modifikasi Mobil
Modifikasi Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

11 Agt 2018 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Seringkali, memilih mobil bekas menjadi salah satu kesulitan tersendiri bagi konsumen. Bukan hanya karena harus memperhatikan lebih teliti dibandingkan mobil baru, ada beberapa bagian yang mungkin sudah dibuang oleh pemilik lama. Apalagi ketika membeli mobil bekas modifikasi, tentu saja kita harus tahu bagian mana saja yang sudah dipermak sebelumnya.

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

Kekurangan mobil bekas modifikasi

Mobil modifikasi memang sudah merambah ke semua kalangan. Mulai dari modifikasi yang sederhana seperti bagian dasbor maupun lampu-lampu, hingga modifikasi ekstrem sampai mengubah bentuk bodi. Tujuannya tentu saja meningkatkan tampilan kualitas dari versi standar.

Meskipun begitu, terkadang membeli mobil bekas modifikasi tidak bisa sembarangan. Salah-salah, Sahabat bisa mendapatkan bagian yang rusak atau tidak bekerja dengan baik. Dalam banyak situasi, bagian aftermarket yang dirancang untuk membuat mobil menjadi lebih cepat dengan performa tinggi memberikan tekanan tambahan pada mesin.

Selain itu, kita tidak tahu apakah modifikator melakukan penambahan dan mempermak semua tampilan mobil di bengkel yang sudah bersertifikasi dan terpercaya, atau hanya melakukannya di rumah beserta peralatan modifikasi seadanya.

Banyak modifikasi yang tampak mudah, contohnya mengganti roda maupun jendela, sehingga sang pemilik tergoda untuk mengubahnya sendiri. Namun, tidak semua hal bisa dilakukan dengan sempurna, apalagi bisa dikerjakan tanpa pengalaman dan kemampuan yang memadai.

Bahkan, jika mobil tersebut dimodifikasi oleh profesional, Sahabat juga perlu memperhatikan dan mencari tahu nama toko yang melakukan perubahan. Sahabat bisa mencari secara online untuk mengetahui apakah bengkel tersebut memiliki reputasi yang baik.

Jika mobil tidak terlalu tua, garansi mungkin masih berlaku. Masalah yang ada pada mobil modifikasi adalah pembatalan garansi. Jika Sahabat  tetap ingin membeli mobil modifikasi tersebut, Sahabat bisa menanyakan apakah ada jaminan dari penjual tentang berapa lama komponen-komponen tersebut bisa bertahan, termasuk apa yang harus dilakukan untuk perawatannya.

Yang perlu diperhatikan

Untuk mobil yang mendapatkan modifikasi kosmetik, seperti perubahan pada bodi maupun komponen luar lain, periksa apakah perubahan dilakukan dengan merusak bodi. Misalnya melubangi bagasi untuk memberikan tempat bagi spoiler tambahan. Tapi untuk pengantian komponen seperti pelek maupun kap mesin, Sahabat bisa menanyakan apakah komponen asli masih disimpan.

Meskipun banyak yang mengagumi dan membeli mobil bekas modifikasi karena perubahan pada mesin, sebaiknya Sahabat urungkan niat. Seperti yang dijelaskan, perubahan pada mesin untuk menambah tenaga mobil akan memberatkan mobil. Hasilnya, mobil akan lebih mudah 'sakit' dibandingkan mobil standar. Karena itu, perhatikan sebaik-baiknya detail mobil sebelum Sahabat menetapkan pilihan.

Tapi bila Sahabat membeli mobil bekas di Garasi.id, Sahabat tidak usah khawatir. Krena mobil yang berada di Garasi.id mempunyai kualitas yang baik.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 11 Agt 2018 | 12:00 WIB
BAGIKAN