Mencuci Mobil dari Rumah Lebih Menyenangkan
Mencuci Mobil dari Rumah Lebih Menyenangkan

Begini Urutan Mencuci Mobil Agar Hasilnya Memuaskan

29 Sep 2023 | 23:42 WIB

Ketika Sahabat mencuci mobil kesayangan, ada bagian tertentu yang perlu diperhatikan. Bukan hanya membersihkan bagian bodi saja tapi terkadang juga bagian ruang bawah mobil juga perlu dibersihkan.


Sahabat pasti sudah mengetahui mencuci mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membuat tampilan eksterior mobil terlihat bersih. Kamu bisa memanfaatkan jasa cuci mobil berbayar, bahkan kamu juga bisa melakukan cuci mobil sendiri di rumah.


Ternyata mencuci mobil sendiri di rumah memiliki manfaat lho Sahabat! Dibandingkan dengan memanfaatkan jasa cuci mobil berbayar. Manfaat mencuci mobil sendiri antara lain mobil lebih terlindungi dari debu yang bisa menimbulkan baret, hingga menjaga nilai dari kendaraan itu sendiri.


Luangkan Waktu Untuk Mencuci Mobil dari Rumah

Luangkan Waktu Untuk Mencuci Mobil dari Rumah


Agar hasilnya memuaskan, ada urutan cara mencuci mobil yang bisa kamu lakukan dengan aman dan tepat. Nah, di bawah ini Sahabat bisa terapkan mencuci mobil kesayangan sendiri di rumah.


  • Cuci Area Bawah Mobil

Area bawah mobil yang berjarak terdekat dari lintasan seperti ban dan velg biasanya menjadi bagian terkotor mobil. Pada bagian ini, Sahabat dapat menggunakan pembersih ban atau cairan khusus yang memang diperuntukkan membersihkan ban dan velg.


Kemudian untuk memudahkan dan memastikan kotoran dapat terangkat, Sahabat dapat menggunakan sikat khusus. Apabila menggunakan sampo mobil, pastikan air dan busa yang telah dipakai untuk ban dan velg sebaiknya diganti atau tidak dipakai kembali untuk area kaca dan bodi mobil.


Gunakan Air Bersih Yang Mengalir

Gunakan Air Bersih Yang Mengalir


  • Basahi Bodi Mobil Dengan Air Bersih

Setelah bagian ban dan velg sudah bersih, langkah selanjutnya yang dapat Sahabat lakukan adalah menyemprot air bersih ke bodi mobil untuk menghilangkan kotoran-kotoran terlebih dahulu sebelum diberi sampo.


Cara menyemprotkan air yang baik yaitu dengan posisi menyamping dan menghindari semprotan langsung ke area yang memiliki lubang terbuka seperti grill atau lubang di bumper. Teknik tersebut bertujuan agar proses mencuci lebih aman untuk permukaan body atau komponen di balik lubang mobil tersebut.


Lakukan Cuci Mobil Secara Berkala

Lakukan Cuci Mobil Secara Rutin


  • Cuci Area Atap Mobil

Ketika Sahabat memulai mencuci mobil, pastikan menggunakan air, sampo dan spons atau kain microfiber yang berbeda dari bekas mencuci ban dan velg. Setelah itu, mulai dari bagian yang paling atas atau yang paling bersih.


Pastikan mencuci mobil dengan melakukan gerakan dari atas ke bawah, bukan dengan gerakan memutar. Pencucian dari atap mobil ini akan membuat air sabun turun ke bagian bawah yaitu kaca mobil depan, samping, dan belakang.


Cuci Kaca Mobil Dengan Hati-Hati

Cuci Kaca Mobil Dengan Hati-Hati


  • Area Kaca Spion dan Jendela Mobil

Setelah membersihkan atap mobil, bagian selanjutnya yang perlu Sahabat cuci adalah kaca seperti spion dan jendela. Kamu dapat membersihkan dengan menambahkan air dan sampo dengan menggunakan kain microfiber.


Pilih sampo khusus mencuci mobil yang sebaiknya memiliki kadar pH mendekati 7 dan memiliki kandungan silikon minimal 60 persen. Selain itu peralatan dan perlengkapan yang digunakan juga harus tepat dan berkualitas baik.


Gunakan Peralatan Cuci Mobil Yang Lembut

Gunakan Peralatan Cuci Mobil Yang Lembut


  • Area Bodi Mobil

Setelah menyelesaikan bagian kaca jendela, bersihkan bagian bodi mobil dari depan hingga belakang secara perlahan dengan gerakan atas ke bawah. Pastikan juga untuk mencuci lampu mobil yang berada di bagian depan maupun belakang mobil.


Hindari penggunaan peralatan mencuci berbahan kasar agar tidak menimbulkan goresan pada bodi mobil. Sahabat dapat memanfaatkan kuas untuk membersihkan bagian yang permukaannya sempit atau memiliki banyak lekukan.


  • Bilas Mobil dan Keringkan

Busa dari sampo yang masih menempel di mobil perlu dibilas secara keseluruhan dengan air bersih hingga tidak tersisa. Untuk menuntaskan cuci mobil di bagian eksterior, Sahabat dapat mengeringkan bodi mobil dengan kain microfiber yang lembut karena kain ini memiliki daya serap yang baik dan tidak meninggalkan goresan.


Cuci Semua Area Bodi Mobil

Cuci Semua Area Bodi Mobil


Lakukan pengeringan secara sempurna terutama pada bagian yang rentan muncul water spot seperti kaca depan, kaca jendela dan lampu. Kain microfiber yang lembut cocok untuk permukaan mobil dan kaca.


Dengan mengikuti urutan mencuci mobil yang tepat, Sahabat dapat memastikan bahwa kendaraan tetap bersih dan terawat dengan baik. Selain itu, mencuci mobil secara rutin juga akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Jadi, luangkan waktu untuk mencuci mobil kesayangan ya Sahabat.


Hati Tenang Jika Mobil Sudah Bersih

Hati Tenang Jika Mobil Sudah Bersih


Jika Sahabat ada keinginan mencuci mobil diluar rumah, www.Garasi.id sangat peduli untuk kebutuhan mobil kesayangan Sahabat, pilih layanan jasa servis terbaik dari Eksterior maupun Interior yang cocok sesuai area rumah kamu. Untuk mendapatkan informasi area yang tepat, kamu bisa tanyakan tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Ingat Sahabat, ini bukan tentang mobil yang kamu kendarai, ini tentang bagaimana cara kamu merawatnya. Selamat mencuci mobil kesayangan Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Okt 2023 | 00:08 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikcucimobilareabawahairbersihareaatapareakacaareabodiperawatanmobileksteriorinterior
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family