Pelajari dan Perhatikan Saat Melakukan Parkir Mobil Pararel
Pelajari dan Perhatikan Saat Melakukan Parkir Mobil Pararel

Belum Banyak Yang Tahu! Cara Parkir Paralel Yang Benar Bagi Pemula

14 Jun 2023 | 10:00 WIB

Mengendarai mobil bukanlah perkara yang mudah dilakukan, karena ada teknik yang harus dikuasai. Sahabat tidak sekedar maju dan mundurkan mobil saja, namun juga harus memahami kinerja sebuah mobil dengan baik, seperti ketika harus parkir paralel. Banyak pengemudi mobil yang masih belum menguasai teknik parkir kendaraan yang baik dan benar.


Hal ini bukanlah hal yang bisa dianggap remeh dan mudah. Untuk melakukannya tidak hanya sekedar kemampuan berkendara yang mumpuni, tetapi juga harus memiliki feeling yang kuat apalagi jika ingin memarkirkan mobil dengan cara paralel. Meskipun jaman sekarang sudah banyak mobil yang menggunakan sensor dan kamera parkir yang lengkap untuk parkir, namun tetap saja parkir harus dilakukan dengan hati-hati.


Terdapat beberapa langkah cara parkir paralel yang harus dimengerti oleh Sahabat. Hal tersebut cukup sulit khususnya bagi kamu yang masih pemula, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Teknik ini wajib dikuasai karena seringkali kita menghadapi situasi yang mengharuskan kita melakukan parkir paralel. 


Waspada Kondisi Area Sekitar Parkir Mobil

Waspada Kondisi Area Sekitar Parkir Mobil


Bagi Sahabat yang belum terbiasa melakukan parkir paralel. Berikut adalah tipsnya agar aman. Namun, dengan membaca tips ini saja tidak cukup, kamu harus banyak berlatih agar semakin mahir. Lalu, bagaimana caranya? Ayo Sahabat simak langkah langkahnya.


Pilih Tempat yang Sesuai

Cari tempat untuk parkir yang sekiranya cukup untuk kendaraan Sahabat. Setelah kamu bisa memarkir paralel dengan lebih baik, Kamu akan mampu memarkir di tempat yang lebih sempit. Disarankan sebaiknya mulai belajar di tempat dengan ruang yang luas karena akan terlalu beresiko apabila langsung memarkirkan mobil di ruang sempit.


Pilih Lahan Parkir Yang Masih Kosong

Pilih Lahan Parkir Yang Masih Kosong


Pilih Tempat Parkir

Perhatikan rambu-rambu di sekitar area parkir dan pastikan tidak ada larangan parkir di area tersebut. Tapi, ada beberapa tips tambahan lain, yaitu :


  • Pastikan tidak ada yang menempel pada kedua ujung masing-masing kendaraan yang akan diparkir, misalnya penghalang trailer. Jika ada, pastikan ada cukup ruang untuk parkir sesuai lokasi tersebut.


  • Perhatikan tinggi trotoar di samping lokasi parkir tersebut. Jika sangat tinggi, hati-hati jangan sampai menabraknya.


Hidupkan Lampu Sein Atau Hazard Untuk Mundur

Perhatikan spion dan pastikan tidak ada kendaraan lain dibelakang Sahabat. Rem pelan-pelan atau lepaskan kopling pelan. Nyalakan lampu sein lalu berhentilah di samping mobil yang parkir di depan lokasi parkir yang kamu tuju. Ambil jarak aman sekitar 1 meter antara mobil kamu dan mobil yang sedang parkir tersebut.


Belum Banyak Yang Tahu! Cara Parkir Paralel Yang Benar Bagi Pemula

Hati-Hati Dalam Membelokkan Setir Mobil


Manuver Menuju Lokasi Parkir

Langkah dan cara parkir paralel selanjutnya adalah mulai Mundur. Mundurkan mobil Sahabat. Pastikan jalan di belakang sudah aman. Menolehlah dan lihat ke arah lokasi parkir. Setelah bagian belakang jok kamu sejajar dengan bagian belakang mobil di sebelah kamu, putar setir dengan cepat dan arahkan mobil kamu sehingga posisinya 45 derajat saat masuk ke lokasi parkir.​​​​​​​


Mundur Lurus Perlahan 

Mundurlah terus ke sudut sampai roda belakang yang paling dekat dengan trotoar jaraknya sekitar 30 cm dari trotoar.


Luruskan Mobil Saat Sudah Masuk Dalam Lokasi Parkir

Putar setir kembali ke arah jalan setelah bagian belakang mobil Sahabat sebagian besar sudah masuk ke lokasi parkir, dan sambil mundur pelan-pelan


Belum Banyak Yang Tahu! Cara Parkir Paralel Yang Benar Bagi Pemula

Tetap Tenang Saat Memarkir Mobil


Sesuaikan Posisi Mobil 

Jika lokasi lebih sempit, mengatur posisi mobil akan lebih menantang, dan bagian ujung depan mobil Sahabat mungkin lebih jauh daripada trotoar daripada yang kamu perkirakan.


Buka Pintu Pelan-Pelan

Hati-hati sebelum membuka pintu dan pastikan tidak menabrak trotoar. Selain itu, kamu selalu mengecek kalau ada pengendara lain dari belakang yang akan lewat, dan lokasi parkir paralel terutama resikonya adalah pengendara sepeda motor maupun pejalan kaki, karena Sahabat bisa saja membuka pintu mobil di jalur umum.


Belum Banyak Yang Tahu! Cara Parkir Paralel Yang Benar Bagi Pemula


Kurang lebih seperti itu langkah-langkah parkir paralel yang benar bagi pemula, semoga bermanfaat untuk Sahabat. Pada intinya, kamu harus sering berlatih. Selain itu Sahabat juga bisa dapatkan informasi dari Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate terbaik lainnya.


Tidak hanya itu, kamu wajib melakukan pengecekan mobil kesayanganmu agar tetap dalam performa yang baik. Sahabat bisa kunjungi website resmi www.Garasi.id. Nikmati potongan harga untuk jasa servis yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Informasi lengkap kamu bisa hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id.


Selamat berlatih dan tetap lakukan perawatan mobil kesayanganmu Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 14 Jun 2023 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

ragamotomotifsetirmobilparkirmobilparkirpararelservismobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family