Perawatan Sistem AC Mobil Penting Agar Komponen Bekerja Optimal
Perawatan Sistem AC Mobil Penting Agar Komponen Bekerja Optimal

Permasalahan Apa Yang Kerap Terjadi Pada Evaporator AC Mobil? Begini Cara Merawatnya

07 Jun 2023 | 10:19 WIB

Sebagai salah satu komponen utama, evaporator AC mobil tidak akan lepas dari masalah. Nah, Sahabat perlu ketahui masalah yang kerap terjadi pada evaporator adalah kebocoran. Komponen yang berfungsi mendinginkan freon yang disemprotkan dari expansion valve ini menjadi kurang berfungsi ketika ada bagian yang bocor. Freon malah banyak yang terbuang melalui lubang kebocoran. Kabin mobil pun tidak akan terasa dingin.


Masalah lain yang juga sering dialami evaporator adalah membeku. Hal ini bisa terjadi akibat evaporator tertutup debu dan kotoran. Padahal kompresor terus menerus menyemprotkan freon ke arah evaporator. Karena tertahan, freon dingin yang masuk ke evaporator hanya berkumpul dan menjadi beku.


Masalah Utama Evaporator Adalah Tersumbat Kotoran

Masalah Utama Evaporator Adalah Tersumbat Kotoran


Selain kotoran yang menumpuk pada evaporator akibat kurang perawatan, pembekuan juga bisa terjadi karena ada masalah pada expansion valve atau thermostat. Karena itu, evaporator mutlak mendapat perawatan agar kinerjanya bisa maksimal. Apa saja yang harus dilakukan Sahabat untuk merawat evaporator AC mobil? Simak dibawah ini.


  1. Rajin Membersihkan Kabin Mobil

Kabin yang selalu bersih akan membantu evaporator untuk bisa berumur panjang. Karena evaporator akan menghisap udara yang ada di dalam kabin, termasuk kotoran dan debu yang ada di dalamnya. Karena itu, jangan malas untuk sering membersihkan kabin dengan menggunakan vacuum cleaner. Terutama di bagian jok dan karpet depan serta dashboard.


  1. Bersihkan Evaporator Secara Rutin

Tidak hanya kabin yang harus selalu bersih, kondisi evaporator AC mobil pun demikian. Apalagi evaporator kerap bersentuhan dengan kotoran atau debu yang berasal dari kabin. Kotoran yang lama dibiarkan mengendap akan rentan membuat evaporator berkarat dan akhirnya bocor atau rusak. Dengan rutin membersihkan evaporator, kemungkinan terjadinya kerusakan bisa diminimalisir.


Ganti Filter AC Mobil Secara Berkala

Ganti Filter AC Mobil Secara Berkala


  1. Bersihkan Filter Kabin

Filter kabin merupakan alat bantu yang mampu menyaring semua kotoran dan debu sebelum bertemu evaporator. Kondisi filter kabin yang terawat dan bersih sangat berpengaruh terhadap kondisi evaporator. Kotoran yang akan masuk ke evaporator pun lebih banyak tersaring di filter kabin. Sehingga Evaporator tidak cepat kotor. Ingat Sahabat, jika filter kabin sudah sangat kotor segera lakukan penggantian. Sehingga fungsinya untuk menyaring kotoran yang masuk ke saluran evaporator pun bisa maksimal. Evaporator menjadi tidak cepat kotor.


  1. Cek Kondisi Expansion Valve

Expansion valve merupakan alat yang mengubah freon cair dan bersuhu tinggi menjadi gas bersuhu rendah. Perubahan tersebut terjadi tepat sebelum freon masuk ke dalam evaporator. Expansion valve yang bermasalah akhirnya membuat kerja evaporator menjadi tidak maksimal.


Cek Isi Freon AC Mobil  Tidak Bocor

Cek Isi Freon AC Mobil Tidak Bocor


  1. Periksa Kondisi Freon

Bagi Sahabat yang mobilnya jarang digunakan, harus lebih sering memeriksa kondisi freon AC mobilnya. Freon yang jarang bersirkulasi akan mengendap di dalam evaporator dan kemudian memuai. Proses ini justru akan membuat evaporator menjadi cepat keropos.


  1. Cek Kondisi Thermostat

Thermostat berfungsi mengirim kode kepada kompresor untuk memompa freon atau berhenti sementara. Pengiriman kode bergantung dari suhu yang diukur thermostat. Ketika proses pengukuran suhu di thermostat kacau, maka perintah yang dikirim ke kompresor pun ikut kacau. Alhasil, evaporator bisa lama tidak mendapat kiriman freon dingin atau justru terlalu sering disemprot freon. Akibat kerja yang tidak stabil, evaporator akan cepat mengalami masalah.


Permasalahan Apa Yang Kerap Terjadi Pada Evaporator AC Mobil? Begini Cara Merawatnya


Nah, jika Sahabat ingin melakukan servis AC mobil lebih hemat, Garasi.id bekerjasama dengan Rotary Auto berikan promo Cuci Hemat Tanpa Syarat (Perawatan AC) hanya 99Ribu untuk layanan jasa cuci AC + cuci evaporator + cuci kondensor + pengecekan 15 titik biar AC mobil kesayangan Sahabat kembali optimal. Untuk mendapatkan informasi dan penawaran terbaik lainnya silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id


Sahabat melakukan perawatan evaporator AC Mobil secara tuntas, berkendara pun menyenangkan! Selamat servis AC mobil Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 07 Jun 2023 | 13:35 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikotomotifperawatanmobilacmobilkabinmobilfilteracmobilisifreon
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family