Kerusakan Sistem AC Mobil Harus Segera di Perbaiki
Kerusakan Sistem AC Mobil Harus Segera di Perbaiki

Cara Mudah Mengetahui Freon AC Mobil Berkurang

01 Sep 2023 | 11:00 WIB

Refrigerant atau yang biasa disebut dengan freon adalah salah satu senyawa kimia yang bisa merubah bentuk dari cair ke gas di dalam sistem AC mobil. Komponen ini memiliki suhu yang bisa diubah-ubah dan ketika diembuskan oleh sebuah blower AC maka freon akan menciptakan udara dingin.


AC mobil kurang freon bisa membuat kenyamanan Sahabat dan penumpang menjadi berkurang. Hal ini bisa menyebabkan kondisi di kabin mobil menjadi lebih panas karena performa AC yang tidak maksimal tersebut.


Freon AC akan mengalami penurunan kualitas oleh berbagai hal. Salah satu cara Sahabat untuk mendeteksi freon AC mobil yang mengalami penurunan adalah dengan merasakan berkurang atau tidaknya tingkat kedinginan.


Lakukan Perawatan Ekstra Pada Komponen AC Mobil

Lakukan Perawatan Ekstra Pada Komponen AC Mobil


Jika AC tak terasa dingin lagi, maka besar kemungkinan freon AC mobil Sahabat berkurang. Lalu, bagaimana mengetahui AC mobil kesayanganmu kurang freon? Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan.


  • AC Tidak Dingin

Ketika Sahabat menyalakan AC mobil, biasanya udara dingin akan langsung keluar dari ventilasi udara. Namun, terkadang ada kondisi dimana udara yang berhembus itu tidaklah dingin meskipun sudah mengatur suhu AC pada tingkat yang paling dingin. Bukannya membuat kabin mobil menjadi dingin, justru yang keluar hanyalah hembusan angin.


Ini bisa menjadi ciri-ciri AC mobil kurang freon atau bahkan freon sudah dalam kondisi yang habis. Sebaiknya dilakukan pengecekan lebih lanjut karena biasanya AC mobil yang tidak dingin bisa juga disebabkan karena beberapa faktor lainnya. Mulai dari kipas pendingin mati, kompresor rusak atau magnetic clutch yang rusak.



Lakukan Perawatan Ekstra Pada Komponen AC Mobil

Cek Freon AC Mobil Secara Berkala



  • Tidak Ada Freon Pada Sight Glass

Ciri-ciri lain AC mobil kurang freon adalah tidak adanya cairan freon pada sight glass. Untuk mengeceknya bisa langsung buka kap mesin mobil. Sight glass adalah kaca berbentuk bulat yang berfungsi untuk melihat sirkulasi freon dan biasanya terletak di filter freon atau dryer. 


Jika pada saat dicek tidak cairan di dalamnya, maka bisa dipastikan bahwa freon yang ada di dalamnya sudah habis. Jika Sahabat merasa AC mobil tidak sedingin biasanya, jangan lupa juga untuk memeriksa komponen yang satu ini. Apabila tidak ada cairan di dalamnya, maka hampir dipastikan freon sudah hampir habis.


  • Kompresor Terus Menyala

Pada saat AC mobil kurang freon, magnetic clutch akan terus tersambung ketika AC dalam keadaan hidup. Padahal normalnya magnetic clutch akan terlepas ketika tekanan freon sudah berada dalam keadaan maksimal. Ketika freon habis yang biasanya disebabkan karena adanya kebocoran, selang AC akan dipenuhi udara. Ini bisa membuat kompresor AC hanya memompa udara biasa yang pada akhirnya tekanan pada udara selang high pressure menjadi tidak maksimal. 


Lakukan Servis AC di Bengkel Spesialis AC Mobil

Lakukan Servis AC di Bengkel Spesialis AC Mobil


Selain itu bau apek bisa saja dihasilkan karena ruang evaporator yang lembab. Karena lembab inilah embusan udara ke kabin akan menjadi bau apek. Berbeda jika evaporator sudah dalam keadaan kotor, biasanya bau akan terasa lebih menyengat dan terasa. Nah, jika kondisi AC mobil kesayangan Sahabat sudah tak dingin dan terasa bau apek maka segeralah untuk mengurus freon mobil ke bengkel mobil pilihan kamu.


Cara Mudah Mengetahui Freon AC Mobil Berkurang


Demi memudahkan Sahabat dalam melakukan servis dan perawatan rutin AC mobil. Kamu dapat melakukan booking servis mobil di www.Garasi.id secara mobile. Nikmati jasa servis perawatan AC dari bengkel spesialis AC mobil yang terpercaya sesuai kota kamu masing-masing. Untuk syarat dan ketentuan yang berlaku Sahabat bisa hubungi Tim Customer servis Clara dari Garasi.id.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 04 Sep 2023 | 14:03 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifacmobilfreonmobilperawatanacmobilservisberkalaacmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family