Suspensi mobil
Harga perbaikan suspensi mobil berbeda

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

22 Jan 2021 | 15:00 WIB

Modifikasi kaki-kaki seperti mengubah suspensi m0bil memang kerap dipilih, demi mendapatkan kenyamanan serta tampilan yang lebih oke. Hal ini wajar saja tentunya Sahabat Garasi, karena tampil keren juga syarat wajib pecinta modifikasi. Memilih modifikasi kaki-kaki dengan mengubah suspensi mobil menggunakan Air Suspension, memang menjadi langkah paling tepat agar mendapatkan hasil maksimal. Memang dana yang dikeluarkan cukup besar, namun kepuasan menjadi poin utamanya. Tapi sebenarnya apa sih enaknya menggunakan Air Suspension?

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Sebenarnya enaknya memilih air suspension itu memiliki berbagai keuntungan. Pertama sudah pasti Air Suspension memiliki kepraktisan dalam mengoperasikannya. Sahabat Garasi cukup dengan menekan tombol pada indikator, maka secara otomatis suspensi mobil akan berubah menjadi lebih ceper tanpa harus keluar dari mobil.

Keuntungan kedua, kapan saja Sahabat Garasi ingin tampilan atau mengubah kendaraan Sahabat Garasi menjadi lebih keren, tanpa membuang waktu banyak tampilan keren modifikasi suspensi mobil ceper Sahabat Garasi akan terwujud.

Namun sebagai catatan, menggunakan air suspension ini hanya diperuntukkan agar tampilan suspensi mobil Sahabat Garasi lebih keren bukan untuk balapan. Karena air suspension memang tidak diperuntukkan untuk balapan.

Tentu Air Suspension juga memiliki kekurangan. Dikhawatirkan air suspension tidak akan bisa bertahan lama. Karena penyakit air suspension itu terletak pada karet yang dibawanya. Seperti contoh di saat berkendara dengan cepat, lalu bertemu dengan lobang. Dikhawatirkan ini bisa merusak komponen karetnya, karena karet ini bisa pecah.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Kekurangan air suspension lainnya ialah, disaat ada kerusakan pada Air suspension, dijamin Sahabat Garasi akan mengeluarkan dana untuk memperbaikinya. Bahkan satu piece itu bisa memiliki harga hingga puluhan juta rupiah.

Biaya perbaikan suspensi mobil

Kaki-kaki mobil seperti suspensi mobil adalah salah satu hal yang tidak boleh disepelekan Sahabat Garasi, karena suspensi mobili bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Jika pahitnya terjadi permasalahan sudah pasti Sahabat Garasi harus menyediakan dana agar kondisi suspensi mobil kembali oke saat melaju di jalanan.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Namun sebelum mengetahui biaya perawatan Suspensi mobil, ada baiknya Sahabat mengetahui bagian Suspensi mobil apa saja yang perlu di rawat agar terus aman dan nyaman. 

4 Bagian Kaki-Kaki Yang Wajib Dicek

kaki-kaki seperti suspensi mobil wajib dilakukan pemeriksaan lantaran bagian ini mendapatkan tekanan dari mobil paling besar. Pasalnya, perfoma suspensi mobil sangat berhubungan dengan aspek kenyamanan dan keselamatan ketika mengemudi. Jika suspensi mobil terjadi kerusakan, maka bagian komponen lain bukan tak mungkin akan turut berdampak.

Nah, mau tahu bagian suspensi mobil mana saja yang wajib diperiksa atau dirawat, berikut bagiannya :

1. Shockbreaker

Shockbreaker berfungsi untuk meredam segala guncangan yang terjadi akibat jalanan yang tidak rata, jalanan berlubang dan kondisi jalan lainnya.

Shockbreaker sendiri terbuat dari bahan baja anti karat sehingga memiliki daya tahan yang amat tinggi.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau terlalu sering digunakan, daya redam shockbreaker akan menurun. Dengan begitu, maka saat dikendarai mobil Sahabat akan terasa limbung. Kondisi ini akan semakin terasa saat menggunakan mobil untuk melaju dengan kecepatan tinggi.

Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan bagian ini adalah dengan memperhatikan secara saksama apakah ada suara bising saat mobil melaju. Cara lain adalah dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan lurus. Jika mobil terasa limbung maka sudah waktunya Sahabat untuk mengganti shockbreaker mobil.

