Toko Garasi.id
Perawatan Mobil

Bepergian Jauh Dengan Kendaraan Pribadi, Kamu Bisa Cicil Lakukan Ini

02 Mei 2019 | 16:49 WIB
BAGIKAN

Melakukan perawatan mobil selalu di gadang-gadang sebagai hal yang wajib dilakukan ketika memiliki kendaraan. Apalagi bila kendaraan yang Sahabat miliki merupakan mobil bekas, atau mobil yang sudah cukup berumur tua. Servis berkala atau perawatan rutin menjadi hal penting karena bertujuan untuk menjaga kondisi mobil yang selalu prima ketika hendak dipakai bepergian baik dengan jarak tempuh dekat maupun jauh.

Bepergian Jauh Dengan Kendaraan Pribadi, Kamu Bisa Cicil Lakukan Ini

Sempat dibahas pada artikel sebelumnya Punya Mobil Jangan Cuma Dikendarai, Kamu Perlu Lakukan Ini, Sahabat yang berencana lebaran tahun ini pulang ke kampung halaman sangatlah perlu melakukan cek menyeluruh pada mobil kesayangan Sahabat agar pada saat mudik kendaraan Sahabat tidak mengalami kerusakan. 

Baca juga: Punya Mobil Jangan Cuma Dikendarai, Kamu Perlu Lakukan Ini

Perawatan Mobil Meliputi

Mobil yang dipakai untuk mudik biasanya akan mengalami perjalanan jauh yang identik dengan macet, sehingga mobil yang biasanya di hidupkan sekitar 8-10 jam sehari bisa menjadi 20-24 jam.

Hal ini menyebabkan mesin dan komponen mobil di paksa ke tahap maksimal, terbayang kan apa yang akan terjadi ketika salah satu komponen mobil anda rusak ketika ditengah jalan waktu mudik. Selain dapat menyebabkan kematian pastinya kerusakan sekecil apapun akan membuat prosesi mudik anda menjadi terganggu. Maka dari itu perawatan secara menyeluruh sangat penting!

Beberapa poin penting dalam pengecekan mobil adalah:

1. Ban

  • Lakukan pengecekan untuk alur ban, dan kebocoran
  • Tekanan angin yang sesuai, biasanya terdapat sticker rekomendasi di pintu driver
  • Lakukan spooring dan balancing jika perlu
  • Lakukan rotasi ban jika perlu
  • Ban cadangan harus dalam keadaan optimal
  • Untuk pencegahan kita dapat mengisi cairan penambal otomatis di setiap ban yang dapat dibeli di toko otomotif.

2. Rem

  • Pengecekan Oli rem untuk jumlah oli dan kelayakan pakai olinya
  • Pengecekan kampas rem, hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli

3. Suspensi

  • Pengecekan untuk kebocoran damper
  • Pengecekan dudukan karet suspensi

4. Oli mesin

Oli harus diganti dengan oli yang berkualitas tinggi dan yang tahan panas, karena kondisi mudik macet otomatis mesin akan menjadi lebih panas, oli yang berkualitas rendah akan lebih mudah menguap dan rusak kadar olinya. Banyak Video online yang menjelaskan perbandingan antara oli berkualitas dengan oli biasa.

Bepergian Jauh Dengan Kendaraan Pribadi, Kamu Bisa Cicil Lakukan Ini

5. Coolant (air radiator)

Pengalaman mudik sebelumnya banyak kita melihat mobil-mobil di pinggir jalan dengan kap mesin terbuka dan uap panas keluar dari mesinnya, itu biasanya disebabkan karena mesin over heating, sehingga tekanan di dalam radiator meningkat sampai akhirnya ada part yang jebol. 

Bepergian Jauh Dengan Kendaraan Pribadi, Kamu Bisa Cicil Lakukan Ini

Penyebab utama overheating adalah air radiator yang diisi dengan air biasa (air kondensasi AC) hal ini tidak akan menjadi masalah ketika mobil berjalan, tetapi ketika kena macet parah air tersebut tidak akan cukup untuk mendinginkan mesin dengan cepat. Faktor kedua adalah motor fan yang rusak, kerusakan di motor fan belum tentu motor fannya mati total, terkadang kipasnya masih berjalan tetapi sudah pelan, sehingga angin yang didorong kurang kencang. Pastikan sistem pendingin dicek tuntas sebelum mudik dan jika mobil Sahabat masih memakai air biasa untuk mendinginkan maka ganti segera dengan coolant sebelum hal ini dapat menyusahkan anda ketika mudik.

6. Tune Up

Tune up untuk mobil modern lebih ke proses pembersihan sistem pembakaran mobil anda baik diesel maupun bensin keduanya membutuhkan tune up secara berkala, tune up dapat mengembalikan tenaga mesin yang hilang karena pembakaran yang tidak efisien, menghilangkan mengelitik pada mesin bensin, dan mengurangi asap hitam pada mesin diesel. Sehingga ketika mudik konsumsi bbm mobil Sahabat tidak berlebihan.

7. Busi

Busi di mesin bensin harus dicek dan diganti ketika sudah tidak layak pakai.

8. Filter udara dan filter bensin/solar

Semua filter sebaiknya diganti (bila perlu) untuk memastikan perjalanan mudik yang mulus.

9. Aki/accu

Aki sebaiknya diperiksa ke bengkel yang memiliki battrey tester, karena hanya dengan battery tester kita dapat mendapatkan persentase battrey life yang akurat, sebaiknya untuk perjalanan jauh aki dibawah 50% diganti dengan yang baru.

10. Air Conditioning /AC

AC Merupakan kebutuhan pokok saat mudik, ketika terjebak kemacetan anda tidak mau keluargan anda ikut kepanasan. Pada dasarnya AC mobil harus di cek oleh bengkel yang berpengalaman. AC mobil harus dingin maksimal dan tekanan freon harus normal, hembusan angin blower juga maximal dan tidak memiliki bau. Freon harus R134a (untuk mobil baru) murni dan tidak terkontaminasi karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Filter AC harus bersih bebas debu dan jamur. Evaporator juga perlu dibersihkan untuk mendapatkan dingin yang maksimal.

Bepergian Jauh Dengan Kendaraan Pribadi, Kamu Bisa Cicil Lakukan Ini

Melakukan servis di bengkel juga tidak bisa sembarangan Sahabat. Untuk itu Sahabat perlu lebih teliti sebelum mempercayai perawatan mobil Sahabat ke bengkel yang hendak dipilih. 

Sebagai saran perawatan mobil kesayangan Sahabat, Toko Garasi.id bisa jadi salah satu solusi buat Sahabat yang bingung menentukan perawatan mobil Sahabat jelang pergi mudik saat lebaran nanti. Di Toko Garasi.id Sahabat bisa membeli berbagai jenis paket perawatan mobil mulai dari bagian interior hingga bagian eksterior. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 02 Mei 2019 | 16:49 WIB
BAGIKAN