Langkah Antisipasi, Jika Kaca Mobil Retak
Langkah Antisipasi, Jika Kaca Mobil Retak

Bisa Berujung Fatal! Dampak Kaca Mobil Retak

01 Okt 2023 | 23:28 WIB

Kaca mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi memberikan perlindungan serta keamanan Penumpang dan Sahabat ketika mengemudi. Jika kaca mobil retak, maka kekuatan strukturalnya akan berkurang sehingga lebih rentan pecah.


Salah satu penyebab umum yang dapat menyebabkan retak pada kaca mobil adalah benturan fisik, entah itu dari benda keras seperti batu atau akibat tabrakan dengan kendaraan lain. Bahkan untuk kaca dengan kondisi retak yang parah, retakannya dapat semakin membesar sehingga membuat kaca pecah dengan sendirinya meskipun tidak terkena benturan. Hal ini membuat biaya perbaikannya menjadi lebih besar.


Mengemudi dengan kaca mobil retak dapat meningkatkan risiko cedera fisik yang serius. Sebab pecahan kaca yang tajam berpotensi melukai Sahabat dan penumpang saat terjadi tabrakan atau benturan.


Bahaya Jika Mengemudi Dengan Kaca Mobil retak

Bahaya Jika Mengemudi Dengan Kaca Mobil retak


Jika Sahabat tetap memaksakan diri mengemudi dengan kondisi kaca mobil yang retak dapat menjadi ancaman serius. Sebagai langkah antisipasi, kamu harus pahami cara pencegahannya berikut ini.


  • Cek Kondisi Kaca Mobil

Sebelum bepergian, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi kaca mobil kesayangan Sahabat. Perhatikan jika terdapat baret atau goresan yang berpotensi berubah menjadi retakan yang lebih parah. Kemudian, segera perbaiki atau ganti kaca jika terdapat kerusakan.


Periksa Kondisi Kaca Secara Rutin

Periksa Kondisi Kaca Secara Rutin


  • Jaga Kebersihan Kaca Mobil

Retakan atau goresan dapat lebih terlihat dengan jelas ketika kaca mobil berada dalam kondisi bersih. Oleh karena itu, selalu bersihkan kaca dengan rutin agar Sahabat bisa mendeteksi keretakan secara dini.


  • Hindari Benturan Fisik

Benturan yang keras adalah penyebab utama retaknya kaca mobil. Jadi, sebaiknya Sahabat jaga jarak aman dengan kendaraan lain di jalan raya dan selalu parkirkan mobil kesayangan kamu di area yang aman dan terlindung dari risiko benturan fisik.


Antisipasi Risiko Bahaya Akibat Kaca Mobil yang Retak

Antisipasi Risiko Bahaya Akibat Kaca Mobil yang Retak


  • Jangan Menekan Kaca Secara Berlebihan

Ini penting, bahkan tidak banyak yang mengetahui hal ini. Hindari memberikan tekanan berlebihan pada kaca mobil, terutama saat proses membersihkan atau ketika menutup pintu mobil dengan keras. Karena ini dapat menyebabkan keretakan atau memperburuk kondisi retak yang sudah ada.


Mengetahui dampak yang diakibatkan oleh kaca retak ternyata dapat berujung fatal, maka pastikan Sahabat selalu menjaga cara berkendara dan kondisi mobil dengan baik-baik. Berbagai cara di atas dapat menjadi alternatif solusi untuk mencegah kaca mobil retak, sehingga risiko bahaya yang mungkin terjadi juga dapat diminimalisir. Namun jika kaca sudah terlanjur retak, segera perbaiki atau ganti dengan kaca yang baru di bengkel terdekat.


Bisa Berujung Fatal! Dampak Kaca Mobil Retak


Sahabat juga bisa dapatkan tips dan trik otomotif terbaik, dengan mengunjungi e-commerce terpercaya www.Garasi.id dan simak Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate lainnya sebagai referensi mengulas dan mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 01 Okt 2023 | 23:43 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikcucimobilkacamobilkacaretakeksteriorperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family