Beli Mobil Jepang atau Korea
Mobil Jepang atau Korea

Bingung Mau Beli Mobil Jepang atau Korea? 5 Perbedaan Ini Bisa Jadi Pertimbangan

01 Apr 2019 | 13:00 WIB
BAGIKAN

Tak sedikit orang yang masih kurang paham bahkan bingung bila dihadapkan pilihan untuk memilih membeli mobil Jepang atau mobil Korea. Sebenarnya, masing-masing produk mobil buatan Jepang maupun Korea memiliki keunggulan masing-masing bersamaan dengan prinsip produsen mobil untuk menghadirkan mobil yang bermacam-macam sesuai dengan beragamnya selera orang.

Namun, bila Sahabat masih bingung untuk memutuskan mobil mana yang cocok untuk menemani kegiatan dan aktivitasmu sehari-hari, 5 perbedaan mobil buatan Jepang dan Korea ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari laman mobilipo.com.


Bingung Mau Beli Mobil Jepang atau Korea? 5 Perbedaan Ini Bisa Jadi Pertimbangan

1. Perbedaan dari Ketersediaan Suku Cadang Mobil di Pasaran

Suku cadang atau sparepart merupakan komponen yang sangat penting dimiliki oleh kendaraan masa kini, terutama mobil. Hal itu dikarenakan kita tidak akan tahu sampai kapan mobil bisa bertahan dalam keadaan baik-baik saja. Maka, sudah seharusnya kita mengutamakan kebutuhan ini mengingat perannya yang sangat penting.

Perbedaan inilah yang juga tampak jelas pada mobil Jepang dan mobil Korea. Mengingat produsen mobil Jepang sudah banyak dan lama berada di Indonesia, tak heran bila ketersediaan suku cadang untuk mobil Jepang pun lebih mudah dicari di pasar Indonesia bila dibandingkan dengan mobil Korea.

Meski begitu rupanya ada sisi negatifnya, karena banyaknya persediaan suku cadang untuk mobil Jepang, maka tidak menutup kemungkinan bila banyak pula produk suku cadang mobil Jepang yang tidak original, alias kw dan kurang berkualitas.

2. Perbedaan Harga Suku Cadang

Karena banyaknya penjual di pasaran Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang untuk mobil Jepang, maka mereka pun bersaing untuk memberikan harga yang paling terjangkau. Hal itulah yang bisa menjadi boomerang.

Bila mobil digunakan dalam jarak dekat saja, mungkin tidak akan beresiko. Namun akan berbeda hasilnya bila mobil dipergunakan untuk jarak tempuh yang cukup jauh. Maka harga murah yang dimiliki suku cadang mobil Jepang bisa menjadi hal yang tidak bisa menjamin kualitas suku cadang tersebut. Berbeda halnya dengan suku cadang mobil Korea yang meski harganya cukup mahal, namun bisa dipastikan kualitasnya asli.

3. Perbedaan Desain Mobil

Melihat poin perbedaan yang satu ini, mungkin akan kembali lagi pada tujuan awal masing-masing pembeli. Bila Sahabat memang mencari mobil yang hemat bahan bakar, namun dengan desain yang tidak terlalu wah, maka jawabannya ada mobil buatan Jepang. Karena memang sudah teruji jika hampir sebagian brand mobil Jepang cukup irit bahan bakar.

Namun, bila Sahabat mencari mobil dengan desain yang tak tanggung-tanggung, bahkan bisa disandingkan untuk mobil-mobil buatan Eropa, maka mobil buatan Korea lah jawabannya. Tidak ada yang lebih unggul dalam poin perbedaan yang satu ini. Mengingat perbedaan yang satu ini bergantung pada selera dan kebutuhan masing-masing pembeli.

4. Perbedaan Ketersediaan Service Center

Sebelas dua belas dengan ketersediaan suku cadang, ketersediaan service center mobil Jepang yang lebih melimpah ketimbang mobil Korea di Indonesia juga mungkin akan jadi pertimbangan yang cukup penting untuk dipikirkan.

Melimpahnya servis center untuk mobil Jepang memang menjadi keunggulan tersendiri bagi para konsumen setia mobil Jepang sehingga akan dengan mudah bila sedang perlu membawa mobilnya untuk diservis. Hal ini pula yang menjadi kendala bagi sebagian besar pemilik mobil Korea karena ketersediaan servis center yang umumnya hanya ada di kota-kota besar saja.

5. Perbedaan Handling Mobil Bagi Para Pemula

Di luar sana, masih cukup banyak orang yang belum berpengalaman sama sekali untuk mengemudi namun sangat ingin bisa mengemudikan mobil. Hal ini pula yang sepertinya menjadi poin lebih bagi pemilik mobil Jepang karena mobil buatan Jepang sebagian besar memenuhi syarat untuk dikemudikan bagi para pengemudi pemula bila dibandingkan dengan mobil buatan Korea.

Namun semuanya tentu kembali pada masing-masing orang. Karena kebutuhan, keinginan, serta kemampuan orang pun berbeda-beda. Namun untuk menentukan membeli mobil buatan Jepang atau Korea, Sahabat bisa mencari dengan banyak pilihan di situs jual beli mobil bekas online terpercaya yaitu Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas berkulaitas dengan fitur Mobil Pilihan yang memiliki kelebihan seperti halnya mobil tahun muda, kilometer rendah, dan sudah terinspeksi. Jadi tunggu apalagi, segera temukan mobil idamanmu di Garasi.id sekarang.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 01 Apr 2019 | 13:00 WIB
BAGIKAN