Jenis Pelek Mobil
Pelek Mobil

Berniat Modifikasi Pelek Mobil? Kenali Dulu Jenis Dan Kurang Lebihnya

21 Feb 2019 | 14:13 WIB

Buat Sahabat yang sudah memilih kendaraan baik itu kendaraan bekas atau baru, mengganti pelek agar lebih keren itu bukan hal yang salah. Tapi sebelum melakukan pergantian, harus diketahui terlebih dahulu jenis-jenis pelek yang ada di pasaran saat ini.

Sebagai kaki kendaraan, sebuah pelek dituntut kuat dalam menjaga beban kendaraan tanpa bengkok dan lentur. Jika kita lihat mobil-mobil dijalan maka kita akan melihat berbagai model pelek, dan uniknya tiap jenis mobil juga memiliki jenis rims yang beda.

Memang pelek mobil itu ada macamnya, tujuan pengelompokan ini yakni agar bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Sahabat harus mengetahui ulasanya dibawah ini.


Berniat Modifikasi Pelek Mobil? Kenali Dulu Jenis Dan Kurang Lebihnya

Lalu apa saja jenis pelek mobil?

1. Iron Cast Wheel

Mungkin pada sepeda motor kita pernah mendengar kata CW. Dua kata itu berasal dari Cast wheel yang artinya pelek cetak. Model ini juga sering disebut sebagai pelek racing karena memang kendaraan-kendaraan racing menggunakan pelek dengan model seperti ini.

Cast iron wheel terbuat dari besi cair yang dituangkan kedalam cetakan. Pada mobil, pelek jenis ini dikenal kuat dan anti bengkok sehingga banyak digunakan pada kendaraan berlabel SUV.

Selain kekuatannya, pelek Casting juga lebih stylish. Karena model cetakan dibuat dengan gaya serta desain yang cukup ciamik, itulah mengapa jenis pelek ini sudah menjadi standar pelek kendaraan di Indonesia.

2. Alloy wheel

Untuk jenis Alloy wheel, juga sama sebenarnya dengan tipe pelek pertama. Proses pembentukannya juga menggunakan metode casting. Namun perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan.

Cast iron wheel dibuat dari bahan dasar besi sehingga kuat namun berat, sementara Alloy wheel terbuat dari campuran alumium dan logam lain. Sehingga lebih ringan namun tetap kuat.

Kelebihan lain dari alloy wheel juga terletak pada fisiknya yang lebih mengkilap dibandingkan iron wheel. Karena ringan, model ini sering digunakan pada mobil-mobil MPV atau sedan.

Namun, kelemahan dari velg jenis casting wheel ini yakni ketika terjadi bengkok maka akan sangat tidak nyaman. Karena beda dengan spoke wheel yang bisa distel, velg jenis ini harus dipress saat akan meluruskan kembali.

Baca juga: Mau Ganti Pelek Lebih Lebar? Boleh Hal Itu Tidak Haram

3. Spoke wheel

Pelek ini, dikenal dan populer sejak dulu. Spoke wheel atau SW adalah tipe rims jari-jari. Pasti Sahabat semua tahu seperti apa bentuk pelek ini.

Dilihat dari bentuknya memang cukup unik, karena terdiri dari rangkaian rangka baja yang disusun dengan sudut tertentu. Namun jangan salah karena tipe ini tergolong kuat dan nyaman saat dikendarai.

Karena terbuat dari rangka baja maka saat melewati jalanan yang tidak rata pelek ini bisa menimbulkan efek yang empuk meski tidak besar.

4. Pelek Press Kaleng

Terakhir, Sahabat akan menemui jenis velg ini pada mobil-mobil niaga seperti pick-up atau truk. Jenis velg kaleng memang sudah populer pada mobil sejak dulu. Pelek ini memiliki bentuk rata dan hanya meninggalkan lubang-lubang kecil di permukaan rims sebagai ventilasi.

Teknik pembentukan jenis rim ini yakni dengan sistem press, dimana sebuah besi atau baja lempengan di press menggunakan cetakan berbentuk seperti pelek dan dalam sekejap jadilah sebuah rim.

Karena proses pembentukannya tergolong mudah, hal ini membuat harga jual pelek kaleng menjadi lebih murah dibandingkan dengan tipe lain. Sehingga untuk menekan harga jual mobil, jenis pelek ini banyak digunakan pada mobil-mobil niaga dan mobil-mobil murah.

masalah kekuatan, tergantung dari bahan yang dipress. Untuk mobil sekelas truk atau bus maka menggunakan besi dengan ketebalan yang lebih besar sementara untuk mobil-mobil sekelas LCGC biasanya terbuat dari paduan baja dan aluminium.

Dari keempat macam macam pelek diatas tipe alloy wheel merupakan tipe paling banyak digunakan pada mobil. karena selain ringan fisik pelek ini juga sporty. Namun untuk masalah harga tentunya lebih mahal sehingga untuk mobil-mobil murah maka jarang digunakan sebagai rims default dari pabrikan.

solusinya Sahabat perlu melakukan penggantian sendiri. Demikian artikel mengenai macam macam pelek baik dari kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 13:54 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

velgpelekaksesoristipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline