Grill mobil
Grill mobil

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

21 Okt 2019 | 16:51 WIB
BAGIKAN

Tidak banyak Sahabat pengguna mobil yang mengetahui fungsi dari komponen yang terpampang dan terpasang pada bagian depan mobil. Ya, grill mobil terkadang luput dari perhatian Sahabat karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Padahal, posisi grill ada di bagian depan mobil dan selalu dilihat karena biasanya di bagian ini terdapat logo perusahaan otomotif pembuat mobil tersebut. Sebenarnya, grill pada mobil mempunyai fungsi yang cukup penting, lho Sahabat. Berikut ini 3 fungsi penting grill pada mobil!

Apa sebenarnya fungsi grill mobil?

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Saluran Udara

Gril mobil adalah komponen yang membantu sirkulasi udara pada ruang mesin. Udara yang masuk melalui lubang pada grill akan menjaga temperatur di ruang mesin tidak melewati batas saat mobil sedang melaju. Proses pendinginan mesin dengan menggunakan radiator juga akan terbantu dengan adanya grill ini. Jika udara tidak masuk dengan baik pada kisi-kisi grill ini, maka temperatur mesin bisa meningkat dan mesin bisa mengalami overheat. Akibatnya, mobil Sahabat bisa saja mengalami mogok.

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Estetika

Seiring perkembangan zaman, grill mobil pada mobil juga mulai diperhatikan nilai estetikanya. Desain grill pada sebuah mobil juga bisa menjadi identitas sebuah merek. Maka itu, untuk beberapa pabrikan mobil ada yang sengaja mempertahankan model atau bentuk grill mereka karena sudah menjadi hal yang ikonik dari mobil tersebut. Perkembangan grill dari masa ke masa juga mulai beragam.

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Jaman dulu, grill mobil masih berbentuk persegi panjang yang dipasangkan secara vertikal. Setelah itu, muncul pula grill dengan desain horizontal. Sekarang ini, bentuk dan desainnya sudah semakin beragam. Bentuk kisi-kisi pada grill pun juga semakin beragam, ada yang berbentuk persegi panjang, garis memanjang, atau dengan garis vertikal. 

Model grill mobil yang cukup populer sekarang ini adalah model honeycomb. Sahabat bisa menemukan grill model ini pada banyak merek, baik itu mobil-mobil lansiran Jepang, Amerika, atau Eropa.

Aerodinamis dan Performa

Selain berfungsi sebagai ventilasi udara dan juga penambah estetika, grill mobil juga memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika. Aerodinamika yang baik akan membuat performa mobil menjadi optimal. Jika Sahabat perhatikan, desain grill mobil sekarang ini semakin minim lubang untuk mengalirkan udara ke mesin. Tujuan dari dibuatnya grill seperti ini adalah agar udara yang menabrak area frontal depan mobil akan dialihkan secara mulus melalui sisi samping atau atas mobil. 

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Rongga grill mobil yang terbuka memungkinkan banyak udara yang masuk, namun hambatan udara menjadi besar. Namun, jika grill tertutup, maka mobil akan menjadi lebih aerodinamis. BMW bahkan sudah menemukan teknologi yang memungkinkan grill pada mobil mereka terbuka atau tertutup secara elektris sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin.

Cara merawat dan membersihkan grill mobil

Setiap bagian mobil pasti diciptakan dengan fungsinya termasuk grill mobil. Besar atau kecil, tentu fungsi yang ada pada setiap komponen sangatlah penting bagi mobil. Banyak sekali orang memberi perhatian lebih pada bagian-bagian vital seperti mesin dan kaki-kaki.

Padahal, setiap komponen sejatinya harus diperhatikan dan dijaga kondisinya agar tetap prima. Satu komponen yang sering terlewat oleh orang-orang tak lain adalah grill. Grill mobil adalah komponen yang terletak di bagian luar mobil yang berbentuk seperti ventilasi di bagian depan.

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Grill mobil merupakan pelindung atau filter di bagian depan mobil sekaligus komponen yang membuat mobil terlihat lebih menarik. Maka dari itu, kondisi grill haruslah terjaga dan kalau bisa terhindar dari karat dan kotoran yang menumpuk.

