Perhatikan Waktu Kadaluarsa Aki Mobil
Perhatikan Waktu Kadaluarsa Aki Mobil

Cegah Aki Mobil Kehabisan Daya! Ini Penyebabnya!

31 Jul 2023 | 10:44 WIB

Seluruh kendaraan roda empat saat ini umumnya telah tertanam sistem injeksi. Di mana teknologi ini sangat bergantung pada baterai mobil atau aki. Penting untuk Sahabat sebagai pemilik mobil, sangat dianjurkan untuk mengetahui tentang kapasitas aki mobil. Cari tahu berapa batas minimal tegangan aki mobil. Agar sistem kelistrikan pada mobil dapat tetap bekerja secara optimal. Besarnya tegangan aki mobil menjadi kunci utama agar kinerja kelistrikan mobil berjalan normal.


Kemungkinan aki mobil yang gampang tekor, biasanya berasal dari kapasitas Aki yang digunakan hingga jenis aki itu sendiri. Apakah ukuran aki mobil tidak sesuai standar sehingga aki mobil menjadi tekor. Lantas, berapa besar tegangan aki mobil dalam kondisi normal? Pada keadaan normal voltase aki mobil mobil harus berada di angka 12 sampai 12,5 volt, sementara saat mesin distarter tegangannya minimal harus 11,5 volt. Saat mesin hidup berarti baterai mobil mobil dalam kondisi pengisian dengan volt sebesar 13 sampai 14 volt.


Cegah Aki Mobil Kehabisan Daya! Ini Penyebabnya!

Cek Aki Mobil Secara Berkala


Jika daya aki berkurang, voltase juga kurang dari angka normal, bisa dipastikan aki mobil sudah melemah dan tidak maksimal memasok listrik ke perangkat elektrikal mobil. Jika hal ini terjadi, siap-siap mobil tidak bisa dinyalakan saat distarter, dampak buruk lainnya mobil akan mogok sebelum dipakai berkendara. Sebelum Sahabat mengalami hal ini, sebaiknya mencegah dengan mengetahui secara singkat apa penyebab aki mobil jadi cepat kehabisan daya, antara lain.


  • Aki Mobil Kadaluarsa

Layaknya komponen mobil lain, aki mobil juga mempunyai umur pemakaian. Jika baterai mobil mobil sudah dipakai terlalu lama, tegangannya akan semakin berkurang. Hal yang lebih parah lagi yaitu aki mobil tersebut sudah tidak mampu menerima hantaran listrik dari alternator sehingga butuh perbaikan.


  • Alternator Mesin Mobil Rusak

Alternator adalah sebuah komponen di dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup kendaraan. Dari sinilah aki mobil memperoleh suplai listrik terus menerus ketika mesin mobil dinyalakan. Oleh karena itu, jika alternator rusak, sudah pasti tidak ada listrik yang mengalir ke aki mobil.


Jangan Sampai Mobil Mogok DIjalan

Aki Kehabisan daya Bisa Menyebabkan Mobil Mogok Dijalan


  • Mesin Mobil Mati Terlalu Lama

Mobil yang diparkir terlalu lama tanpa dipanaskan juga berisiko membuat aki mobil kehabisan daya. Mobil bisa dipanasi baik saat pagi hari, siang hari, atau malam hari, yang penting secara rutin mobil tersebut dihidupkan. Alasannya ketika mobil mati, arus listrik masih tetap mengalir, contohnya pada immobilizer yang selalu membutuhkan asupan listrik. Tegangan listrik pada aki mobil tetap berkurang meskipun mobil sering didiamkan atau jarang digunakan. 


  • Terlalu Banyak Aksesoris

Perlu diperhatikan Sahabat, aksesoris seperti audio, lampu, dan lainnya jika terlalu banyak dipasang akan membuat masalah baru pada mobil. Niatnya untuk membuat interior lebih menarik, justru jadi berlebihan. Semakin banyak modifikasi yang dilakukan, maka kebutuhan listrik mobil akan semakin meningkat. Jika tidak diimbangi dengan sumber yang cukup memadai, maka hal ini dapat membuat aki mobil tekor dan berumur pendek karena penggunaan listrik melebihi batas normal.


Pastikan Kapasitas  Aki Menyesuaikan Untuk Aksesoris Mobil

Pastikan Kapasitas Aki Menyesuaikan Untuk Aksesoris Mobil


Nah Sahabat, agar aki tidak mudah kehabisan daya dan selalu terjaga kesehatannya. Jangan lupa selalu merawatnya dengan baik. Periksa kondisi aki mobil secara berkala di bengkel berkualitas di kotamu atau kamu bisa lakukan penjadwalan servis mobil kesayangan hanya di www.Garasi.id.


Nikmati layanan jasa servis terbaik lainnya yang sesuai kebutuhan mobil kesayanganmu dibawah ini.


Cegah Aki Mobil Kehabisan Daya! Ini Penyebabnya!


Jabodetabek

  • Bengkel Bos berikan promo Payday diskon hingga 10% untuk layanan jasa servis tuntas & gaspol servis tune up, kuras matic, ganti oli, cuci mobil, servis rem serta spooring & balancing.

  • Honda Camp berikan jasa paket perawatan servis berkala, full detailing, AC komplit serta paket terbaik lainnya.

  • Bengkel Fast berikan jasa ganti aki baru, servis tune up, gurah mesin, spooring dan balancing 4 ban dan ganti oli.

  • SCW Otomotif Kemayoran berikan layanan balancing + ganti angin nitrogen, ganti oli, dan paket cuci mobil.

  • Nawilis berikan jasa servis paket brake re-matching anti getar, gurah mesin, spooring dan uji emisi khusus diesel dan bensin.


Jawa Barat

  • Automaster paket ganti oli, tune up, cuci mobil, servis berkala, spooring, balancing dan cuci mobil..

  • Auto Cool Prima jasa engine performance, flushing matic, tune up bensin dan diesel serta ganti ol.

  • Cahaya Agung dengan layanan servis rem, tune up, ganti oli dan cuci mobil.

  • DAS Auto berikan jasa general check up, paket spooring dan balancing, ganti oli dan cuci mobil.

  • Bintang Sembilan Motor berikan jasa paket ganti oli CVT, flushing oli matic, yune up carbon clean + engine scanner.


Jawa Timur

  • Mardiono paket engine tune up bensin, engine scanner, servis rem dan ganti oli.

  • Bengkel B&S paket ganti oli, spooring balancing + pengecekan kaki-kaki dan servis mobil lain.


Jawa Tengah

  • Mitsubishi berikan jasa layanan paket servis ganti oli, servis AC, spooring dan sleep disc break.

  • Monte Carlo paket ganti oli, spooring balancing + cek kaki-kaki mobil.


Sahabat bisa memanfaatkan promo potongan harga dan gunakan sistem pembayaran yang mudah dan aman dengan fitur QRIS. Jika ada kendala silahkan hubungi tim customer servis Clara dari Garasi.id. Selamat merawat mobil kesayangan Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 31 Jul 2023 | 10:51 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifgantiakiakitekorservisberkalasolusipuasperawatanmobilberkualitas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family