Garasi.id
Cari tahu usia aki mobil

Begini Cara Cari Tahu Usia Aki Mobil

04 Jan 2019 | 18:45 WIB
BAGIKAN
Mungkin Sahabat Garasi selama ini suka bertanya-tanya tentang kenapa baru sebentar aki mobil sudah soak atau drop. lalu jadi penasaran berapa lama sebenarnya usia aki untuk mobil kita. Nah untuk hal itu, mari kita ketahui bersama.

Sekarang ini kebanyakan produsen menggunakan aki tipe basah, selain karena lebih tahan lama, aki tipe basah ini pun sangat mudah sekali dalam melakukan perawatannya. Untuk usia pemakaian aki standar semua rata - rata dealer mobil memberikan garansi aki selama 2 tahun atau per 50.000 km, jika aki sudah soak alias drop sebelum masa garansi habis biasanya aki akan diganti baru dan gratis oleh dealer resmi. Jadi dengan melihat masa garansi, Sahabat bisa mengetahui bahwa usia aki standar bawaan mobil adalah dua tahun.
Begini Cara Cari Tahu Usia Aki Mobil

Baca juga: 3 Cara Mudah Cek 'Kesehatan' Aki Mobil

Namun bila Sahabat Garasi mampu merawat aki mobil dengan benar, aki mobil bisa mampu bertahan jauh lebih lama dari batas waktu yang ditentukan oleh pabrikan. Maksimal penggunaan aki standar bahan bisa mencapai usia tiga tahun bila dirawat dengan benar. Khusus untuk aki yang bukan original bawaan mobil yang dijual di toko - toko variasi, biasanya banyak penjual aki jenis ini memberikan garansi selama 6 bulan hingga 1 tahun atau dalam jarak tempuh sejauh 25.000km. Aki yuasa adalah jenis aki mobil aftermarket yang seringkali digunakan oleh sebagian besar pemilik kendaraan sebagai aki pengganti ketika aki bawaan sudah drop. 
Begini Cara Cari Tahu Usia Aki Mobil

Untuk panjang usia pemakaian aki sendiri juga ditentukan dari cara pakai si pemilik mobil, Apakah alat kelistrikan yang ada di mobil masih standart semua ataukah sudah diganti dengan berbagai komponen aftermarket yang variasi dengan watt yang lebih tinggi dari aslinya misalnya pengubahan lampu depan standar dengan lampu HID dan sejenisnya. Atau apakah ada perangkat tambahan lain seperti sound system dan lain sebagainya yang bisa langsung menghisap energi listrik jauh lebih banyak dan mengakibatkan drop nya aki mobil.

Nah gimana Sahabat Garasi, sekarang jadi bisa lebih tau kan berapa lama dan apa sebab yang bisa mempengaruhi pendek usia aki mobil kamu dari standar pabrik. Semoga bermanfaat ya Sahabat Garasi.
Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 04 Jan 2019 | 18:45 WIB
BAGIKAN