Menghemat BBM bisa Mengurangi Polusi Udara
Menghemat BBM bisa Mengurangi Polusi Udara

Beli BBM Lebih Hemat! Terapkan Cara Ini Sekarang!

05 Sep 2023 | 11:00 WIB

Mobil yang irit bensin adalah impian banyak orang, terutama di tengah harga bahan bakar yang terus naik. BBM menjadi biaya paling besar saat Sahabat memiliki mobil. Biayanya bisa mencapai 18-25% dari total pengeluaran untuk mobil setiap bulannya. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk melakukan perawatan yang tepat dan cara mengemudi yang tepat. 


Merawat mobil kesayangan agar irit BBM memang gampang-gampang susah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Sahabat perhatikan. Karena mobil yang boros BBM bisa menjadi sumber masalah, tidak hanya pengeluaran yang membengkak, suku cadang mobil pun bisa rusak terkena imbasnya. 


Pilih BBM Berkualitas Tinggi

Pilih BBM Berkualitas Tinggi


Nah Sahabat, banyak cara yang bisa dilakukan agar mobil kesayangan kamu tidak boros BBM. Kamu bisa terapkan rutin setiap hari agar pengeluaran untuk membeli BBM bulanan bisa lebih hemat. Begini caranya.


  • Periksa Kondisi Mesin Mobil

Cara menghemat BBM yang pertama adalah dengan selalu menjaga kondisi mesin mobil kesayangan Sahabat. Kondisi mesin mobil yang sudah tidak prima tentunya akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras. Akibatnya membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih dari biasanya.


Cara untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap prima adalah seperti melakukan servis secara berkala di bengkel mobil terpercaya sesuai dengan waktu atau jarak tempuh yang direkomendasikan. Selain hal tersebut sangat penting, kamu juga bisa menggunakan bahan bakar yang disarankan sesuai dengan kompresi mesin.


Gunakan Produk Oli Mobil Yang Asli

Gunakan Produk Oli Mobil Yang Asli


  • Ganti Oli Mobil Secara Berkala

Oli mobil yang sudah melewati masa pakai dampaknya akan langsung terasa pada mesin mobil. Jika dibiarkan semakin lama maka konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Karena mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya sehingga konsumsi bensin meningkat.


Sahabat bisa melakukan penggantian oli mobil secara rutin pada jarak dan waktu yang sudah direkomendasikan. Biasanya setiap 5.000/km atau 6 bulan sekali, dan pastikan  menggunakan oli yang asli.


  • Bersihkan Filter Udara

Filter udara ternyata juga dapat menjadi penyebab meningkatnya konsumsi BBM. Penyebabnya karena filter udara tersebut kotor dan tidak dirawat. Mesin akan bekerja lebih berat untuk menghisap udara bersih, akibatnya konsumsi bahan bakar mobil meningkat.


Disarankan Sahabat melakukan perawatan pada filter udara di bengkel mobil langgananmu. Saat melakukan service rutin biasanya filter udara dilakukan penggantian sesuai kondisinya.


Ganti Filter Udara Secara Berkala

Ganti Filter Udara Secara Berkala


  • Cek Tekanan Angin Ban Mobil

Cara menghemat bahan bakar mobil selanjutnya dengan menjaga tekanan angin ban mobil. Sangat penting Sahabat, untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban mobil secara berkala, baik untuk mobil yang digunakan secara rutin maupun tidak.


Hal tersebut karena jika kondisi tekanan angin berkurang, maka hal ini akan menyebabkan rolling resistance semakin besar dan membuat mesin mobil bekerja lebih berat dari sebelumnya. Mesin mobil yang bekerja lebih berat inilah yang menyebabkan penggunaan bahan bakar mobil semakin meningkat.


  • Gunakan AC Mobil Sewajarnya

Cara menghemat bahan bakar mobil yang berikutnya adalah dengan tidak menggunakan AC secara berlebihan. Saat AC dinyalakan, maka komponen sistem AC seperti kompressor akan mulai bekerja mengikuti putaran mesin.


Sebaiknya Sahabat lebih bijak dalam menggunakan AC mobil. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah seperti tidak menggunakan AC saat melewati rute perjalanan yang sejuk atau tidak menggunakan AC saat mobil melewati rute menanjak.


Perhatikan Sekitar Saat Membuka Kaca Mobil

Perhatikan Sekitar Saat Membuka Jendela Mobil


  • Tutup Jendela Mobil

Membuka jendela mobil saat berjalan akan membuat udara masuk ke kabin mobil sehingga memberikan tekanan pada mobil. Padahal mobil sudah didesain aerodinamis agar minim hambatan angin. Tujuannya agar tenaga bisa tersalurkan dengan sempurna tanpa adanya hambatan.


Jika Sahabat ingin membuka jendela saat mobil berjalan, usahakan menggunakan kecepatan rendah saja. Jika tidak, lebih baik gunakan AC untuk mendinginkan ruang kabin mobil. 


Beli BBM Lebih Hemat! Terapkan Cara Ini Sekarang!


Itulah Sahabat, beberapa cara menghemat BBM yang perlu diketahui. Kamu juga harus selalu menjaga kondisi mesin dan juga komponen lainnya dengan melakukan perawatan secara berkala. Kunjungi www.Garasi.id dan nikmati Promo Servis Berkala September Promo Melintir berikan diskon hingga 250ribu untuk jasa servis berkala buat mobil kesayangan kamu selalu dalam kondisi prima.


Syarat dan ketentuan berlaku. Jika ada kendala silahkan Sahabat hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Selamat servis berkala mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 05 Sep 2023 | 11:30 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgantiolibanmobilacmobilmesinmobilservisberkalaperawatanmobilsolusipuasberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family