Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas
Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas

Cara Cerdas Beli Mobil Bekas, Inspeksi Dulu di Garasi.id

24 Nov 2023 | 09:34 WIB

Ketika Sahabat ingin memiliki kendaraan roda empat, mobil bekas adalah pilihan yang menarik dengan anggaran terbatas. Selain harga yang lebih terjangkau dibandingkan mobil baru, kamu dapat menemukan berbagai pilihan mobil bekas berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan.


Perlu Sahabat ketahui mobil bekas adalah mobil yang telah digunakan sebelumnya dan dijual dengan harga yang lebih rendah daripada harga mobil baru. Ada beberapa  faktor yang mempengaruhi harga mobil bekas menjadi rendah, seperti usia kendaraan, kondisi mesin, jumlah kilometer yang sudah ditempuh, serta merek dan model mobil tersebut.


Sebelum Sahabat berencana untuk membeli mobil bekas, kamu harus perhatikan kondisi mobil bekas tersebut. Hal ini penting, untuk menghindari penyesalan yang nantinya bisa kamu alami seperti mobil mogok. Sebenarnya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Apa saja? kamu bisa simak berikut ini.


Mengenal Mobil Bekas Murah

Mengenal Mobil Bekas Sesuai Kebutuhan


Kelebihan Membeli Mobil Bekas

    • Harga lebih terjangkau

Tentu saja salah satu alasan utama jika Sahabat memilih untuk membeli mobil bekas adalah karena harganya yang lebih rendah dibandingkan mobil baru. Dengan anggaran terbatas, kamu bisa mendapatkan mobil dengan fitur dan spesifikasi yang lebih baik daripada mobil baru di kisaran harga yang sama.


    • Pilihan yang lebih banyak

Sudah banyak showroom dan platform otomotif yang memasarkan mobil bekas dengan menawarkan berbagai pilihan merek, model, dan jenis mobil. Sahabat dapat memilih sesuai dengan kondisi finansial dan kebutuhan, baik itu jenis mobil city car, sedan, SUV, MPV atau hatchback.


    • Depresiasi Nilai Lebih Rendah

Mobil baru cenderung mengalami depresiasi nilai yang tinggi dalam beberapa tahun pertama setelah pembelian. Dengan membeli mobil bekas, Sahabat akan menghindari kerugian finansial akibat depresiasi tersebut.


Jangan Lakukan Kesalahan Saat Membeli Mobil Bekas

Jangan Lakukan Kesalahan Saat Membeli Mobil Bekas


Kekurangan Membeli Mobil Bekas

    • Potensi Masalah Teknis

Jangan sampai hal ini terjadi ya Sahabat! Mobil bekas mungkin memiliki masalah teknis atau kerusakan yang tidak terlihat pada pandangan pertama. Jadi, penting untuk kamu melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.


    • Kilometer Tinggi

Mobil bekas umumnya sudah memiliki jumlah kilometer yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil baru. Hal ini perlu Sahabat pertimbangkan, karena semakin banyak kilometer yang telah ditempuh oleh sebuah kendaraan, semakin besar kemungkinan adanya kerusakan atau keausan pada komponen mesin.


Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial
Sesuaikan Dengan Kemampuan Finansial

Bagaimana Sahabat, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli mobil bekas, apakah kamu masih mengalami keraguan? Tenang Sahabat, Agar kamu lebih yakin dengan pilihanmu. Berikut ini adalah beberapa tips penting dalam memilih dan membeli mobil bekas, antara lain.


  • Tetapkan Anggaran

Tentukan batasan anggaran sebelum mencari mobil bekas. Hal ini tentu akan membantu Sahabat mempersempit pilihan dan menghindari pembelian impulsif.


  • Lakukan Riset

Sahabat bisa mencari informasi lengkap tentang merek, model, dan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Baca ulasan pengguna dan bandingkan harga di berbagai platform jual beli mobil bekas.


  • Periksa Kondisi Fisik

Ketika Sahabat ingin melihat mobil bekas secara langsung, perhatikan kondisi eksterior dan interior mobil. Periksa cat, ban, lampu, kaca, serta sistem elektronik seperti AC dan audio.


Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas

Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas


  • Kondisi Mesin

Pastikan Sahabat cek mesin mobil bekas dalam kondisi baik dengan memeriksa level oli, suhu mesin, serta suara dan getaran saat mesin menyala.


  • Cek Riwayat Servis

Sahabat jangan ragu untuk meminta riwayat servis atau bukti perawatan yang telah dilakukan pada mobil bekas tersebut. Informasi ini dapat memberikan gambaran tentang seberapa baik kendaraan tersebut dirawat sebelumnya.


  • Test Drive

Ini penting dilakukan ya Sahabat. Selalu lakukan test drive sebelum membeli mobil bekas untuk merasakan kenyamanan berkendara dan memastikan tidak ada masalah teknis yang tersembunyi.


Lakukan Test Drive Sebelum Membeli Mobil

Lakukan Test Drive Sebelum Membeli Mobil Bekas


  • Periksa Dokumen

Sahabat harus pastikan semua dokumen kepemilikan seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) lengkap dan sah. Selain itu kamu cek kembali pajak kendaraan tersebut sudah terbayar lunas, agar kamu tidak terbebankan dengan biaya denda jika ada keterlambatan pembayaran pajak kendaraan.


Membeli mobil bekas adalah alternatif yang menarik bagi Sahabat dengan anggaran terbatas. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan mobil bekas serta mengikuti tips dalam memilih dan membeli mobil bekas, kamu dapat menemukan mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tetap menjaga keseimbangan anggaran.


Cara Cerdas Beli Mobil Bekas, Inspeksi Dulu di Garasi.id


Untuk mengatasi keraguan Sahabat sebelum membeli mobil bekas. Kamu bisa percayakan pemeriksaan menyeluruh melalui Layanan Inspeksi Mobil bekas yang berkualitas dari Garasi.id. Sahabat bisa mengetahui Tata Cara Inspeksi dan temukan solusi aman dalam mencari mobil bekas dengan melakukan pengecekan mobil yang dilakukan oleh montir handal dari Partner Garasi.id yang meliputi 170 titik pengecekan untuk segala tipe mobil.


Jangan lupa Sahabat, selalu melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas. Selamat mencari mobil bekas yang tepat Sahabat Garasi.id!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 24 Nov 2023 | 13:35 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikotomotifkelebihankekuranganmobilbekasmesinmobilakimobilbanmobilbodimobiltestdrivedokumenmobilinspeksimobiljasaservisservismobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family