Di Garasi.id kamu bisa membeli mobil-mobil Eropa yang sudah terinspeksi
Walaupun bekas, mobil Eropa memiliki standarnya sendiri

Catat ! 5 Tips Membeli mobil Eropa

01 Jul 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN

Mobil buatan mana yang Sahabat miliki sekarang? Buatan Jepang kah atau buatan Benua Biru alias Eropa ? Jika mobil yang kamu miliki sekarang mobil buatan Eropa atau akan meminang mobil tersebut ada beberapa tips yang kamu mesti ketahui sebelum membelinya. 

Mobil buatan Eropa memang menawarkan kenyamanan dan penampilan yang lebih menarik ketimbang buatan Asia atau Amerika. Selain harga yang cukup tinggi, kebanyakan mobil Eropa dicap sebagai mobil yang mahal dalam perawatannya, apalagi jika kamu ingin membelinya dalam kondisi bekas.

Baca juga: Teliti dalam memilih mobil bekas Eropa

Mengapa mobil Eropa bisa dikategorikan mahal, mungkin dari beberapa faktor penyebab, faktor harga komponen-lah yang cukup mahal. Komponen mobil Eropa memiliki spesifikasi tinggi guna memberikan daya tahan dan umur yang lebih lama. Selain itu, beberapa komponen sulit didapatkan sehingga memicu naiknya harga komponen tersebut. Namun itu kan pemikiran zaman dulu Sahabat, buktinya sekarang banyak bengkel-bengkel mobil Eropa dan tentunya E-commerce jual beli mobil bekas terbaik seperti Garasi.id untuk mencari mobil Eropa yang kamu inginkan.

Nah jika Sahabat memang sedang jatuh cinta dengan kenyamanan mobil Eropa dan hendak membelinya, perhatikan beberapa tips di bawah ini menurut Garasi.id:

Sediakan dana lebih untuk berjaga-jaga. Meski penjual mengatakan bahwa mobil dalam kondisi siap untuk digunakan, yang namanya mobil bekas pasti memiliki kelemahan yang tidak nampak di mata. Nah dana lebih itu berfungsi untuk membawa mobil ke bengkel dan mengganti komponen yang rusak.

Perhatikan beberapa komponen seperti lampu, karet pintu, mud flaps dan keseluruhan bodi apakah ada yang rusak atau masih dapat digunakan. Jika menemukan salah satu ada yang rusak dari komponen-komponen tersebut tanyakan kepada penjual apakah dia mengetahui cara memperbaiki atau tempat membelinya.

Seperti yang dilansir pada mobil-klasikantik.com, kebanyakan masalah mobil Eropa ada di seputar suhu dan pendingin udara. Terkadang, pemilik mobil yang lama melepas beberapa komponen seperti heater demi mendapatkan udara yang lebih sejuk. Namun hal ini justru membuat radiator menjadi kurang efektif, sehingga pendinginan mesin terganggu. 

Selain itu, AC mobil Eropa ketika pertama dihidupkan tidak langsung mengeluarkan angin dingin seperti mobil Jepang. Dibutuhkan beberapa waktu agar sampai pendinginan yang sempurna, jadi Sahabat jangan keburu panik. Namun jika tetap tidak dingin, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan.

Mobil Eropa cenderung mengusung teknologi terbaru di zamannya, sehingga tidak heran apabila keluaran era 1990-an sudah mengadopsi sistem injeksi, sensor, dan komputer. Pelajari dahulu mengenai sistem komputer mobil incaran kamu beserta cara membaca error codes yang mungkin muncul pada sistem informasi pada dashboard.

Terakhir, bergabunglah dengan komunitas mobil tersebut agar bisa menggali info lebih banyak mengenai kelemahan dan kelebihan mobil tersebut. Atau bisa menanyakan kepada teman,saudara atau siapapun yang memiliki mobil Eropa.


Supaya Sahabat mendapatkan mobil bekas yang sesuai dengan ekspektasinya, di Garasi.id tersedia mobil-mobil Eropa seperti Audi, BMW, Mercedes-Benz, Mini, Volkswagen yang masuk kedalam daftar mobil pilihan. Nah mobil pilihan itu sendiri adalah koleksi mobil bekas yang sudah melalui proses seleksi dan lulus proses Inspeksi dengan berbagai keuntungan tambahan jadi kamu tidak perlu ragu untuk membeli mobil bekas.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Jul 2019 | 13:07 WIB
BAGIKAN