Temukan solusi yang tepat untuk perawatan mobil hanya di toko Garasi.id
Penggantian oli mesin harus sesuai dengan nilai viskositas atau tingkat kekentalan yang dianjurkan

Benarkah Sering Mengganti Merek Oli Berbahaya ?

23 Jun 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN

Penggantian oli mesin secara berkala merupakan kewajiban pemilik mobil. Biasanya mengganti oli ada waktu tertentu tergantung pemakaian dan daya tahan oli tersebut. Kenapa Sahabat diwajibkan untuk rajin dalam melakukan penggantian oli mesin? Oli yang mengalir di mesin memiliki batas pemakaian, tidak selamanya kondisi oli tersebut baik, kondisi oli dalam mesin semakin lama akan semakin kotor karena ada ada sisa residu dari ruang pembakaran. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan wajib mengganti oli secara berkala untuk menjaga usia mesin kendaraan kamu.

Berbicara mengenai penggantian oli mesin, ada beberapa mitos yang sangat umum di masyarakat, yaitu "Jangan mengganti oli mobil yang berbeda merek terlalu sering". Berbagai macam alasan dan pendapat juga timbul karena mitos tersebut seperti, seringnya menggonta-ganti merek oli akan berakibat mesin cepat rusak, cepat panas (overheat), menurunkan tenaga mesin dan efek lainnya. Jika boleh berpendapat, mitos tersebut bisa dikatakan tidak benar. 


Baca juga: Ganti oli jangan bergantung pada bulan atau kilometer saja


Jenis dan merek oli yang dijual dipasaran cukup beraneka ragam, mulai dari oli sintetik, semi sintetik hingga oli mineral. Kekentalan oli juga bermacam-macam juga loh Sahabat, tergantung jenis dan mesin kendaraan kamu. Seperti yang dilansir di Gridoto, penggantian oli berbeda merek sah-sah saja, dengan catatan nilai viskositas atau kekentalan oli masih sesuai dengan rekomendasi pabrikan. 

Jadi melakukan penggantian oli dengan merek yang berbeda tidak apa-apa, asalkan kekentalan dari oli-nya sesuai dengan pabrikan. Tapi, agar lebih optimal saat mengganti oli mobil berbeda merk, alangkah baiknya kamu melakukan flushing atau pembersihan oli lama dengan oli baru. 

Caranya cukup mudah namun sedikit menguras kantong, yaitu dengan mengganti oli lama dengan oli merek baru kemudian hidupkan mesin sebentar sehingga oli baru dapat mencapai seluruh bagian mesin. Setelah itu buang oli tersebut dan masukkan lagi oli yang baru agar memastikan oli lama sudah bersih sehingga mengurangi resiko efek buruk yang ditimbulkan.

Benarkah Sering Mengganti Merek Oli Berbahaya ?

Baca juga: Efek buruk jika sahabat lupa ganti filter oli


Namun mungkin masih banyak dari Sahabat Garasi yang bingung untuk menentukan bengkel mana yang tepat untuk memanjakan mobil kesayangan. Berangkat dari hal tersebut, hadir sebagai solusi situs jual beli mobil bekas online terpercaya, Garasi.id terus berevolusi melengkapi fitur-fitur pelayanan guna melengkapi kebutuhan otomotif konsumen. Tidak hanya sebagai situs jual beli online, Garasi.id juga memiliki layanan Toko Garasi.id yang menawarkan jasa dan perawatan untuk mobil kesayangan Sahabat. 

Di Toko Garasi.id Sahabat bisa berbelanja kebutuhan otomotif Sahabat mulai dari Perawatan Mobil, Perawatan Ban, Ganti Oli, Perawatan Mesin, dan aksesoris kendaraan dari koleksi Blibli.com.

Semua kebutuhan yang disebutkan diatas bisa Sahabat dapatkan lewat Toko Garasi.id. Berbelanja kebutuhan otomotif di Toko Garasi.id Sahabat tidak perlu khawatir karena jasa dan perawatan yang ada dilakukan oleh para montir yang ahli.

Bekerjasama dengan bengkel-bengkel ternama, dengan jaringan lokasi yang luas diharapkan bisa memudahkan Sahabat mendapatkan solusi tepat melakukan perawatan kendaraan kesayangan agar tetap baik mulai dari sisi interior, eksterior, mesin, kaki-kaki, dll. 

Nah bagaimana Sahabat? menarik bukan berbelanja di Toko Garasi.id, jadi mulai sekarang tidak perlu lagi khawatir untuk merawat mobil kesayangan ya.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 23 Jun 2019 | 12:00 WIB
BAGIKAN