Jaga Etika dan Aturan Saat Berkendara di Malam Hari
Jaga Etika dan Aturan Saat Berkendara di Malam Hari

Cara Mengemudi Saat Malam Hari

15 Sep 2022 | 09:23 WIB

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa angka kecelakaan dari semua kecelakaan terjadi pada malam hari jauh lebih banyak dari siang hari. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi saat mengemudi mobil malam hari. Hal ini dikarenakan jumlah cahaya yang sangat minim. Sehingga membuat kemampuan penglihatan juga ikut menurun.


Tentunya Sahabat tetap harus menjaga fokus dan berusaha agar bisa mengendalikan laju mobil secara stabil, apalagi jika perjalanan yang dituju sangatlah jauh. Hal ini penting dilakukan demi menjaga keselamatan diri sendiri juga orang lain ketika mengemudi mobil malam hari.


Agar bisa sampai di tujuan dengan aman dan selamat, maka pastikan untuk selalu berhati-hati ketika mengemudi mobil malam hari karena kondisi jalanan sepi sehingga kewaspadaan pengemudi menurun dan mengendarai kendaraan akan sesuka hati.


Gunakan Lampu Utama Dengan Bijak

Gunakan Lampu Utama Dengan Bijak

Menurut beberapa sumber, kami mencoba rangkum tips yang bisa Sahabat terapkan saat mengemudi mobil di malam hari :

  • Tubuh Dalam Kondisi Fit

Pastikan tubuh Sahabat dalam kondisi yang benar-benar fit. Jika Kamu sedang tidak sehat atau tidak enak badan maka jangan memaksakan diri untuk mengemudi. Sangat disarankan untuk menggunakan jasa sopir atau berkendara dengan bantuan orang lain apabila tubuh dalam kondisi yang tidak bugar. 

Bagi Kamu yang merasa kelelahan dan masih harus mengemudi di malam hari maka pertimbangkan baik-baik. Jika tubuh memang sedang merasa sangat lelah dan sulit berkonsentrasi maka hindari menyetir. Pastikan tubuh Kamu masih punya cukup energi dan bisa fokus saat akan mengemudi mobil di malam hari.

  • Bersihkan Kaca Mobil

Hal berikutnya yang juga penting untuk dilakukan saat akan mengemudi mobil di malam hari adalah membersihkan kaca mobil. Bersihkan area kaca dengan menggunakan peralatan yang benar. Proses pembersihan ini dilakukan agar tidak ada goresan maupun noda yang seringkali menyebabkan silau.

Pembersihan area kaca juga akan membantu meningkatkan visibilitas Sahabat saat berkendara. Coba bayangkan saja jika bagian kaca kotor atau kusam dan Kamu harus berkendara di waktu malam.

Sudah cahayanya terbatas ditambah dengan layar kaca yang kusam. Kamu bisa mempermudah proses menyetir di waktu malam dengan membersihkan kaca mobil.

  • Cek Kaca Spion

Pada dasarnya kaca spion ini memang punya peran penting dalam menjaga keamanan Kamu saat berkendara. Apalagi di malam hari dengan sumber cahaya yang minim. Perhatikan posisi kaca spion apakah sudah cocok dengan lingkup pandangan atau belum.

Melalui kaca spion inilah Sahabat akan melihat kondisi jalanan dan posisi kendaraan lainnya. Jadi, pastikan kondisinya bersih dan posisi spion sudah pas. Kaca spion yang harus diperhatikan meliputi spion kanan kiri, di bagian kaca depan, juga di bagian kaca belakang.


Gunakan Teknik Mengemudi Eco Driving Agar Performa Mobil Tetap Prima

Teknik Mengemudi Eco Driving Sangat Efektif Agar Performa Mobil Tetap Prima

  • Tetap Waspada Pada Kondisi Sekitar

Pastikan Sahabat selalu waspada ketika nyetir mobil di malam hari. Pencahayaan yang minim dan situasi jalanan sepi membuat Kamu wajib meningkatkan kewaspadaan. Tingkatkan jika harus melakukan perjalanan dan berkendara di waktu malam. Jangan melakukan hal-hal lain yang berpotensi mengganggu konsentrasi. 

Saat Kamu berkendara dengan orang lain di dalam mobil maka ajaklah mereka berbicara. Ajak orang di dalam mobil membantu agar tidak mengantuk dan tetap fokus.Ini menjadi kunci penting yang perlu Kamu lakukan saat harus mengendarai mobil di waktu malam hari. Cermati kondisi sekitar dan berhati-hatilah pada kendaraan lain maupun hewan yang mungkin muncul di tengah jalan. 

  • Jaga Kecepatan

Sangat disarankan untuk menjaga kecepatan tetap rendah selama berkendara, apalagi ketika mengemudi mobil malam hari saat hujan. Dengan kecepatan yang rendah maka akan jauh lebih mudah untuk mengendalikan arah dan posisi kendaraan.

Akan jauh lebih mudah pula untuk berhenti jika sewaktu-waktu ada kendaraan atau objek lain yang menghalangi laju kendaraan atau bisa jadi ban selip karena kondisi jalan yang licin. Oleh sebab itu usahakan menjaga laju kendaraan tetap rendah apapun situasi jalanan yang Sahabat lalui.

  • Selalu Jaga Jarak Aman

Disarankan untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain baik di depan maupun di belakang, apalagi ketika nyetir mobil malam hari. Jaga jarak dilakukan demi menjaga kondisi kendaraan tetap aman selama melaju di jalanan.

Dengan menjaga jarak, Sahabat bisa lebih leluasa mengendalikan mobil dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di tol atau di jalanan biasa. Tetap utamakan keselamatan diri demi tetap melindungi orang lain yang juga berkendara di sekitar. 

Tips Mengemudi Saat Malam Hari


Apakah Sahabat mau tahu keselamatan jalan saat mengendarai mobil? Yuk, cari tahu lebih lanjut dengan klik tips dan dan trik otomotif Garasi.id dan nikmati promo September Ceria Bareng Mobil Tercinta dengan diskon hingga 50% disini. Promo ini berlaku hingga 30 September 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 16 Sep 2022 | 08:55 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifperawatanmobilservisberkala
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family