Tips Mobil
Tips Bumper Penyok

Bumper Penyok, Apa Benar Bisa Diatasi Dengan Air Panas?

11 Okt 2018 | 20:00 WIB

Beberapa pemilik mobil pernah mengalami penyok pada bumper. Hal itu disebabkan beberapa hal, paling sering karena kecelakaan ringan di jalan raya.

Seperti diketahui, bumper mobil, baik depan ataupun di belakang memang  komponen yang berpotensi mengalami hal demikian. Dengan material plastik, saat terbentur mobil lain atau mengenai benda ketika perjalanan membuatnya mudah penyok sehingga mengurangi estetika tampilan mobil.

Ada beragam cara yang dilakukan pemilik mobil jika menghadapi masalah demikian. Seperti menyambangi bengkel ketok magic atau menghubungi penyedia layanan asuransi.

Bumper Penyok, Apa Benar Bisa Diatasi Dengan Air Panas?

Atau ada pula yang memperbaikinya sendiri di rumah. Untuk mengembalikannya ke posisi semula, biasanya menjadi pekerjaan bengkel reparasi bodi. Namun beberapa waktu lalu sempat beredar teknik membetulkan bumper plastik yang hanya bermodalkan air panas.

Cara ini memang tradisional untuk perbaiki bodi yang penyok. Tapi harus diingat, air panas hanya digunakan untuk bumper saja, karena materialnya plastik.

Baca Juga : Lupa Lokasi Parkir Saat Bepergian, Simak 5 Cara Ini

Seperti dikutip situs resmi Hyundai, Kamis, (11/10/2018), meski mudah dan murah, namun ternyata ada efek buruk dari menyiram air mendidih ke bodi plastik. Bahkan bisa lebih parah bila yang mengerjakan bukan tenaga ahli atau orang yang sudah terbiasa melakukannya.

Air panas memang bisa mengembalikan bodi plastik yang penyok, tapi hasilnya tidak akan sempurna. Selain itu bila terlalu panas juga bisa membuat cat bodinya justru mengelupas, begitu juga saat kena mika lampu bisa bikin warnanya berubah, tidak jernih lagi.

Hasil paling sempurna membetulkan bodi plastik yang penyok sebenarnya dilakukan menggunakan heat gun. Metodenya dipanaskan dari luar lalu secara berlahan ditarik hingga lekukan bumper akan kembali ke posisi semula.

Tapi untuk mendapat hasil yang sempurna, cara paling aman adalah membawa mobil ke bengkel. Karena di bengkel perbaikan bodi apalagi yang resmi, peralatan yang digunakan pasti modern dan teknisinya bersertifikasi. Sehingga hasilnya pun akan sempurna karena digaransi oleh pihak bengkel.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 00:23 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitipsmanualbumperplastikgarasiidotomotif