modifikasi Mobil
Modifikasi Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

21 Des 2019 | 14:01 WIB

Mobil bekas modifikasi adalah salah satu cara agar kendaraan yang dimiliki mendapat kesan berbeda dari kendaraan umumnya. Misalnya mobil bekas modifikasi bisa menimbulkan kesan elegan dan mewah. Secara nyata, kesan elegan dan mewah itu melekat pada mobil jenis limousin. Namun Sahabat Garasi pernah terfikir tidak bagaimana jika mobil bekas modifikasi ala limousin diterapkan pada Mini Cooper?

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

Hal inilah yang dilakukan Iyos pemilik mobil Mini Cooper Limousin. Ketika acara Indonesia 1st Mini Day yang digelar di MaxxBox Lippo Karawaci, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu, mobil bekas modifikasi miliknya ini menjadi salah satu yang banyak dilirik para tamu acara.

"Karena saya enggak mau ada dua, tiga atau empat unit, makanya dua mobil saya jadiin satu saja, jadi panjang biar unik saya bikin," kata Iyos seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Iyos mengatakan, pengerjaan mobil bekas modifikasi itu dilakukan di bengkel koleganya yang berlokasi di bilangan Casablanca, Jakarta Selatan. Waktu yang dibutuhkan untuk modifikasi mobil bekas itu sekitar enam bulan.

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

Adapun biaya yang dibutuhkan unrtuk mobil bekas modifikasi, Iyos mengaku menghabiskan dana mencapai sekitar Rp 100 juta. Jumlah ini belum termasuk untuk pembelian dua unit mobil Mini Cooper sebagai bahan dasar untuk modifikasi mobil bekas jadi limousin. Kamu juga bisa membaca Beginilah Si 'Mini' yang Bertenaga Turbo.

Untuk menambah kesan elegan, Iyos mengkelir mobilnya itu dengan warna putih. Pada bagian atap mobil bekas modifikasi itu pun dipasang dua sunroof, yakni pada kabin depan dan belakang. Pada mobil bekas modifikasi tersebut, untuk bagian dapur pacu disematkan mesin injeksi berkapasitas 1.300 cc.

Meskipun mobil bekas modifikasi tersebut sangat menawan, namun Iyos mengaku jarang menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. "Jalanan macet, sayang kalau dipakai sering-sering. Paling sekitar perumahan saja atau kalau ada event," ujarnya.

Nah bila berbicara mobil bekas modifikasi, Sahabat terfikir tidak? bagaimana bila Sahabat mendapatkan mobil bekas di modifikasi. Kira-kira beli mobil bekas modifikasi itu untung atau buntung ya? biar tidak bingung, Garasi.id akan mengulasnya. yuk disimak.

Beli mobil bekas modifikasi, untung atau buntung?

Seringkali, memilih mobil bekas menjadi salah satu kesulitan tersendiri bagi konsumen. Bukan hanya karena harus memperhatikan lebih teliti dibandingkan mobil baru, ada beberapa bagian yang mungkin sudah dibuang oleh pemilik lama. Apalagi ketika membeli mobil bekas modifikasi, tentu saja kita harus tahu bagian mana saja yang sudah dipermak sebelumnya.

Kekurangan mobil bekas modifikasi

Mobil bekas modifikasi memang sudah merambah ke semua kalangan. Mulai dari modifikasi yang sederhana seperti bagian dasbor maupun lampu-lampu, hingga modifikasi mobil ekstrem sampai mengubah bentuk bodi. Tujuannya tentu saja meningkatkan tampilan kualitas dari versi standar.

Meskipun begitu, terkadang membeli mobil bekas modifikasi tidak bisa sembarangan. Salah-salah, Sahabat bisa mendapatkan bagian yang rusak atau tidak bekerja dengan baik. Dalam banyak situasi, bagian aftermarket yang dirancang untuk membuat mobil bekas modifikasi menjadi lebih cepat dengan performa tinggi memberikan tekanan tambahan pada mesin.

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

Selain itu, kita tidak tahu apakah modifikator melakukan penambahan dan mempermak semua tampilan mobil di bengkel yang sudah bersertifikasi dan terpercaya, atau hanya melakukannya di rumah beserta peralatan modifikasi seadanya.

