Garasi.id
Mobil Pilihan Garasi.id

Cari Mobil Segmen Low MPV, Pilih Avanza atau Ertiga?

12 Sep 2018 | 19:21 WIB
BAGIKAN

Penjualan mobil di segmen low MPV adalah yang paling tinggi di Indonesia, melebihi produk di segmen SUV dan yang lainnya. Produk yang paling berkuasa di segmen ini adalah Toyota Avanza. Dibuktikan dengan penjualan yang telah mencapai 47.619 unit atau rata-rata perbulan sekitar 12 ribu unit, menurut data wholesales Gaikindo periode Januari hingga April 2017.

Melihat hal ini, tahun 2012 Suzuki coba melahirkan produk pesaing Avanza yang diberi nama Ertiga. Suzuki Ertiga dianggap mampu menjadi lawan sepadan bagi Avanza. Benarkah demikian?

Mobil ini menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya mencapai angka penjualan 11.783 unit sejak awal tahun hingga akhir April 2017. Dari sisi harga, baik Avanza dan Ertiga dipasarkan tidak terlalu jauh berbeda. Lantas perbedaan keduannya? Mana yang lebih baik?

Avanza terbilang memiliki varian paling banyak. Setidaknya ada 9 varian dengan dua pilihan mesin dan dua pilihan transmisi yang bisa di pilih. Sementara untuk Suzuki Ertiga menjual 4 tipe, GA, GL, GX, Dreza dan juga terdapat pilihan transmisi manual serta otomatis. Selain itu Ertiga juga terdapat pilihan bermesin diesel. Untuk yang terakhir ini, Suzuki hanya meniagakan transmisi manualnya saja.

Cari Mobil Segmen Low MPV, Pilih Avanza atau Ertiga?

Ertiga memiliki bandrol lebih murah dibanding Avanza. Bila Avanza dijual mulai Rp 189.700.000, Ertiga dipasarkan mulai Rp 186.000.000 untuk varian GA M/T. Suzuki melengkapi Ertiga dengan berbagai fitur. Seperti Keyless Entry (remote kunci) dan sistem Immobilizer.

Fitur lain yang dimiliki Ertiga adalah AC double blower, rem ABS + EBD, Parking Sensor, Auto Up Window, Dual Airbag, dan tombol audio di lingkar kemudi. Fitur keselamatan mobil ini adalah side impact beam, ISOFIX dan lainnya.

Cari Mobil Segmen Low MPV, Pilih Avanza atau Ertiga?

Begitupun dengan Avanaza. Ada fitur 3 point seat belt untuk ketujuh penumpangnya, dual SRS airbag, ABS + EBD, ISOFIX, immobilizer key, dan lainnya. Sistem infotaiment Avanza dipusatkan pada layar sentuh berukuran 6,1-inci yang dapat memutar DVD, CD, AM/FM, USB, AUX, Bluetooth dan Ipod ready.

Awalnya, Ertiga masih mengandalkan headunit 2-DIN belum layar sentuh. Tak mau kalah, Suzuki hadirkan Suzuki Ertiga Dreza yang dilengkapi headunit layar sentuh 9-inci lengkap dengan audio video navigation. Ertiga Dreza juga menambahkan audio tweeter pada dashboard depan untuk memperbaiki kualitas audio di dalam kabin.

Ertiga menggunakan mesin K14B DOHC 4-silinder 1.4 liter yang menghasilkan daya hingga 92 PS dan torsi 130 Nm. Suzuki juga mengklaim bila mesin yang digunakan pada Ertiga. Sementara Toyota Avanza menawarkan dua varian mesin, mesin 1.3 liter dan 1.5 liter. Keduannya sudah dibekali teknologi dual VVT-i yang memberikan catatan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari mesin sebelumnya.

Secara dimensi Ertiga lebih panjang 75 mm dan lebih lebar 35 mm dari Avanza. Namun tinggi Avanza unggul 10 mm. Tinggi Avanza dipengaruhi ground clearance yang 200 mm. Ini lebih tinggi dari Ertiga yang 185 mm. Sekilas dimensinya ini memberi gambaran bahwa ruang kabin Ertiga lebih besar dari Avanza.

Dari hasil review diatas, keduannya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Suzuki Ertiga pun layak menjadi pilihan lain bagi Sahabat yang kurang suka dengan wujud Avanza. Nah buat Sahabat yang tertarik dengan Ertiga atau Avanza bekas, Sahabat bisa membeli di Mobil Pilihan Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas dengan harga yang sesuai.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 12 Sep 2018 | 19:21 WIB
BAGIKAN