Sunroof mobil
Sunroof mobil

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

09 Des 2020 | 10:00 WIB

Sunroof pada dasarnya didesain tahan lama sesuai umur mobil sehingga cukup awet, akan tetapi perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil kadang-kadang dapat mengganggu fungsi sunroof seperti kurang rapat dalam menutup, karet menjadi keras, sulit untuk membuka tutup, adanya kebocoran terutama saat hujan, dan lain-lain.

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Istilahnya sunroof yang didesain free maintenance bukan berarti tidak butuh perawatan sama sekali, untuk menjaga fungsi sunroof mobil tetap baik maka harus dilakukan perawatan secara rutin paling tidak sebulan sekali. Oleh sebab itu mari merawat dengan baik sunroof dan simak tips cara merawat sunroof mobil ala Garasi.id.



Pastikan gerakan rel lancar

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Bukan hanya kaca sunroof yang harus dirawat. Kamu  juga harus memperhatikan kondisi rel sunroof. Rel sunroof bisa saja rusak karena terlalu sering digunakan atau termakan usia. Perawatan rel sunroof sebenarnya sangat sederhana. Cukup lapisi rel dengan lapisan gemuk cair dan bersihkan kerak dan karat agar rel kembali lancar bergerak.

Hindari sinar matahari langsung

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Di sunroof terdapat karet yang mencegah masuknya air ke dalam kabin saat hujan. Karet ini bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. Akibatnya, karet bisa rusak dan menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memarkirkan mobil di tempat teduh. Minimal, ada penutup di bagian sunroof agar karet tidak terjemur. Selain itu, jaga kekenyalan karet sunroof dengan silicone spray agar tetap berfungsi dengan sempurna.



Jangan diamkan sunroof terlalu lama

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama bisa rusak dengan sendirinya. Sunroof juga demikian. Bila tidak digunakan terlalu lama, maka bisa saja rusak. Meskipun Anda tidak pernah menggunakan mobil tersebut, setidaknya gerakkan sunroof dengan membuka dan menutupnya minimal 3 minggu sekali agar rel tidak lengket di kaca sunroof dan akhirnya sulit untuk dibuka.



Bersihkan dari pasir dan kerikil

Jika kita membuka sunroof biasanya kita tidak sadar akan debu, pasir bahkan kerikil yang menempel pada rel sunroof. Jika dibiarkan, pasir akan menumpuk dan mengganggu jalur pembuangan air.

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar



Keringkan setelah terkena air/hujan

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Langan pernah membiarkan rel sunroof terlalu lama basah. Hal ini untuk mencegah karat timbul dan merusak kinerja rel sunroof itu sendiri. Selain itu, kaca sunroof juga wajib dikeringkan. Jangan sampai waterspot atau jamur kaca merusak penampilan sunroof mobil kamu. Air yang dibiarkan mengering dengan sendirinya juga bisa menjadi kerak yang akan mengganggu penampilan serta kinerja.



Periksa jalur pembuangan air

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Di sunroof terdapat karet yang mencegah masuknya air ke dalam kabin saat hujan. Karet ini bisa cepat getas atau kering dan pecah-pecah apabila sering terkena sinar matahari langsung. Akibatnya, karet bisa rusak dan menyebabkan kebocoran. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memarkirkan mobil di tempat teduh. Minimal, ada penutup di bagian sunroof agar karet tidak terjemur dan terhindar dari kotoran dan debu. Terutama pada bagian siku atau pojok dengan lap basah dan keringkan.



Mobil-mobil yang memiliki sunroof

Fitur Panoramic Roof atau Sunroof pada mobil, pastinya akan disukai banyak sobat otomotif. Karena kehadiran fitur ini akan menciptakan mobil terkesan mewah dan elegan. Biasanya, fitur ini hanya tersedia pada mobil mewah premium asal Eropa. Fitur ini dapat memberi kenyamanan pada penumpang untuk menikmati udara segar dari luar dan melihat berbagai pemandangan luar yang indah tanpa melalui kaca jendela samping. Sekarang juga sudah banyak mobil sunroof yang dibanderol dengan harga kurang dari 300 jutaan rupiah. Menarik sekali bukan? Yuk, simak 5 mobil yang ada sunroofnya di bawah ini.



