Tips Mobil
Atasi Mesin Mobil Tak Mau Nyala

Bingung Tiba-Tiba Mesin Mobil Tak Mau Hidup? Mungkin Ini Sebabnya

04 Des 2018 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Sahabat mungkin pernah mengalami hal yang membuat bingung dengan kendaraan pribadi Sahabat karena tidak ada sebab pasti, namun tiba-tiba mesin mobil tidak bisa menyala. Bila hal ini terjadi di sepeda motor, kita masih bisa memanfaatkan kick starter yang ada atau menghidupkan mesin dengan cara mendorong motor jadi andalan terakhir.

Bingung Tiba-Tiba Mesin Mobil Tak Mau Hidup? Mungkin Ini Sebabnya

Baca juga: Larangan Nyalakan AC Saat Mesin Baru Hidup, Mitos atau Fakta?

Lantas bagaimana dengan mobil? Tak ada starter selain electric starter, didorong pun bukan hal mudah yang bisa dilakukan. Cara kerja starter mobil pada dasarnya dengan menggunakan tenaga listrik dari aki mobil untuk menghidupkan dinamo starter. Dinamo akan memutar poros engkol mesin. Tentunya, jika dinamo starter tak berfungsi maka sangat menyulitkan.

Coba cari tahu penyebabnya dulu saat starter rusak. Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia, pertama coba ingat apakah kita terlalu memaksakan dinamo bekerja?

Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebab rusaknya starter. Sebab terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala, bisa membuat dinamo panas.

Kondisi panas itu berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. Berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

Hal lain yang bisa menjadi alasan dinamo starter tak berfungsi adalah karena habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Tanda-tandanya adalah, putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter.

Penyebab lainnya, mungin ada masalah pada bagian aki mobil. Masalah itu disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil. Ceklah bagian aki mobil secara berkala supaya hal-hal seperti itu tak terjadi.

Nah Sahabat, semoga informasi di atas bisa memberikan solusi untuk kamu yang sempat bingung dengan kondisi mesin mobil yang tiba-tiba tidak mau menyala ya.  

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 04 Des 2018 | 17:47 WIB
BAGIKAN