Garasi.id
Busi Kotor Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas Temukan Busi Kotor? Jangan Gunakan Amplas

05 Jan 2019 | 12:56 WIB

Sebelum memilih mobil bekas, pastikan harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ya, tentu hal ini agar tidak menyesal diakhirnya. Nah setelah memilih mobil bekas yang tampilan oke, mesin oke namun ditemukan businya kotorjangan panik ada langkah agar busi kembali ke performa terbaik.

Tapi tentunya pastikan mobil belum berjalan hingga 20.000 km setelah penggantian oli terakhir ya.

Beli Mobil Bekas Temukan Busi Kotor? Jangan Gunakan Amplas

Baca juga: Busi Biasa dan Iridium, Mana Yang Lebih 'Tahan Lama'

Lalu bagaiman cara membersihkan busi yang kotor yang baik dan tepat ya? Hmm, kalau ada yang mengatakan membersihkan busi menggunakan amplas, mulai hari ini jangan lakukan itu lagi ya Sahabat Garasi. Karena hal itu jelas tidak direkomendasi untuk dilakukan.

Tentu hal ini bukan tanpa alasan, karena membersihkan busi dengan cara mengamplas. Itu bisa membuat bagian busi terkikis, dan membuat pengapian bisa menjadi lebih renggang. 

Lebih jelasnya, setelah diamplas, itu bisa mengurangi diameter elektroda-nya atau bisa menghaluskan permukaan elektroda-nya saja Sahabat Garasi. Ini bisa membuat jarak antara elektroda positif dan negatif dan bisa mengubahnya.

Hasilnya ini bisa mempengaruhi mesin, karena kalau ada kerengangan busi lebih, ini saat mobil berjalan di kecepatan rendah itu bisa membuat pengapian menjadi kurang bagus. Sedangkan di kecepatan itu membutuhkan tegangan lebih tinggi.

Jadi buat Sahabat Garasi yang ingin membersihkan busi setelah memilih mobil bekas, tidak direkomendasikan untuk membersihkan busi pakai amplas ya. Tapi bisa membersihkannya menggunakan cleaner pembersih tertentu. Terlebih busi itu memang harus benar-benar diganti bukan untuk di benarkan kembali.


Foto: Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 13:59 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline