kandungan PH yang tinggi bisa cepat merusak. Nah, kamu bisa memilih shampoo mobil dengan PH di bawah 10 untuk menjaga cat mobil.

·         Getah Pohon 

Memang, memarkirkan mobil di tempat yang terbuka sehingga terpapar sinar matahari langsung tidak baik. Namun, bukan berarti kamu bisa memarkirkan mobil di bawah pohon yang rindang. Yang mungkin tidak kamu ketahui adalah buah atau getah pohon yang jatuh bisa merusak dan nantinya membuat cat mobil kusam.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Mar 2022 | 19:10 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifeksteriorperawatanmobil