Tips Cuci Mobil Benar
Tips Cuci Mobil Benar

Bukan Asal, Tapi Begini Tips Cuci Mobil Yang Paling Ampuh Bikin Kinclong

18 Jan 2023 | 11:28 WIB

Menjaga penampilan mobil agar tetap bersih dan kinclong adalah tugas utama pemilik kendaraan. Sebagai pemilik kendaraan, Sahabat wajib nih memiliki skill mencuci mobil yang benar agar mobil kesayangan selalu dalam keadaan bersih sehingga nyaman untuk dilihat dan digunakan.

Pasalnya, cara mencuci mobil yang tidak benar tentu akan membuat mobilmu mengalami beberapa kerusakan seperti goresan pada bagian body kendaraan. Hal inilah yang perlu Sahabat perhatikan dengan seksama.

Cara cuci mobil yang benar

Cuci mobil tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara sembarangan karena akan mengakibatkan lecet yang mengganggu performa penampilan kendaraanmu. Nah biar hal itu tidak terjadi, Garasi.id sudah membuatkan rangkuman cara cuci mobil yang baik dan benar yang bisa Sahabat ikuti, sebagai berikut :

Siapkan peralatan lengkap untuk cuci mobil

Hal paling utama yang harus disiapkan untuk mencuci mobil dengan benar adalah dengan menyiapkan seluruh perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan.

Untuk segala material yang akan bersentuhan langsung dengan mobil ada baiknya pilih gunakan bahan yang lembut dan halus agar tidak mudah membuat kendaraan jadi tergores seperti Lap plas chamois, microfiber dan sabun khusus cuci mobil.

Selain itu, jangan lupa untuk memenuhi alat penunjang lainnya seperti ember, sikat kecil dan juga selang dengan panjang yang disesuaikan dengan keadaan di rumah. Pastikan untuk memiliki sumber air yang mengalir seperti keran agar proses cuci mobil jadi lebih mudah 

Bukan Asal, Tapi Begini Tips Cuci Mobil Yang Paling Ampuh Bikin Kinclong


Mulai membasahi seluruh body mobil 

Langkah kedua dari cara cuci mobil dengan benar adalah langsung mulai membasahi seluruh bagian dari body kendaraan dengan air mengalir menggunakan selang. 

Tujuannya tentu adalah melarutkan kotoran, polusi dan debu yang menempel pada mobil bersamaan dengan air agar saat dicuci, mobil akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Pastikan untuk tidak menyalakan air selang dengan tekanan yang tinggi agar tidak memberikan resiko goresan pada body mobil ataupun membuat mobil menjadi penyok.

Siapkan ember yang telah diisi air dan sabun cuci mobil terbaik

Setelah membasahi seluruh bagian mobil, kamu bisa langsung menyiapkan dua buah ember. Dimana ember pertama berisi air yang telah dilarutkan bersama dengan sabun dan ember yang satunya lagi untuk menampung air bersih untuk membersihkan sisa busa nanti.

Jangan lupa untuk gunakan sabun cuci mobil terbaik yang memiliki formula yang lembut agar cat mobil tidak rusak dan menimbulkan goresan. Selain itu, penggunaan sabun cuci mobil terbaik akan terhindar dari sifat korosif yang akan merusak pernis cat mobil.

Membersihkan mobil dari atas ke bawah

Cara cuci mobil yang baik dan benar selanjutnya adalah dengan mulai membersihkan mobil dari bagian atas ke bawah. Tujuannya adalah agar kotoran dari atas juga akan ikut turun ke bawah mobil sehingga penggunaan air dapat dihemat dengan baik.

Selain itu, bagian bawah mobil seperti ban adalah bagian kendaraan yang paling kotor karena langsung bertemu langsung dengan berbagai medan jalanan.

Sehingga pembersihan bisa dimulai dengan bagian terbersih dengan mengelapnya menggunakan sabun dan lap yang memiliki tekstur halus.

Setelah itu, biarkan air mengalir ke bagian bawah mobil sehingga dapat melunakkan kotoran dan tanah yang mengeras agar dapat dengan mudah dibersihkan selanjutnya.

Bilas kembali mobil kemudian langsung dikeringkan dengan bersih

Langkah terakhir dari cara cuci mobil dengan benar adalah dengan membilas keseluruhan bagian mobil menggunakan air mengalir untuk membersihkan sisa kotoran dan sabun yang masih menempel.

Bilas mulai dari bagian atas mobil, agar airnya dapat turun ke bagian bawah dan turut melarutkan kotoran sisa di bagian tersebut. Setelah selesai, kamu dapat mengeringkan body mobil dengan lap plas chamois yang telah disiapkan sebelumnya.

Cukup keringkan mobil dengan cepat dan biarkan mobil berada di tempat yang terbuka agar terkena angin dan matahari yang mempercepat proses pengeringannya setelah dicuci.

Setelah kering kamu juga bisa mengoleskan anti embun kaca mobil pada semua permukaan kaca dan spion mobil. Tujuan mengoleskan anti embun kaca mobil tentu agar kaca dan spion mobil tidak mudah berembun dan mengganggu pandangan pengemudi.

Akibat mencuci mobil dengan cara yang salah

Dalam kegiatan mencuci mobil, tentu ada banyak hal yang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, ada berbagai macam akibat yang akan terjadi apabila kamu tidak benar-benar memperhatikan cara cuci mobil yang baik dan benar.

Bukan hanya sekedar kegiatan membilas dan membersihkan bagian body mobil saja, kegiatan mencuci kendaraan jauh lebih besar dari itu sehingga harus dilakukan dengan cermat. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari cara cuci mobil yang tidak benar adalah potensi body mobil tergores.

Goresan ini bisa timbul saat kegiatan mencuci mobil dilakukan dengan menekan permukaan mobil terlalu kasar serta menggunakan alat pembersih yang tidak lembut. Kedua hal inilah yang harus dihindari saat kamu akan mencuci mobil.

Itulah cara cuci mobil yang benar, untuk Sahabat yang merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk cuci mobil sendiri, Sahabat bisa banget nih mengandalkan Garasi.id. yang bekerjasama dengan partner cuci mobil yang terpercaya.


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Jan 2023 | 11:28 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobilcucimobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family