Detailing Mobil Sebagai Bagian Dari Rutinitas Perawatan Mobil
Detailing Mobil Sebagai Bagian Dari Rutinitas Perawatan Mobil

Cara Mudah Merawat Kilau Cat Mobil Setelah Lakukan Detailing

17 Apr 2023 | 10:00 WIB

Mobil tampil cantik, kinclong dan bersih pasti menjadi dambaan setiap pengguna mobil. Sahabat juga akan lebih nyaman ketika berkendara. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga penampilan mobil kesayangan Sahabat lebih keren dan mengkilap. Salah satunya dengan membawa ke bengkel khusus detailing mobil untuk dilakukan perawatan, mulai dari pencucian hingga memberi lapisan pelindung cat.


Pada detailing mobil, semua hal untuk perawatan mobil dilakukan. Mulai dari pencucian reguler, kemudian ada lagi berupa paket yang mencakup perawatan selanjutnya. Selain itu banyak pilihan jasa detailing yang melakukan pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan mobil dengan memiliki alat dan perlengkapan terbaru untuk memenuhi semua kebutuhan perawatan mobil Sahabat secara optimal.


Lakukan Pemeliharaan Sesuai Kebutuhan Secara Berkala

Lakukan Pemeliharaan Sesuai Kebutuhan Secara Berkala


Lantas, apa yang harus dilakukan oleh bengkel detailing agar kualitas kilap pada mobil tetap awet? Sebenarnya keawetan dari hasil detailing cukup lama, asalkan tidak kena kotoran. Tetapi, sangat mudah merawat mobil yang sudah pernah di-detailing. Cukup dengan menjaga kebersihannya saja. Ketika terkena debu atau setelah kehujanan, langsung dibersihkan dengan air dan dilap kering saja.


Pembersihan juga bahkan sampai kepada velg, kolong mobil, baut-baut, dan detail lainnya. Dengan menggunakan detailing juga mampu membuat cat yang kusam, jamur, dan bau tidak sedap pada kabin dapat teratasi. Melakukan detailing artinya menjaga keawetan komponen juga.


Sahabat mungkin berpikir, biasanya detailing hanya digunakan untuk mobil kontes, tetapi tidak ada salahnya pengguna mobil harian juga sesekali menggunakan layanan ini. Agar lebih yakin, mari simak lebih jelas tahapan apa saja yang dilakukan saat proses detailing.


Pilih perawatan Dan Pembersihan Ekstra Pada Mobil Kesayangan

Pilih perawatan Dan Pembersihan Ekstra Pada Mobil Kesayangan


1. Cleaning

Proses cleaning ini sama dengan pembersihan pada salon mobil pada umumnya. Cleaning ini bertujuan untuk membersihkan kotoran pada mobil. Sahabat juga bisa melakukan cleaning sendiri di rumah, seperti mencuci mobil seperti biasa.


Jika kotoran sudah berkerak dan tidak terangkat hanya dengan cara cleaning, maka akan dilakukan claying. Metode claying adalah menggunakan clay bar dan cairan lubrikasi untuk mempermudah proses claying.


Setelah itu dilakukan pula paint cleaning yaitu membersihkan bodi mobil tanpa merusak catnya, sehingga mobil tetap mulus. Jadi, setelah dilakukan cleaning, mobil baru dibersihkan secara lebih detail.


2. Paint Correction

Langkah selanjutnya adalah paint correction. Metode paint correction adalah memperbaiki cat mobil yang tergores, baret halus, maupun terkena oksidasi pada permukaan mobil. Ada beberapa proses pada paint correction, yaitu compounding, polishing, dan glazing.


Proses ini adalah proses paling penting pada detailing mobil. Pada tahap ini, mobil akan benar-benar diperbaiki agar penampilannya kembali cantik. Tetapi cara ini tidak dapat digunakan apabila mobil kamu mengalami kerusakan berat. Kerusakan berat ini harus diperbaiki dulu di body repair.


3. Protection

Setelah selesai proses paint correction, akan dilakukan proses protection. Fungsi protection adalah untuk memberikan perlindungan maksimal pada mobil sehingga kotoran tidak mudah menempel. Beberapa proses yang dilakukan pada tahap ini adalah wax, sealant, dan coating. Bahan-bahan yang digunakan juga menyesuaikan jenis permukaan mobil. 


Ketahui Pembersihan Pada Bagian Interior Maupun Eksterior Mobil

Ketahui Pembersihan Pada Bagian Interior Maupun Eksterior Mobil


Tahap protection ini bisa dilakukan untuk eksterior, interior, bahkan sampai ke bagian mesin. Jadi tidak hanya memberikan lapisan pada eksterior saja.


4. Maintenance

Ini adalah langkah terakhir dalam proses detailing mobil. Cara memaintenance mobil yang sudah dilakukan detailing bisa dilakukan di rumah. Perlu Sahabat ketahui, hasil detailing dapat bertahan sampai satu tahun, tergantung jenis produk yang digunakan. 


Fungsi detailing memang sama dengan cuci mobil lainnya, yaitu membersihkan mobil. Sahabat bisa menemukan bengkel-bengkel detailing mobil terdekat dengan fasilitas yang terjamin melalui www.Garas.id. Pilih jasa layanan terbaik untuk Interior, Eksterior dan Coating Detailing untuk mobil kesayangan Sahabat biar nampak mulus seperti baru. Sahabat bisa hubungi Clara tim customer servis Garasi.id untuk informasi potongan harga dan promo.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 18 Apr 2023 | 15:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifinterioreksteriorcoatingdetailingperawatanmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family