2. Bushing Arm

Bushing arm adalah bagian kaki-kaki mobil yang fungsinya adalah sebagai titik tumpu roda dan lengan pencengkeram roda. Komponen ini berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet. Alat ini juga bertanggung jawab untuk meredam getaran yang terjadi pada sambungan antar komponen suspensi pada bagian kaki-kaki mobil.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Jika bushing arm mengalami kerusakan maka kondisi mobil tidak akan nyaman untuk dikendarai. Selain itu, suara bisingnya turut membuat berkendara menjadi tidak nyaman. Cara mudah mendeteksi kerusakan ini adalah dengan mengamati arah laju mobil yang dikendarai. Jika terasa melenceng ke arah kanan atau kiri maka bushing arm mobil Sahabat harus segera diperbaiki.

3. Bearing

Bagian terpenting dari kaki-kaki mobil yang berikutnya adalah bearing. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang bertugas untuk menjadi bantalan di roda sehingga sangat mempengaruhi putaran roda. Bearing juga memberi pengaruh terhadap kestabilan laju mobil.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Cara mendeteksi kerusakan mobil ini adalah dengan memerhatikan putaran roda satu per satu. Dongkrak ban mobil Sahabat satu per satu dan putarlah secara manual. Jika terasa ada suara gemuruh atau bising berarti bearing mobil Sahabat mengalami masalah. Atasi hal ini dengan segera mengganti bearing mobil Sahabat dengan yang baru.

4. Ban

Saat berbicara mengenai kaki-kaki mobil maka tak akan bisa lepas dari ban. Setelah melakukan perjalanan panjang biasanya satu bagian mobil yang paling terasa dampaknya adalah ban mobil. Hal ini dikarenakan ban lah yang mendapatkan gesekan langsung dari aspal dan ban lah yang bekerja paling keras dalam setiap perjalanan.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Oleh karena itu, perawatan ban sangatlah penting untuk dilakukan bagi setiap pemilik mobil. Cara termudah untuk merawat ban adalah dengan melakukan rotasi ban. Rotasi ban adalah cara paling aman untuk menjaga keawetan dan kenyamanan ban mobil Sahabat. Kamu juga bisa membaca Spooring dan Balancing Mobil, Kapan, Mengapa, dan Bagaimana Cara Bekerjanya

Bila semua bagian Kaki-kaki diatas Sahabat rawat, kendaraan pun akan menjadi aman. Namun yang menjadi masalah adalah bila Sahabat mengabaikan perawatannya, Sahabat sudah harus siap untuk biaya perbaikannya.Biaya untuk mengganti itu tergantung dari mobil yang Sahabat Garasi gunakan. Karena setiap pabrikan dari Jepang, Eropa dan Amerika Serikat itu memiliki harga yang berbeda-beda.

Biaya Perbaikan Suspensi Mobil Tiap Negara Berbeda

Kalau di mobil Jepang rata-rata Sahabat Garasi harus mengeluarkan kocek hingga Rp 1,2 juta - 1,3 jutaan. Kalau Eropa biasanya sedikit lebih mahal mencapai Rp 1,5 - 1,6 jutaan. Harga ini diberikan dari yang kerusakan ringan sampai paling parah. Namun harga itu diluar dari biaya kerusakan busing dan shockbraker. Harga segitu hanya mencakup untuk kerusakan tie rod, long tie rod, dan ball joint.

Bisa Bikin Keren, Modifikasi Suspensi Mobil Ada Dampaknya Juga Lho

Sedangkan untuk mobil Eropa biaya yang dibutuhkan memang sedikit lebih mahal dan tergantung dari kerusakannya, biayanya bisa mencapai Rp 3 - 4 jutaan. nah disaat Sahabat Garasi memilih untuk melakukan perbaikan per titik pada bagian kaki-kaki, harga beragam biasanya juga ditawarkan bengkel kaki-kaki.

Biasanya untuk perbaikan per titik itu bisa mencapai Rp 150 - 250 ribuan untuk mobil Jepang, jika kerusakan terdapat di Tie Rod dan Long Tie Rod. Kalau rusaknya terdapat pada Ball Joint atau sayapnya, Sahabat Garasi biasanya akan kena biaya Rp 200 ribu per titik baik untuk mobil Jepang atau Eropa.

Itulah bagian kaki-kaki yang perlu di rawat dan biaya perbaikannya yang perlu Sahabat ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 22 Jan 2021 | 15:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilbarubekaskakikakihargaperbaikanberbedanegaraindonesiajermanjepangeropakorea
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family