AC mobil dingin Membuat Perjalanan Berkendara Menyenangkan
AC mobil dingin Membuat Perjalanan Berkendara Menyenangkan

Simak! Cara Membersihkan AC Mobil Dari Rumah

02 Feb 2023 | 10:52 WIB

Salah satu komponen pada mobil yang cukup penting keberadaannya yaitu AC mobil. Komponen yang satu ini sangat berfungsi untuk memberikan udara dingin ketika berkendara menggunakan mobil. Biasanya perjalanan yang cukup panjang dan posisi dalam mobil yang tertutup rapat membuat udara di dalam mobil pengap.


Dengan menggunakan AC mobil maka pengemudi dan penumpang tidak akan pengap dan dapat bernafas dengan lega. AC mobil memiliki banyak komponen dengan berbagai fungsi dan cara kerja kerjanya masing-masing. Maka dari itu penting untuk Sahabat lebih memahami seluruh komponen dan juga cara kerja dari AC mobil sendiri.


Dengan mengenal dan memahami seluruh komponen serta fungsi dari AC mobil, maka akan memudahkan Sahabat untuk memelihara AC mobil agar tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Selain itu dengan rajin merawat AC mobil maka komponen satu ini akan terhindar dari kerusakan. Perlu diketahui bahwa perbaikan AC mobil menghabiskan banyak biaya sehingga sebisa mungkin Sahabat selalu memperhatikan kondisi AC mobil.


Jangan Pernah Mengabaikan Perawatan AC Mobil

Jangan Pernah Mengabaikan Perawatan AC Mobil


Penyebab AC Mobil Kotor


Salah satu penyebab rusaknya AC mobil karena adanya kotoran yang menumpuk pada bagian penyaring mobil. AC mobil yang kotor akan mempengaruhi kinerja AC tersebut sehingga membuat AC tidak dingin. Sahabat perlu ketahui apa saja yang membuat AC mobil tersebut menjadi kotor, mari kita telusuri beberapa penyebab AC mobil kotor.


1. Penggunaan AC Mobil Berlebihan

Penggunaan AC mobil yang berlebihan sangat mempengaruhi kotornya bagian evaporator AC mobil menjadi kotor. AC mobil yang selalu dihidupkan tanpa henti tentu akan membuat penyaringan pada evaporator menjadi berlebihan. Hal tersebut tentu membuat AC mobil menjadi kurang dingin karena sirkulasi udara tersumbat dengan kotoran yang berada pada saringan evaporator.


2. Debu Dalam Kabin Mobil

Kondisi di dalam kabin mobil menjadi hal penting untuk diperhatikan karena kebersihan kabin mobil sangat berpengaruh terhadap kinerja AC mobil. Ketika kondisi kabin mobil sangat kotor maka hal tersebut membuat AC mobil lebih mudah kotor.


AC mobil tentu akan menyaring udara dari kabin, sehingga ketika kabin mobil dalam keadaan kotor maka AC mobil otomatis akan menyaring udara kotor tersebut dan mengendap di dalam komponen AC. Hal tersebut tentu membuat AC mobil cepat kotor.


3. Kaca Mobil Terbuka Ketika AC Mobil Menyala

Ketika Sahabat sering membuka kaca mobil bahkan dalam waktu yang lama ketika AC mobil menyala maka hal tersebut akan membuat AC mobil menjadi cepat kotor. Selain membuat komponen AC mobil cepat rusak, membuka kaca mobil dalam waktu yang lama membuat banyak debu dan bakteri masuk dan terserap di AC mobil. Hal tersebutlah yang akan membuat AC mobil mudah kotor dan tidak dingin.


4. Asap Rokok

Bagi Sahabat yang sering merokok di dalam mobil sebaiknya hindari hal tersebut mulai saat ini. Tanpa disadari, asap rokok yang masuk di dalam kabin mobil dan terserap pada evaporator AC mobil membuat AC menjadi cepat kotor. Apalagi ketika AC mobil pertama kali dihidupkan maka kamu akan langsung mencium bau rokok karena asap yang terserap dan tertampung pada komponen AC mobil.