Honda HR-V 1.8 Prestige

Honda HR-V 1.8 Prestige merupakan salah satu mobil sunroof terbaik besutan Honda yang menggunakan mesin berkapasitas 1.799 cc yang dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 139 PS / 6.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 169 Nm / 4.300 rpm.

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

HR-V ini juga menyediakan desain sporty yang dilengkapi headlamp LED dan DRL LED. Mobil ini juga menyediakan fog lamp dan shark fin antenna yang sangat membuat mobil terkesan elegan. Fitur panoramic sunroof mobil ini juga sudah dilengkapi sistem membuka dan menutupnya dengan otomatis. Tidak hanya itu, pada kabin mobil ini juga dilengkapi fitur One Push Ignation System dan fitur Drive By Wire and Cruese Control yang dapat meningkatkan performa mobil ini.



Mitsubishi Outlander Sport PX

Selanjutnya adalah mobil sunroof bernama Mitsubishi Outlander Sport PX. Mesin yang digunakan mobil ini berkapasitas 1.998 cc yang dapat menyemburkan tenaga maksimal sebesar 150 PS / 6.000 rpm dan pada torsi maksimal sebesar 197 Nm / 4.200 rpm.

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Mobil ini menggunakan teknologi MIVEC "Mitsubishi Innovative Valve Time Electronic Control" yang menghasilkan mesin ramah lingkungan dan semakin powerfull. Fitur panoramic Sunroof yang memanjang hingga ke belakang mobil ini memberikan kesan mewah dan stylish pada mobil berkapasitas 5 penumpang ini.



Nissan Serena 2.0

Nissan Serena 2.0 Panoramic Autech adalah salah satu mobil MPV "Multi Murpose Vehicle" besutan Nissan yang dibekali electric sliding door serta kabin luas. Mobil sunroof ini memiliki 3 baris kursi dengan konsol tengah yang dapat digeser dari dengan hingga baris kedua. Konsol tengah mobil ini difungsikan sebagai arm rest, kursi penumpang, hingga captain seat yang memberikan ruang untuk akses ke belakang.

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter yang menciptakan tenaga maksimal sebesar 147 PS / 5.600 rpm. Selain panoramic roof yang tersedia pada mobil ini, Serena juga menempel kan layar hiburan LCD berukuran 10-inchi pada plafon.



Hyundai Tucson

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Hyundai Tucson XG mengusung mesin tangguh dengan hasil tenaga yang dicapai sebesar 157 PS / 6.200 rpm dan torsi sebesar 196 Nm / 4000 rpm. Mobil ini telah dibekali fitur sunroof canggih hingga menciptakan tampilan bernuansa mewah dan berkelas. Selain itu juga terdapat fitur drive mode yang biasanya hanya ada pada mobil-mobil sport mewah. Pada bagian interior mobil ini, juga sudah dilengkapi beragam perangkat modern yang canggih dan berpadu disetiap sisinya.



Nissan Elgrand

Nissan Elgrand merupakan mobil Sunroof MPV Premium yang dilengkapi mesin berkapasitas 2.488 cc dengan tenaga maksimum sebesar 125 kW / 5600 rpm dan torsi maksimum sebesar 245 Nm / 3900 rpm. Tampilan desain pada mobil ini sangatlah mewah dan berkelas. Fitur sunroof pada Elgrand ini juga sudah dihadirkan secara otomatis saat membuka dan menutupnya.

Cara Merawat Sunroof Mobil yang Baik dan Benar

Nah itulah, beberapa mobil pre-owned yang memiliki sunroof, moonroof dan panoramic roof untuk menambah kenyaman berkendara kamu Sahabat. Jika kalian ingin mengetahui perbedaan dari sunroof, moonrof dan panoramic roof, kamu bisa membacanya di artikel Pengertian Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof Pada Kaca Atap Mobil.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 09 Des 2020 | 10:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family