Kaca spion mobil
Kaca spion mobil

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

18 Apr 2020 | 12:26 WIB

Apa fungsi dari kaca spion mobil. Tanpa kaca spion di kiri dan kanan mobil, Sahabat tidak akan bisa mengemudi dengan benar. Bayangkan jika kaca spion tersebut pecah karena ditabrak atau memang sudah kusam, bagaimana cara Sahabat melihat kondisi sekeliling mobil kamu.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Mengapa kaca spion mobil harus dipasang pada kendaraan baik itu mobil atau motor? Kaca spion sendiri merupakan komponen tambahan yang fungsi sangat penting. Tanpa kaca spion maka pengemudi mobil tidak dapat mengawasi sekeliling mobil. Bahkan kemungkinan besar pengemudi tidak akan mampu menjalankan mobil dengan baik yang bisa berakibat kecelakaan lalu lintas.

Secara umum, kaca spion mobil terdiri atas beberapa jenis yang tentunya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Berikut jenis-jenis kaca spion yang perlu Sahabat ketahui.

Kaca spion mobil bagian luar ( Door Mirror  Atau Side-View Mirror )

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Sesuai dengan namanya, kaca spion mobil yang satu ini terletak di ujung atas pintu atau di pilar A. Spion dengan jenis yang satu ini berguna untuk melihat bagian belakang mobil beserta bagian samping mobi.  Adapun sudut kaca spion luar ini bisa diatur secara manual atau elektrik yang bisa dimaksimalkan fungsinya dengan cara mengatur posisi mengemudi yang benar dan nyaman.

Kaca spion mobil dalam  (Rear-Vision Mirror )

Adapun jenis spion mobil yang kedua ini terletak di bagian dalam mobil, tepatnya menempel pada bagian kaca atas. Selain itu ada pula yang menempel di plafon mobil anda. Spion mobil dalma ini dirancang agar pengemudi bisa melihat keadaan belakang mobil melalui kaca belakang.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Secara umum, spion dalam ini dirancang secara manual. Pengemudi sendiri yang akan mengatur arah dan sudut kaca spion tersebut.  Beberapa model kaca spion dalam juga dilengkapi spion yang bisa mereduksi pancaran sinar lampu dari belakang mobil anda .

Kaca spion mobil tambahan

Selain spion standar seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, ternyata masih ada jenis spion yang lainnya, yakni spion tambahan. Beberapa pabrikan mobil membekali produk buatannya dengan spion tambahan. Pada umumnya spion tambahan ini berukuran kecil yang dipasang diatas fender bagian depan.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Spion mobil ini pada umumnya memiliki bentuk cembung. Spion cembung ini sangat berguna pada saat parkir atau melewati jalanan yang sempit. Pengemudi bisa melihat roda depan sisi penumpang dengan trotoar atau pinggir jalan yang dilaluinya.

Nah sahabat semua, lagi-lagi meskipun ukurannya kecil tetapi sangat besar manfaatnya ya.

Mencegah terjadinya tabrakan saat akan pindah jalur

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Saat pengemudi akan memindahkan jalur mobilnya, maka pengemudi wajib melihat kaca spion mobil. Itu berfungsi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan saat melakukan perpindahan jalur di jalan raya.

Membantu Parkir

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Banyak pengemudi yang menabrak pembatas parkir atau mobil lainnya yang berdekatan dengannya pada saat akan parkir. Untuk mencegah hal tersebut, diperlukan kaca spion ini agar mempermudah Sahabat untuk melihat kendaraan pada saat parkir.

Melihat kondisi lalu lintas di belakang

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Untuk mengetahui keadaan atau kondisi lalu lintas di belakang kita sangatlah penting, karena dengan mengetahui kondisi di belakang kita, maka kita bisa melihat apakah kendaraan kita menghalangi kendaraan yang lain atau tidak.

Sebagai pedoman posisi kendaraan

Terkadang, pada saat berkendara kita sering tidak menyadari apakah posisi kendaraan kita terlalu mempet atau tidak dengan kendaraan yang lainnya. Nah sobat semua, untuk menghindari hal seperti ini,  maka kamu bisa memanfaatkan kaca spion mobil anda untuk bisa melihat bagian bagian sisi kendaraan anda baik kiri maupun kanan dengan mudah.