Berkendara Sambil Merokok Berbahaya dan Melanggar Aturan

Berkendara Sambil Merokok Berbahaya dan Melanggar Aturan


Bagaimana Cara Membersihkan AC Mobil


Ketika mendapati AC mobil sudah tidak dingin maka ada baiknya Sahabat sebagai pemilik mobil segera melakukan pengecekan pada komponen AC mobil untuk dilakukan pembersihan. Untuk lebih mudah, kamu bisa langsung membawa mobil ke tempat khusus service AC mobil untuk dilakukan pengecekan dan pembersihan. Namun jika tidak ada waktu untuk ke bengkel, Sahabat juga dapat membersihkan lubang AC mobil sendiri dengan cara berikut:


- Matikan Mesin Mobil Dan Siapkan Alat Pembersih

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu matikan mesin mobil dan pastikan tidak menyala. Setelah itu persiapkan alat-alat untuk membersihkan komponen pada AC mobil seperti sikat pembersih, penyedot debu, lap, air, dan lain sebagainya.


- Bersihkan Bagian Lubang Dengan Hati-hati

Untuk membersihkan lubang AC mobil, Sahabat dapat dengan hati-hati membersihkannya dengan menggunakan sikat kecil ataupun cotton bud untuk melakukan pembersihan pada sela-sela bagian lubang AC mobil.


Sahabat juga dapat menggunakan penyedot debu untuk membersihkan debu yang menempel pada bagian dalam lubang AC mobil. Gunakan penyedot debu dengan tegangan rendah agar tidak merusak komponen AC mobil. Setelah itu bersihkan bagian sisi-sisi pada AC mobil khususnya sisi yang cukup sulit dibersihkan. Kamu dapat menyikatnya atau menggunakan cotton bud serta mengelap bagian sisi AC mobil.


- Lakukan Pengecekan Dengan Menghidupkan AC Mobil

Setelah dirasa bagian lubang AC mobil sudah bersih, Sahabat dapat mencoba untuk menghidupkan mesin mobil dan menghidupkan AC mobil untuk mengecek dingin atau tidaknya AC mobil. Jika AC sudah terasa dingin maka pembersihan berhasil dilakukan, namun jika AC tetap kurang dingin kamu dapat mencoba untuk mengulangi pembersihan pada lubang AC. Selain pada bagian lubang AC, kamu juga dapat melakukan pembersihan pada evaporator mobil. Bersihkan evaporator untuk membuat AC mobil ketika AC sudah tidak terasa dingin.


Kapan Harus Membersihkan AC Mobil


Sebagai pemilik mobil, Sahabat perlu mengetahui kapan harus membersihkan AC mobil. Kamu dapat melakukan pembersihan biasa atau melakukan cuci AC mobil secara berkala. Berikut ini waktu yang tepat untuk membersihkan AC mobil:


- Ketika Sudah 1 Tahun Pemakaian

Ketika Sahabat sudah mencapai 1 tahun pemakaian namun belum pernah melakukan pembersihan AC mobil, di sarankan untuk melakukan pembersihan pada AC mobil. Hal tersebut karena pemakaian yang sudah lama membuat komponen AC mobil tentu kotor dan kemungkinan terdapat kerusakan.


- Ketika Mobil Sudah Mencapai 10.000 KM

Saat Sahabat melakukan perjalanan dan mesin mobil selalu hidup, tentu seluruh komponen AC juga akan terus bekerja. Ketika komponen pada AC mobil terus bekerja tanpa dilakukan pembersihan maka akan membuat komponen AC mobil cepat aus dan rusak. Maka, disarankan ketika mobil sudah mencapai 10.000 KM maka Sahabat perlu melakukan pembersihan AC mobil secara mandiri atau ke bengkel terdekat.


- Ketika AC Mobil Dirasa Tidak Dingin

Saat AC mobil dirasa tidak dingin, hal tersebut kemungkinan terjadi masalah pada komponen AC mobil. Mulai dari kerusakan komponen ataupun komponen yang kotor. Ketika mendapati AC mobil tidak dingin, segeralah untuk membersihkan bagian AC mobil dan melakukan pengecekan untuk menghindari masalah yang lebih serius.


Luangkan Waktu Untuk Membersihkan Interior Mobil

Luangkan Waktu Untuk Membersihkan Interior Mobil


Penting untuk Sahabat, jangan pernah mengabaikan perawatan AC mobil agar AC mobil tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Jika AC mobil sudah tidak dingin, Sahabat bisa cek web Garasi.id karena ada partner yang memberikan jasa servis terbaik untuk AC mobil kesayangan Sahabat. Informasi lengkap Sahabat bisa hubungi Clara di Wasap atau email [email protected].


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 03 Feb 2023 | 11:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanACservisACservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family