Jika kamu adalah seorang yang rutin membersihkan mobil, jangan lewatkan untuk membersihkan grill mobil agar tetap terlihat bersih. Bagaimana cara merawat dan membersihkan bagian grill mobil? Mari simak langkah di bawah ini;

Langkah-langkah membersihkan grill mobil

Umumnya, grill menjadi kotor karena debu yang menempel dan juga kotoran dari hujan. Jika tidak dibersihkan secara rutin, bukan tak mungkin grill akan cepat terlihat kusam. Maka dari itu, sudah seharusnya kita bersihkan grill terutama saat cuaca tak menentu. 

Siapkan alat untuk membersihkan grill mobil

Bahan yang diperlukan dalam membersihkan grill tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan untuk membersihkan atau mencuci mobil pada umumnya, yaitu kain katun, sikat gigi, kuas, shampo mobil, dan wax. Bahan ini dibutuhkan untuk mengelap dan menghilangkan noda, debu, dan kotoran yang menempel di grill mobil.

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Campurkan shampoo dengan air

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan shampo mobil dengan air. Perhatikan perbandingan sampo dengan air. Paling tidak, perbandingannya 1:3 untuk sampo dan airnya. Fungsi dari shampo mobil ini tak lain untuk mengangkat kotoran yang menempel di bagian grill mobil.

Oleskan campuran air dan sampo mobil ke grill

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Jika air dan sampo mobil telah tercampur, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memoleskan cairan tersebut ke bagian grill mobil. Cara mengoleskannya tak perlu disiram, melainkan menggunakan sikat kecil atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Oleskan ke seluruh bagian grill hingga ke bagian yang sulit terjangkau.

Dengan begitu, setidaknya seluruh bagian grill mobil sudah terkena cairan shampo. Shampo ini akan membuat kotoran dan debu menjadi terlepas dari bagian grill.

Sikat dengan sikat gigi

Setelah dioleskan di seluruh bagian grill mobil, saatnya menggosok seluruh bagian grill. Gunakan sikat halus dalam membersihkan grill. Pastikan tak ada satu bagian pun yang terlewat saat kamu menyikat. Sebab, bagian yang tidak tersebut akan membuat debu dan kotoran tidak terlepas dari bagian tersebut sehingga grill tidak menjadi bersih sempurna.

Lap dengan kain katun

Langkah selanjutnya untuk membuat grill mobil menjadi bersih adalah mengelap dengan kain katun. Dari sekian banyak jenis kain, mengapa hanya kain katun yang dianjurkan? Sebab, kain katun memiliki tekstur dan permukaan yang lembut serta memiliki daya serap yang baik.

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Jadi, grill tidak akan tergores saat dilap dengan kain katun. Selain itu, bagian yang sebelumnya sudah dioles dan disikat akan lebih mudah dibersihkan dan diserap oleh kain ini.

Oleskan Wax

Inilah langkah terakhir dalam membersihkan grill mobil, yaitu mengoleskan wax. Wax berfungsi untuk membuat bagian yang dioles menjadi lebih mengkilap dan tidak mudah kotor. Oleskan wax di seluruh bagian grill agar kebersihan dan kilapnya terjaga hingga berhari-hari sampai waktunya grill dibersihkan

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Perawatan grill mobil lainnya

Banyak yang mengatakan ada cara unik dan sederhana untuk membersihkan jamur atau kerak putih di grill mobil, salah satunya menggunakan pasta gigi alias odol. Namun ternyata hal tersebut tidaklah benar lho. Karena meski digosok bagaimanapun dengan odol, jamur di grill mobil masih akan tetap ada. 

Jika memang grill mobil kamu sudah terlanjur berjamur karena usia, lebih baik kamu membersihkannya dengan obat jamur. Memang odol bisa digunakan untuk menghilangkan baret halus, namun untuk menghilangkan jamur dibutuhkan obat yang lebih ‘keras’ yakni obat jamur. 

Bukan Sekedar Kosmetik, Grill Mobil Harus Dirawat

Membiarkan jamur pada grill mobil bisa membuat tampilan jelek, apalagi jika jamur muncul di cat bodi. Tentunya tampilan mobil kamu akan kusam dan tidak sedap dipanggang. Tahukah Sahabat, sekarang banyak jenis perawatan mobil lho untuk terhindar dari jamur yang membandel. Seperti perawatan cat mobil dengan waxing, nano coating dan ceramic coating, kamu tinggal pilih perawatan mana yang cocok untuk mobil kamu Sahabat.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 21 Okt 2019 | 16:51 WIB
BAGIKAN