Bahaya blindspot

Dalam keamanan berkendara pastinya pernah mendengar dengan istilah blindspot. Dalam pengertian umumnya istilah blindspot dikenal dengan titik buta. Tetapi banyak yang salah kaprah ternyata, blind spot bukanlah titik buta. Blindspot adalah area visibilitas atau bidang yang tidak terlihat oleh pengendara karena beberapa faktor. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur kaca spion mobil.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Dalam beberapa tahun terakhir, beragam pabrikan mobil menawarkan fitur blind spot detection pada mobil yang mendeteksi area tidak terlihat melalui spion mobil. Sayangnya, fitur tersebut biasanya disematkan di mobil yang dibanderol cukup mahal. Cara kerjanya cukup sederhana, fitur tersebut akan mengingatkan pengemudi jika terdapat kendaraan yang berada di samping mobil namun tidak terlihat oleh spion (blindspot).

Pemicu munculnya blind spot

Terdapat 5 faktor yang menjadikan pemicu munculnya blind spot. Mulai dari dimensi kendaraan, lingkungan, kondisi lalu lintas, cuaca, hingga muatan kabin yang bertumpuk dan menghalangi pandangan.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Semakin besar dimensi kendaraan semakin besar pula area blind spotnya. Beberapa kendaraan sekarang sudah banyak dilengkapi fitur tambahan agar area blind spot lebih mudah terbaca. Seperti fitur blind spot monitoring untuk mendeteksi objek yang dekat dengan kendaraan kita.

Jika Sahabat Garasi terbiasa mengatur spion mobil samping dengan pengaturan yang memperlihatkan bagian buritan mobil, menurut SAE pengaturan tersebut akan mengurangi cakupan pandang ke bagian belakang maupun samping sehingga terciptalah blindspot.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

SAE menganjurkan untuk mengatur spion mobil samping hingga bagian buritan mobil yang dipakai tidak terlihat di spion. Jika diatur dengan tepat, maka blindspot akan berkurang, dan saat berkendara Sahabat Garasi tidak perlu melirik melalui bahu saat akan berganti jalur. 

Tentu Sahabat Garasi akan kurang terbiasa dengan pengaturan ini, karena untuk melihat kendaraan di belakang mobil harus melalui spion mobil bagian tengah. Karena spion samping menunjukkan area yang tidak ditunjukkan oleh spion belakang. Dan Sahabat Garasi juga perlu sedikit mengatur kembali spion saat akan parkir, untuk mempermudah bermanuver mundur tanpa mengenai kendaraan di sampingnya.

Bagaimana cara mengatur spion mobil untuk hilangkan blindspot?

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Dalam mencegah blind spot saat berkendara tanpa fitur, mengatur spion adalah cara paling penting yang harus dilakukan. Untuk itu, Sahabat harus tahu gimana caranya mengatur kaca spion biar meminimalisir blindspot tersebut. Pengaturan kaca spion memang berbeda-beda, tergantung dengan postur pengemudi. Tapi ada satu pakem yang bisa kamu pakai nih untuk mengurangi blind spot saat mengemudi.

Melansir laman HowStuffWorks, untuk meminimalisir blindspot di spion mobil sisi pengemudi, caranya adalah dengan mencondongkan kepala hingga dahi menyentuh kaca jendela. Lalu atur kaca spion hingga kamu nggak bisa lagi melihat sedikitpun bagian dari mobilmu.

Cegah Blind Spot, Kaca Spion Mobil Punya Peranan Penting

Untuk spion yang satunya, caranya adalah dengan mencondongkan tubuh hingga batas tuas persneling. Lalu atur spion dengan cara yang sama seperti cara kamu mengatur spion di sisi kemudi.

Tapi harus diingat, pengaturan spion mobil ni jangan Sahabat pakai kalau untuk parkir ya. Pada saat memarkir kendaraan, sebaiknya atur spion mobil dengan menampakkan bagian terluar mobil Sahabat.

Nah gimana Sahabat Garasi, tips kali ini sangat membantu bukan. Semoga dengan tips ini, blind spot saat berkendara akan berkurang.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:31 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

spionmobilbarubekasblindspotbahayaberkendaradunianegaraindonesiajakartabekasidepoktanggerang