Pemasangan Spoiler Dapat Meningkatkan Kestabilan Berkendara
Pemasangan Spoiler Dapat Meningkatkan Kestabilan Berkendara

Bukan Sekedar Keren, Ini Fungsi Spoiler Mobil

15 Sep 2023 | 23:59 WIB

Setiap bagian pada mobil memiliki fungsi dan peranan tersendiri. Salah satu bagian paling menarik adalah spoiler yang kerap jadi aksesori tambahan agar menambahkan nuansa keren dan sporty.


Spoiler yang dipasangkan pada mobil bisa memengaruhi aerodinamika mobil. Aksesoris ini bisa berfungsi untuk menambah tekanan ke bawah pada kendaraan mobil. Tujuannya supaya bisa memengaruhi gaya angkat yang terjadi pada kecepatan tinggi.


Spoiler Dapat Meningkatkan Penampilan Mobil

Spoiler Dapat Meningkatkan Penampilan Mobil


Namun, sebenarnya fungsi spoiler bukan hanya aksesoris yang menarik saja, jadi Sahabat jangan sembarangan untuk merubah atau menambahnya. Sebaiknya kamu ketahui dahulu apa fungsi spoiler jika dipasang ke mobil kesayanganmu dibawah ini.


  • Mobil Lebih Aerodinamis

Dengan adanya spoiler jadi lebih aerodinamis. Hal ini sangat terasa jika Sahabat mengemudikan mobil berjenis sedang, hatchback dan juga minibus. Mungkin bagi sebagian orang menganggap spoiler berfungsi untuk memberikan nilai tambah pada penampilan mobil, namun nyatanya spoiler bisa meningkatkan performa mobil dan jadi lebih stabil pada kecepatan tinggi akibat dari lekukan yang ada pada spoiler. Selain itu spoiler juga dapat mencegah mobil melayang saat kecepatan tinggi akibat terpaan angin dan massa yang lebih ringan.


  • Membersihkan Kotoran di Belakang

Peran lainnya dari spoiler yang perlu Sahabat ketahui adalah ternyata bisa menangkis kotoran atau debu dari belakang. Sebagai contoh saja, jika mobil jenis hatchback sering mengalami turbulensi udara dibagian belakang menyebabkan banyak debu yang berputar di sekitar mobil. Sehingga spoiler yang dipasangkan itulah berperan untuk meredam turbulensi yang terjadi. Dengan begitu kotoran atau debu jadi lebih sedikit yang menempel dikaca belakang.


Bentuk Spoiler Menyerupai Sayap

Bentuk Spoiler Menyerupai Sayap


Nah Sahabat, setelah mengetahui fungsi spoiler mobil, pasti kamu langsung tertarik untuk memasangnya. Sebelum melakukan pembelian, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis spoiler yang nantinya sesuai dengan jenis mobil kesayanganmu berikut ini.


1. Rear spoiler

Rear Spoiler atau spoiler belakang merupakan jenis spoiler yang paling umum dan sering kamu lihat berada di belakang bodi mobil. Spoiler jenis ini biasa digunakan pada mobil sedan, hatchback, mobil racing, hingga supercar. Pada mobil sedan dan racing, spoiler diletakkan di atas bagasi belakang mobil. Sementara itu, pada mobil hatchback, spoiler diletakkan di atas kaca belakang.


Jangan Salah Memilih Spoiler

Jangan Salah Memilih Spoiler Mobil


2. Front spoiler

Jika Rear Spoiler diletakkan di belakang, lain halnya dengan Front Spoiler yang berada di bagian bumper depan mobil. Hal ini agar bodi mobil semakin dekat dengan tanah dan memperkecil aliran udara dari bawah yang menyebabkan mobil melayang saat kecepatan tinggi.


Front Spoiler berfungsi untuk mengimbangi spoiler belakang, agar ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi, keseimbangan mobil tetap stabil. Karena Front Spoiler membuat bodi depan mobil dekat dengan tanah, spoiler ini tidak direkomendasikan untuk daily car terutama yang bodi mobilnya sudah ceper.


3. Lip Spoiler

Jenis spoiler mobil ini biasa dipasangkan pada mobil sedan. Fungsinya untuk mempercantik tampilan mobil saja. Pemasangan Lip Spoiler tidak hanya dipasangkan pada bodi mobil bagian belakang saja, tetapi juga bagian bumper depan. Karena hanya untuk estetika, Sahabat bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu ketika akan memasang lip spoiler.


Spoiler Membuat Mobil Terlihat Lebih Sporty

Spoiler Membuat Mobil Terlihat Lebih Sporty


4. Wing Spoiler

Wing spoiler merupakan jenis spoiler yang biasa digunakan pada mobil sport atau supercar. Bentuk spoiler ini lebih besar dan terdapat ruang antara bodi mobil dengan spoiler yang memberikan tekanan lebih tinggi dibandingkan dengan spoiler lainnya. Harga pemasangan spoiler-spoiler ini bervariasi tergantung dari jenis mobil apa yang akan dipasang. Misalnya, harga pemasangan spoiler pada mobil hatchback akan jauh berbeda dengan harga pemasangan pada mobil racing. Hal ini disebabkan karena proses pemasangan tiap mobil menyesuaikan pada kebutuhannya.


Perlu diingat Sahabat, pemasangan aksesoris spoiler tidak hanya berfungsi untuk memberikan tekanan saja, tetapi juga mengalirkan udara yang masuk ke komponen-komponen yang mudah panas agar suhunya tetap terjaga. Selain itu, pastikan untuk selalu memasang spoiler di tempat yang tepat pada ahlinya dan jangan sembarangan. Pasang spoiler mobil jika Sahabat memang benar-benar butuh pada spoiler tersebut.


Bukan Sekedar Keren, Ini Fungsi Aksesoris Spoiler


Itulah beberapa jenis spoiler mobil dengan fungsi dan jenisnya. Pastikan untuk memilih spoiler sesuai dengan jenis mobil kesayangan kamu ya Sahabat. Temukan beragam Kumpulan Artikel Tips, Event, Review dan Berita Otomotif Terupdate lainnya hanya di www.Garasi.id. Banyak informasi seputar informasi mobil juga yang sayang untuk Sahabat lewatkan.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 16 Sep 2023 | 00:10 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifaksesorismobilspiolermobilrearspoilerfrontspoilerlipspoilerwingspoiler
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family