Balik nama BPKB mobil
Balik nama BPKB mobil

Begini Cara Mengurus Balik Nama BPKB Mobil Terupdate 2020

28 Apr 2020 | 15:31 WIB

Sebagai pembeli mobil bekas, mengurus balik nama bpkb mobil ada hal yang wajib dilakukan. Banyak permasalahan di mana si pembeli enggan untuk melakukan proses balik nama bpkb mobil second yang dibelinya, tapi sesungguhnya proses balik nama ini secara umum sangatlah penting untuk Sahabat lakukan. 

Begini Cara Mengurus Balik Nama BPKB Mobil Terupdate 2020

Dalam proses balik nama bpkb mobil, biaya yang dikeluarkan di setiap daerah berbeda-beda dan nantinya Sahabat akan dikenai biaya untuk membayar pajak di STNK saat setelah proses selesai dan biaya diluar pajak di luar tagihan yang tertulis pada STNK.

Memang perkembangan dunia otomotif dan kebutuhan akan kendaraan pribadi saat ini meningkat pesat di Indonesia. Namun lucunya, walapun hampir bisa dikatakan setiap bulan selalu ada mobil keluaran terbaru, tidak sedikit orang yang justru memilih untuk membeli mobil bekas. Dilihat dari segi harga, sudah tentu mobil bekas memiliki harga yang lebih ekonomis ketimbang mobil baru.

Namun jangan malas untuk mengurus balik nama bpkb mobil bekas yang sudah kamu beli Sahabat. Mungkin proses untuk mengurus balik nama bpkb mobil cukup panjang, tetapi jika kamu mempersiapkan semua dokumen yang harus dibawa, tidak akan menyulitkan kok. Mau tau bagaimana cara mengurus balik nama bpkb mobil yang cepat? Simak urutan-urutan untuk balik nama bpkb mobil dibawah ini :

Pergi ke kantor SAMSAT


gambar kantor samsat

Langkah pertama yang harus Sahabat lakukan ketika ingin melakukan balik nama BPKB mobil adalah pergi ke kantor SAMSAT di wilayah tempat tinggal masing-masing. Bagi kamu yang tinggal khususnya di Jakarta, kamu dapat mengecek alamat SAMSAT secara online melalui website http://bprd.jakarta.go.id. Adapun persyaratan-persyaratan yang harus dibawa ketika akan melakukan proses balik nama bpkb mobil adalah :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)
  • dan kwitansi pembelian

Jangan lupa untuk memfotokopi sebanyak dua rangkap setiap persyaratan-persyaratan tersebut, untuk sekedar berjaga-jaga lebih baik membawa lebih dari dua rangkap. 

Mengikuti cek fisik kendaraan


Langkah selanjutnya untuk mengurus balik nama BPKB mobil adalah melakukan tes fisik kendaraan. Tes ini dilakukan oleh para petugas SAMSAT dimana pada akhir dari pengecekan tersebut petugas akan memberikan hasil berupa Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan.

Begini Cara Balik Nama BPKB Mobil 2019

Serahkan hasil tes tersebut bersamaan dengan berkas yang kamu sudah siapkan sebelumnya kepada petugas loket tes fisik kendaraan. Di sini kamu akan dikenakan untuk membayar biaya administrasi tersebut. Jangan lupa untuk memfotokopi hasil dari tes fisik kendaraan untuk berjaga-jaga di tahap balik nama BPKB mobil selanjutnya.

Menuju loket pendaftaran balik nama STNK


Setelah menyelesaikan administrasi di loket pengecekan fisik kendaraan, Sahabat akan diarahkan untuk menuju loket pendaftaran balik nama STNK. Pada tahap ini, kamu akan disuruh untuk menyerahkan STNK asli beserta fotokopi, fotokopi BPKB mobil, fotokopi KTP kamu sebagai pemilik baru, serta kwitansi pembelian kepada petugas di gedung SAMSAT.

Begini Cara Mengurus Balik Nama BPKB Mobil Terupdate 2020

Pasti ada orang yang bertanya-tanya, mengapa proses balik nama BPKB mobil harus melalui proses balik nama STNK terlebih dahulu. Perlu kamu ketahui, BPKB adalah buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh SATLANTAS yang menjadi bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor. Sedangkan Sedangkan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan bermotor bermotor adalah alat bukti yang berisi nomor registrasi dan identifikasi sebuah kendaraan bermotor.

Begini Cara Balik Nama BPKB Mobil 2019

Jadi kamu tidak bisa hanya melakukan proses balik nama BPKB mobil, atau balik nama STNK mobil saja. Kedua buah surat tersebut wajib diubah secara bersamaan ketika kamu melakukan proses balik nama BPKB mobil.

Setelah petugas selesai memverifikasi dokumen syarat balik nama BPKB mobil tersebut, kamu akan diminta untuk menyerahkan BPKB asli dan menunggu nama kamu dipanggil oleh petugas di loket selanjutnya.

Menyelesaikan administrasi balik nama BPKB mobil


Sahabat akan kembali diarahkan ke loket pendaftaran ( loket pertama ) untuk melunasi lembar tagihan yang diberikan oleh petugas SAMSAT di loket kedua. Eits, tunggu dulu, jika nama/nomor urut balik nama BPKB mobil kamu belum dipanggil jangan menyerobot begitu saja ya, budayakan antri!

Begini Cara Balik Nama BPKB Mobil 2019

Jika kamu sudah dipanggil, Sahabat akan mendapatkan bukti berupa tanda terima beserta cap lunas dari berkas-berkas yang sudah diberikan tadi. Untuk sekedar info, pembuatan STNK baru dibutuhkan waktu (2-5 hari) sesuai dengan kebijakan SAMSAT di daerah Sahabat, petugas akan memberikan tanggal untuk pengambilan STNK di kantor SAMSAT tempat kamu mendaftar jadi bersabarlah !

Proses balik nama BPKB mobil


Setelah mendapatkan STNK dengan nama kamu selesai pada tanggal yang telah ditentukan oleh petugas SAMSAT, proses selanjutnya adalah menuju Kantor Polda setempat. Proses pembuatan BPKB baru hanya dapat dilakukan di Kantor Polda setempat dengan membawa STNK asli dengan nama Sahabat.

Begini Cara Mengurus Balik Nama BPKB Mobil Terupdate 2020

Setibanya di Kantor Polda, kamu harus menyiapkan berkas persyaratan yang wajib dibawa seperti :

  • Fotokopi STNK yang baru (yang sudah dibalik nama)
  • Fotokopi KTP (pemilik baru)
  • Fotokopi BPKB
  • Fotokopi lembar pengesahan cek fisik
  • Fotokopi kwitansi pembelian motor
  • BPKB asli

Jika persyaratan-persyaratan tersebut belum dilengkapi atau ada yang tertinggal, lebih baik Sahabat melengkapinya terlebih dahulu karena akan sangat menguras waktu jika harus bolak-balik untuk mengambil berkas yang tertinggal. 

Melakukan pembayaran administrasi balik nama bpkb mobil di loket bank


Sesampainya di Kantor Polda, kamu akan diberikan nomor antrian dan formulir yang harus diisi sebagai prasyarat balik nama BPKB mobil. Untuk melakukan pengisian formulir yang diberikan, Sahabat harus teliti dan menuliskan data tanpa ada kesalahan dalam bentuk apapun (typo).

Begini Cara Balik Nama BPKB Mobil 2019

Jika ada kesalahan data, kamu harus mengulangi prosesnya dari awal lagi. Petugas akan membantu mengisi formulir tersebut dan akan mengarahkan ke loket pembayaran.

Pengisian dan penyerahan formulir biaya balik nama BPKB mobil


Setelah pembayaran lunas, isi formulir pendaftaran sesuai dengan data mobil kamu lalu tempelkan stiker khusus dari bank tadi di formulir tersebut. Tunggu panggilan berdasarkan nomor antrian yang tadi Sahabat dapatkan ketika datang di Kantor Polda.

Begini Cara Balik Nama BPKB Mobil 2019

Setelah dipanggil, serahkan formulir dan berkas tersebut kepada petugas. Kamu akan mendapat tanda terima sebagai bukti BPKB sudah didaftarkan dan sedang dalam proses balik nama. Lembar tanda terima yang diberikan oleh petugas terdapat tanggal kapan BPKB kamu selesai, jadi jangan sampai hilang atau terbuang. Proses balik nama BPKB mobil memang cukup melelahkan, dibutuhkan kesabaran yang cukup tinggi.

Pengambilan BPKB Baru


gambar bpkb

Langkah terakhir dalam proses balik nama BPKB mobil adalah kembali mengunjungi Kantor Polda sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan. Untuk proses pengambilan BPKB baru, jangan lupa untuk membawa lembar tanda terima dan fotokopi KTP kamu. Setelah mengambil nomor antrian, kamu akan dipanggil oleh petugas untuk mencocokkan data, jika data tersebut sudah cocok, BPKB baru kamu sudah siap untuk dibawa. 

toko garasi

[[KLIK GAMBAR]]

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 01 Des 2020 | 11:21 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

baliknamabpkbbaliknamastnkmenguruspajakkendaraanbpkbstnkmengurusbpkbsyaratmutasibpkbmutasistnk
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family