Filter
Filter Udara

Bersihkan Filter Udara Dengan Tekanan Angin, Ini Jarak Idealnya

11 Jul 2018 | 16:31 WIB
BAGIKAN

Beragam jenis dan merek filter udara beredar di pasaran, mulai yang dari bahan kertas, busa, kapas, dari bahan stainless steel. Biasanya masa pakai filter udara dibatasi jarak tempuh kendaraan, tapi ada juga tergantung dari bahan pembuatannya.

Bersihkan Filter Udara Dengan Tekanan Angin, Ini Jarak Idealnya

Sebelum mencapai batas waktu akhir pemakaian, filter udara juga memerlukan perawatan rutin agar fungsinya tetap maksimal. Dalam merawat filter ada beragam cara dilakukan, seperti menggunakan air, oli, deterjen, hingga disemprot dengan tekanan angin.  Namun untuk membersihkan dengan menggunakan tekanan angin besar tidak boleh asal.

"Filter udara boleh saja disemprot dengan angin bertekanan sedang terutama yang stainless, sedangkan untuk angin bertekanan cukup tinggi harus dengan jarak minimal 30 cm dari permukaan filter," terang Teng Herry Sutanto selaku Sales Manager PT Prima Semesta Asia yang dilansir dari laman Liputan6.

Pasalnya Filter udara yang terbuat dari stainless steel yang dianyam (mesh) jika mendapat tekanan angin sangat tinggi di bawah jarak 30 cm  pada satu titik bisa menyebabkan posisi anyaman geser.  Kebiasaan ini kerap dilakukan, padahal salah.

"Menyemprot angin dengan tekanan tinggi dan jaraknya sangat dekat bisa menyebabkan goresan, atau terjadi pergeseran anyaman. Walaupun tidak berpengaruh banyak terhadap performa mesin, kerusakan ini pastinya bisa menyebabkan usia pakai filter udara menjadi lebih pendek," kata Teng Herry.

Sebenarnya, kata teng Herry, perawatan filter berbahan stainless steel sangat mudah. Cukup dicuci dengan air bersih, tidak perlu menggunakan cairan khusus pembersih filter udara. Jika terdapat kotoran  membandel seperti  noda oli, tambahkan cairan pencuci piring dan disikat menggunakan sikat gigi dengan lembut saja sudah cukup.

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 11 Jul 2018 | 16:31 WIB
BAGIKAN