Cara Atasi Mobil Matik Yang Mogok
Cara Atasi Mobil Matik Yang Mogok

Jangan Asal Dorong! Begini Cara Atasi Mobil Matic Mogok

02 Agt 2024 | 09:59 WIB

Mobil matik menjadi salah satu kendaraan impian banyak orang. Kondisi jalanan yang macet menjadi alasan beberapa orang mulai beralih ke mobil matik. Tentu saja, memilikinya berarti membutuhkan perawatan yang rutin. Bila tidak, pemilik mobil akan mengalami masalah, salah satunya mobil matik Kamu mogok, Sahabat Garasi.

Penyebabnya beragam, salah satu kondisi aki mobil yang sudah soak. Memang aki mobil ini menjadi sangat vital di mobil matik. Apapun alasannya, Kamu harus mencari tahu alasan pastinya sehingga bisa diperbaiki. Jika dibiarkan, tentu saja kondisi ini bakal jadi masalah di kemudian hari. 

Namun masalah berkendara kemungkinan saja dapat terjadi yang membuat pengendara harus dihadapkan dengan situasi darurat. Mobil matik kamu dapat saja mogok di tengah jalan saat berkendara dan perlu diketahui bahwa mobil matik tidak bisa sembarangan didorong atau diderek layaknya mobil manual, karena memiliki komponen mesin yang hanya bekerja saat mesin dalam keadaan hidup.

Mendorong Mobil Matic Yang Mogok Resiko Merusak Transmisi

Mendorong Mobil Matic Yang Mogok Resiko Merusak Transmisi


Dilansir dari Detikoto.com, kekhawatiran akan rusaknya mobil matik  jika didorong ketika mesin mati bermula dari pemahaman bahwa pelumasan komponen-komponen transmisi matic sangat mengandalkan cairan hidrolis atau minyak transmisi otomatis. Cairan hidrolis ini baru bersirkulasi saat mesin dihidupkan.


Untuk melumasi komponen-komponen dalam transmisi, peredaran cairan hidrolis memang sangat membutuhkan pompa hidrolis yang baru bekerja ketika mesin hidup. Namun, bukan berarti transmisi akan rusak apabila mobil dipindahkan ke tempat lain saat mesin mati. Mobil matic bisa didorong atau diderek, tapi harus memperhatikan beberapa poin. Berikut diantaranya:


  • Jika sekedar didorong atau digeser dari tengah ke tepi jalan tak akan ada pengaruh apa-apa terhadap kondisi transmisi matic.

  • Pemindahan mobil dengan cara diderek juga tak berpengaruh apa-apa jika penderekan harus memperhatikan kecepatan dan jarak tempuh yang telah ditentukan masing-masing ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek).

  • Untuk menghindari kerusakan, pastikan tuas transmisi kendaraan dalam kondisi netral. Mengutip laman Suzuki Ambon, jika harus menderek dengan model derek tarik, sebaiknya tetap menggunakan shift lock dan posisikan ke posisi netral, sehingga tetap bisa mencabut kunci mobil.


Solusi mengatasi mobil matik yang mogok di tengah jalan:

  1. Cek Kodisi Air Aki

Salah satu penyebab paling umum mobil matik tidak bisa distarter adalah karena bahan bakarnya habis. Bila Anda melihat indikator bahan bakar nyala di dashboard, maka sudah pasti perlu isi ulang. 

Penting Untuk Cek Kondisi Air Aki

Penting Untuk Cek Kondisi Air Aki

Cobalah mengecek kondisi aki apabila mobil tidak bisa dihidupkan. Aki mobil yang soak akibat pemakaian bisa jadi alasannya. Bila kendaraan Sahabat Garasi sudah berumur lebih dari 10 tahun, sangat mungkin kinerja aki melemah hingga rusak. Solusinya adalah mengganti aki dengan yang baru.

  1. Towing Mobil

Cara pertama untuk derek mobil yang mogok ke bengkel terdekat adalah dengan derek model gendong atau towing. Dengan towing mobil gendong adalah solusi paling baik dan aman untuk mobil matik yang mogok karena pada derek model gendong ini, mobil diletakan pada bak belakang mobil derek yang sudah didesain khusus untuk membawa mobil mogok. Pada posisi diatas, mobil akan diam sehingga tidak ada komponen mobil lainnya yang harus bekerja dan berputar dengan terpaksa. Hal ini kan sangat berbeda jika mobil diderek dengan menggunakan cara ditarik. 

Towing Mobil Yang Aman Untuk Mobil Matic Yang Mogok

Towing Mobil Yang Aman Untuk Mobil Matic Yang Mogok


Disebut dengan derek mobil model gendong karena mobil yang mogok seluruhnya akan diletakkan dan diikat pada bagian belakang mobil derek yang memang khusus dibuat agar sebuah mobil bisa diletakan pada bagian tersebut. Menarik mobil yang mogok dengan model gendong ini merupakan opsi dan pilihan derek mobil yang paling aman untuk digunakan dari seluruh jenis derek mobil yang ada.


Garasi.id menyediakan layanan towing mobil yang akan membantu pengendara membawa mobil mogok ke bengkel terdekat. Sahabat bisa dapatkan layanan towing ini dengan menggunakan layanan terpercaya Asisten Darurat dari Garasi.id. Asisten Darurat adalah layanan bantuan yang penting bagi Sahabat untuk memberikan perlindungan menghadapi situasi darurat saat berkendara di jalan seperti penggantian ban, pengantaran BBM, jumper aki, kunci tertinggal, hingga derek selama 1 tahun.


Jangan Asal Dorong! Begini Cara Atasi Mobil Matic Mogok


Sahabat bisa nikmati voucher potongan harga untuk layanan asisten darurat dengan cara menukarkan 20 poin Telkomsel Sahabat di aplikasi MyTelkomsel. Dengan klaim 20 poin Telkomsel, Sahabat bisa dapatkan voucher senilai Rp.100.000 untuk layanan asisten darurat. Klik disini ya Sahabat untuk informasi lengkap potongan harga layanan asisten darurat.

Ditulis oleh ALVINA NURHALIZA
Terakhir diupdate: 02 Agt 2024 | 09:59 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilmatikmobilmogokairradiatortransmisimobiltowingmobiltipsotomotif
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family