Dampak Gonta-ganti Jenis Oli Mesin Mobil
Dampak Gonta-ganti Jenis Oli Mesin Mobil

Bikin Bahaya! Dampak Gonta-ganti Jenis Oli Mesin Mobil

30 Mei 2024 | 10:48 WIB

Melakukan perawatan pada mobil adalah hal yang penting dan tidak bisa dilewati agar mobil tetap prima. Mengganti oli mesin mobil menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk merawat mobil. Oli pada mesin sendiri memiliki fungsi utama sebagai pelumas untuk setiap komponen pada mesin mobil, sehingga oli berpengaruh kepada tiap komponen mobil.


Pemilihan jenis oli mesin yang bagus akan membuat kinerja tiap komponen mobil berfungsi dengan baik sehingga mobil akan tetap prima. Pemilihan jenis oli mesin yang bagus untuk mobil seringkali menjadi alasan bagi para pemilik kendaraan untuk mencoba gonta-ganti oli mesin. Namun apakah Sahabat tahu bahwa menggonta-ganti jenis oli mesin akan menimbulkan dampak bagi mobil itu sendiri?


Bikin Bahaya! Dampak Gonta-ganti Jenis Oli Mesin Mobil


Sahabat perlu simak dampak yang akan terjadi apabila gonta-ganti jenis oli mesin untuk mobil:

  1. Kerusakan Sistem Pelumas

Perlu diingat bahwa fungsi utama oli mesin adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin, mencegah gesekan, dan membawa panas yang dihasilkan mesin ke tempat pendinginan. Mengganti oli dengan jenis yang berbeda dapat mengganggu keseimbangan pelumasan yang dibutuhkan.

Kerusakan sistem pelumas akan berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen mobil lainnya, seperti penyumbatan filter oli, korosi pada bagian-bagian mesin, dan bahkan kebocoran pada sistem tersebut. Semua ini dapat mengarah pada kerusakan serius dan biaya perbaikan yang tinggi


  1. Penurunan Kinerja Pada Mesin.

Dampak penurunan kinerja pada mesin akan Sahabat rasakan ketika mesin mobil terasa lebih cepat panas. Hal ini terjadi dikarenakan ketika ingin mengganti oli mesin, akan terdapat sisa-sisa oli mesin sebelumnya di tempat penampungan oli mesin dan apabila oli diganti dengan jenis yang berbeda berpotensi mempengaruhi kinerja mesin karena ketidakcocokan dengan spesifikasi mesin.


  1. Terkontaminasi Hingga Berkerak

Tiap oli mesin memiliki konsistensi cair yang berbeda. Apabila Sahabat sebelumnya menggunakan oli mesin yang berkonsistensi kental lalu berganti dengan oli mesin yang berkonsisten cair, akan berpotensi terkontaminasi dan mengendap sehingga buruknya akan berkerak.

Apabila memang Sahabat ingin mengganti jenis oli mesin, lakukan pengurasan oli terlebih dahulu untuk memastikan sisa jenis oli yang lama benar benar habis sehingga ketika jenis oli mesin yang baru ditambahkan tidak akan terkontaminasi.


Bikin Bahaya! Dampak Gonta-ganti Jenis Oli Mesin Mobil


Dari penjelasan dampak gonta-ganti jenis oli mesin diatas, penting diingat bahwa oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat meningkatkan emisi polutan, seperti gas buang yang lebih beracun, yang merusak lingkungan dan kesehatan manusia. Setiap jenis oli mesin pastinya memiliki keunggulan masing-masing, namun ketika oli mesin diganti dengan jenis yang baru akan mengganggu kinerja tiap komponen mobil. Apabila sudah terjadi seperti ini, akan membuat Sahabat mengeluarkan uang lagi untuk mengatasi kerak pada penampungan oli mesin.


Menggonta-ganti jenis oli mesin bisa saja dilakukan tetapi pada dasarnya setiap mobil memiliki jenis oli mesin khusus yang sudah dianjurkan dari produsen mobil itu sendiri. Jenis oli mesin yang dianjurkan oleh produsen tentunya sudah didasarkan pada karakteristik dan kemampuan mesin pada mobil. Maka dari itu ketika Sahabat selalu perhatikan spesifikasi dan rekomendasi pabrik saat memilih oli, dan konsultasikan dengan mekanik terpercaya jika Anda memiliki keraguan


Bikin Bahaya! Dampak Gonta-ganti Jenis Oli Mesin Mobil


Sahabat bisa mendapatkan jenis oli mesin yang bagus dan cocok untuk mobil di Garasi.id serta nikmati on going promo ganti oli di Garasi.id. Dapatkan promo diskon 25% ganti oli dan Sahabat bisa cek katalog promo ganti oli disini. Apabila butuh bantuan Sahabat bisa hubungi Clara di 0815-2255-0888 atau email [email protected]. Clara siap membantu 1x24 jam!

Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 30 Mei 2024 | 10:48 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

gontagantioligantiolimobiljenisolimobilolimobiltipsotomotif
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family