Manfaat inspeksi mobil
Manfaat inspeksi mobil

Biar Nggak Zonk, Inspeksi Mobil Sebelum Membeli

04 Nov 2022 | 10:00 WIB

Menjadi hal lumrah jika Sahabat memiliki sebuah ekspektasi tinggi saat memutuskan beli mobil. Kalau yang Sahabat beli adalah sebuah model kendaraan keluaran terbaru tentu tidak jadi masalah. Karena semua spesifikasi dari mobil impian tersebut, baik beli cash atau dengan cara kredit sekalipun, sudah pasti akan sesuai dengan brosur. 

Bahkan bukan tidak mungkin Sahabat sudah melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan merek dan jenis mobil apa yang akan dibeli. 

Terlepas Sahabat buta soal teknis mesin mobil, atau sebaliknya Sahabat sangat paham soal bagaimana kriteria mobil yang disebut bagus, selama yang dibeli adalah mobil baru, tentu tidak ada masalah. Tinggal bagaimana kondisi serta kemampuan ekonomi Sahabat saja.  

Biar Nggak Zonk, Inspeksi Mobil Sebelum Membeli


Yang repot kalau yang dibeli adalah mobil bekas. Sudah pasti Sahabat harus bisa benar-benar memastikan bahwa mobkas yang akan dibeli itu berada dalam kondisi yang benar-benar prima. 

Dan ini akan jadi masalah kalau Sahabat tidak paham soal mesin atau awam dalam menganalisa kondisi mobil bekas. Bisa saja karena tergiur dengan harga yang sangat murah atau dibawah pasaran, atau karena body kinclong.

Sebelum melangkah untuk membeli mobil yang Sahabat incar, tentunya Sahabat akan ingin memeriksa kondisi mobil dulu demi memastikan Sahabat mendapatkan mobil yang tepat dan berkualitas.

Untuk Sahabat yang tidak mahir soal mobil, ada baiknya Sahabat menggunakan layanan inspeksi mobil di Garasi.id. Dengan inspeksi mobil, Sahabat akan mendapatkan :

1. Kepastian

Sebelum membeli mobil, tentunya Sahabat ingin memastikan bahwa setiap komponen mobil yang akan dibeli berfungsi dengan baik. Banyak calon pembeli yang ragu-ragu, karena awam dalam hal mobil dan penjual pun belum tentu menyatakan kondisi mobil apa adanya.

 

Dengan jasa inspeksi, Sahabat bisa mengetahui dengan pasti kondisi mobil yang sebenarnya sebelum melakukan transaksi. Sebagai pihak ke-3 yang netral, Garasi.id akan melaporkan kondisi mobil secara objektif dan transparan.

2. Akurasi

Dengan inspeksi mobil Garasi.id, Sahabat akan mendapatkan ketenangan karena layanan ini merupakan Pengecekan mobil yang dilakukan oleh montir handal yang meliputi 170 point pengecekan untuk segala tipe mobil.

berikut adalah gambaran sedikit bagian atau komponen mobil yang akan diperiksa oleh montir meliputi:

  • Dasbor

Dasbor mobil adalah salah satu sumber paling mumpuni untuk ‘membaca’ kondisi kendaraan tersebut. Sebab, komponen satu ini menghimpun odometer, speedometer, pengukur suhu, hingga lampu peringatan yang tentunya merefleksikan kondisi mobil.

  • Ban dan suspensi

Memeriksa ban dan suspensi mobil penting dilakukan untuk mengecek tingkat keselarasan yang dimiliki kendaraan tersebut. Pada umumnya, montir akan menelaah setiap ban untuk memeriksa keausannya juga menekan tiap sudut mobil untuk memeriksa suspensi dan melihat seberapa besar guncangan yang timbul.

  • Cairan penting mobil

Cairan penting mobil meliputi oli mesin, oli rem, pendingin radiator (coolant), oli power steering, hingga cairan pembersih kaca (wiper fluid). Semua cairan ini memiliki peran penting untuk membantu mendinginkan juga membersihkan mesin, memberikan tekanan pada sistem tertentu, serta menjaga kaca tetap bersih selama mengemudi.

Oleh sebab itu, montir akan memastikan apakah seluruh cairan penting ini berada pada batas yang tepat, punya kekentalan yang masih layak, serta memiliki kebocoran atau tidak saat inspeksi mobil dilakukan.

  • Rem

Sebagai salah satu komponen keamanan berkendara, memeriksa kondisi rem tentu menjadi sebuah keharusan dalam proses inspeksi mobil. Bagian terpenting rem yang akan diperiksa oleh montir adalah bantalan dan rotor.

Sebab, bantalan rem bekerja dengan cara mencengkeram rotor, yang mana memiliki fungsi sebagai penghenti laju kendaraan.

  • Mesin

Komponen utama dan paling utama mobil bekas yang perlu dicek adalah mesin. Sebab, bagian ini merupakan jantung atau pusat gerak sebuah mobil. Umumnya, montir akan menguji mesin mobil dalam keadaan idle (diam) juga gerak, serta memeriksa apakah ada bunyi-bunyi asing ketika mesin mobil sedang dipanaskan.

Mengecek mesin juga meliputi pengecekan pada sistem pendingin, sabuk mesin, penyaring udara, hingga komponen pengapian (busi dan lainnya).

  • Transmisi

Transmisi, terutama pada mobil matic bekas, merupakan komponen lain yang akan diperiksa saat inspeksi mobil. Alasannya lantaran komponen satu ini merupakan tempat perpindahan gigi yang menjadi tolok ukur lancar tidaknya sebuah kendaraan.

Pada fase ini, montir akan menilai apakah perpindahan gigi memiliki jeda atau tidak. Selain itu, montir juga akan mengecek apakah ada kebocoran pada oli transmisi atau tidak.

  • Bodi mobil

Eksterior atau bagian luar mobil juga tidak luput dari proses pemeriksaan oleh montir. Pasalnya, bagian ini dapat menggambarkan bagaimana mobil dirawat dan dikendarai oleh pemilik lamanya.

Goresan kecil, penyok, atau kerusakan yang cukup signifikan lain pada bodi mobil bisa menjadi petunjuk apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau tidak.

3. Hemat Waktu

Bagi Sahabat yang bekerja full time tentu mengalami kendala bila harus terus-menerus mencari dan mengecek mobil ke lokasi penjual. Mengingat harga yang perlu dikeluarkan untuk sebuah mobil, tentunya Sahabat akan sangat berhati-hati dan ingin untuk membandingkan beberapa pilihan mobil.

Dengan menggunakan jasa inspeksi mobil tentu akan sangat menghemat waktu Sahabat karena Sahabat tidak perlu ikut saat inspeksi dilakukan. Setelah memastikan bahwa penjual bersedia kalau mobilnya diperiksa, Sahabat cukup menunggu hasil laporan.

Laporan yang diberikan pun sangat detail, sehingga Sahabat dapat mengetahui kondisi mobil tanpa harus melihat langsung mobilnya.

 

4. Kemudahan

Salah satu kendala ketika akan memeriksa kondisi mobil yang Sahabat incar adalah Sahabat harus membawa mobilnya ke bengkel. Akhirnya Sahabat menjadi repot karena harus meluangkan waktu lama di bengkel. Dengan inspeksi mobil, mobil bisa tetap di tempat, karena montir dari Garasi.id siap datang ke lokasi mobil untuk melakukan pemeriksaan.

Jadi tunggu apalagi Sahabat? mulai sekarang nggak perlu repot, bingung, atau ragu lagi kalau mau periksa mobil incaran kamu. Langsung cek Garasi.id untuk pesen layanan inspeksi mobil. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 04 Nov 2022 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiiddieselmobilbensininspeksi
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family