Banyak modifikasi yang tampak mudah, contohnya mengganti roda maupun jendela, sehingga sang pemilik tergoda untuk mengubahnya sendiri. Namun, tidak semua hal bisa dilakukan dengan sempurna, apalagi bisa dikerjakan tanpa pengalaman dan kemampuan yang memadai.

Bahkan, jika mobil tersebut dimodifikasi oleh profesional, Sahabat juga perlu memperhatikan dan mencari tahu nama toko yang melakukan perubahan. Sahabat bisa mencari secara online untuk mengetahui apakah bengkel tersebut memiliki reputasi yang baik.

Jika mobil bekas modifikasi tidak terlalu tua, garansi mungkin masih berlaku. Masalah yang ada pada mobil bekas modifikasi adalah pembatalan garansi. Jika Sahabat  tetap ingin membeli mobil bekas modifikasi tersebut, Sahabat bisa menanyakan apakah ada jaminan dari penjual tentang berapa lama komponen-komponen tersebut bisa bertahan, termasuk apa yang harus dilakukan untuk perawatan pada mobil bekas modifikasi.

Yang perlu diperhatikan

Untuk mobil bekas modifikasi kosmetik, seperti perubahan pada bodi maupun komponen luar lain, periksa apakah mobil bekas modifikasi perubahannya dilakukan dengan merusak bodi. Misalnya melubangi bagasi untuk memberikan tempat bagi spoiler tambahan. Tapi untuk pengantian komponen seperti pelek maupun kap mesin, Sahabat bisa menanyakan apakah komponen asli masih disimpan.

Meskipun banyak yang mengagumi dan membeli mobil bekas modifikasi karena perubahan pada mesin, sebaiknya Sahabat urungkan niat. Seperti yang dijelaskan, perubahan pada mesin untuk menambah tenaga mobil akan memberatkan mobil. Hasilnya, mobil akan lebih mudah 'sakit' dibandingkan mobil standar. Karena itu, perhatikan sebaik-baiknya detail mobil sebelum Sahabat menetapkan pilihan.

Tapi bila Sahabat membeli mobil bekas di Garasi.id, Sahabat tidak usah khawatir. Karena mobil yang berada di Garasi.id mempunyai kualitas yang baik. Dan Sahabat juga bisa mendapatkan promo menarik seperti Gaspol 12.12.

Promo Gaspol 12.12

Dalam rangka Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) dengan periode 1 Desember 2019 - 31 Januari 2020, Garasi.id akan memberikan kejutan untuk kamu yang menginginkan mobil used-car berkualitas istimewa. Garasi.id akan memberikan kejutan untuk kamu yang menginginkan mobil bekas berkualitas istimewa. Setiap pembelian satu unit mobil bekas koleksi Mobil Pilihan Garasi.id, kamu berhak mendapatkan BONUS Hadiah Senilai Rp. 5 Juta.

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

Apa itu Mobil Pilihan Garasi.id? Mobil Pilihan Garasi.id adalah mobil yang kondisinya sangat istimewa, mulai dari kilometernya yang rendah, usia mobil muda dan tentunya sudah lulus tahap inspeksi di 170 titik pengecekan.

Selain itu, khusus pembelian Mobil Pilihan menggunakan BCA Syariah, kamu akan mendapatkan hadiah tambahan, yaitu Voucher Jasa Servis senilai Rp. 1.000.000,-.

Jadi dengan begitu Sahabat bisa dengan tenang membeli mobil bekas di Garasi.id.

Beli Mobil Bekas Modifikasi, Untung Atau Buntung?

Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan mobil, Selama Promo GASPOL (Garasi.id Promo Online) kamu akan mendapatkan diskon sebesar 12% setiap pembelian Promo Jasa dan Servis dengan total potongan hingga Rp. 500.000,-. Mulai dari penggantian oli, spooring balancing, tune up atau perawatan mobil dengan jasa coating dan detailing, pemasangan kaca film, pelapisan jok, hingga cuci mobil bisa kamu dapatkan di Garasi.id.

Itulah tips beli mobil bekas ala Garasi.id yang wajib di coba. Untuk info lebih lanjut, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 04:08 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinemodifikasigarasiidotomotif